Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning dengan Teknik Probing Prompting Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v3i1.171Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran dan instrument tes berbasis model discovery learning dengan teknik probing prompting yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keampuan pemecahan masalah fisika peserta didik pada materi fluida dinamis. Penelitian ini termaksuk ke dalam jenis penelitian pengembangan atau Research and Development. Produk yang dikembangkan berupa silabus, Rencana Pelaksanaaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan intrumen tes kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan soal. Data validitas dianalisis dengan menentukan nilai rata-rata akhir (NA) dari validator ahli dan praktisi. Perhitungan nilai reliabilitas pada penelitian ini menggunakan metode Borich, yang dikenal dengan Percentage Agreement (PA). Kepraktisan perangkat pembelajaran pada penelitian ini diperoleh berdasarkan angket respon peserta didik dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dianalisis dengan menggunakan standar n-gain dari hasil sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Data hasil validitas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan berada pada tingkat sangat valid dengan nilai rata-rata akhir 3,59 sehingga perangkat yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran. Data untuk analisis reliabilitas soal ditentukan berdasarkan nilai Percentage Agreemant (PA) dari tiga orang dosen ahli dan tiga orang guru fisika yaitu sebesar 90,12% dan 93,64% sehingga dinyatakan reliabel. Kepraktisaan perangkat pembelajaran berdasarkan angket respon peserta didik yaitu sbesar 88,35% untuk cara mengajar, dan 88,35% untuk LKPD dan hasil penilaian lembar obsevasi guru sebesar 91,89%. Kemampuan pemecahan masalah dengan model discovery learning dengan teknik probing prompting mengalami peningkatan dengan nilai n-gain sebesar 0,65. Berdasarkan hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model discovery learning dengan teknik probing prompting yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik.
References
Carson, J. 2007. A Problem With Problem Solving: Teaching Thingking Without Teaching Knowledge. The Mathematics Educator Journal, 17 (2), 7-14.
Hake, R. R. 1998. Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66 (1), 64-74.
Hodiyanto, H ., Darma, Y., & Putra, S. R. S. 2020Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika. 9 (2):323:334
Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kusuma, T.A., Indrawati., & Harijanto, A. Model Discovery Learning Disertai Teknik Probing Prompting dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika 3 (4).336-341.
Krulik, S dan Rudnick, J A. 1995. The New Sourcebook for Teaching Reasoning and Problem Solving in Elementary School. Boston: Temple University
Megarianti. 2010. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Turunan Fungsi Menggunakan Teknik Probing Prompting di Kelas XI Ipa 1 Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Palembangâ€. Jurnal. Palembang: universitas Sriwijaya.
Abduhan, R., Mulyani, S., Utami, B., (2015), Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dan Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berkombinasi Drill and Practice dengan Memperhatikan Kemampuan Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Konsep
Mil Kelas X MIPA SMA Negeri 3 Surakarta Smester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015, Jurnal Pendidikan Kimia, 4 (4) : 71-79
Saavedra, A.R., & Opfeer, V.D. (2012). Teaching and Learning 21st Century Skills: Lessons from the Learning Science. Rand Corporation: A Global Cities Education Net Work Report
Turrahmah, M., Susilawati, S., & Makhrus, M. 2019. Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Alat Praktikum Usaha Dan Energi Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pijar MIPA, 14(3), 118-122