Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan konteks kearifan lokal pada pembelajaran fisika. LKPD merupakan bahan ajar yang dilengkapi petunjuk kerja yang bisa dilakukan secara mandiri maupun kelompok sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Kearifan lokal merupakan suatu tindakan yang mencakup dari cipta, rasa dan karya masyarakat dalam mengatasi permasalahan setempat. Penggabungan kedua konsep tersebut diharapkan dapat mengembangkan kemampuan belajar siswa secara mandiri dan meningkatkan nilai-nilai luhur. Metode penelitian ini menggunakan metode Literature Review. Dengan metode tersebut, peneliti selanjutnya merumuskan masalah penelitian yang diselesaikan dengan teknik pengumpulan data yaitu menganalisis beberapa penelitian yang relevan. Berdasarkan hasil analisis terhadap artikel ilmiah dalam jurnal, diperoleh informasi bahwa penerapan LKPD dengan konteks kearifan lokal dalam pembelajaran fisika dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penggunaan LKPD dengan konteks kearifan lokal dapat menjadi alternatif bagi guru untuk menguatkan pendidikan karakter siswa.