Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Kreativitas Fisika Peserta Didik
Authors
nurul Aziziyah , Kosim Kosim , Hikmawati Hikmawati , Muhammad TaufikDOI:
10.29303/goescienceed.v3i1.170Published:
2022-06-30Issue:
Vol. 3 No. 1 (2022): JuneAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKPD berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kreativitas fisika peserta didik yang layak digunakan. Model pengembangan LKPD yang digunakan adalah 4D Models yang terdiri dari tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. LKPD yang dikembangkan pada penelitian ini dilengkapi dengan silabus, RPP, instrumen tes penguasaan konsep dan instrument tes kreativitas. Kevalidan perangkat yang dikembangkan diperoleh berdasarkan penilaian angket dari enam validator yaitu tiga validator ahli dan tiga validator praktisi. Reliabilitas perangkat pembelajaran ditentukan berdasarkan anlisis Percentage of Agreement, sedangkan analisis efektivitas peningkatan penguasaan konsep dan kreativitas fisika peserta didik diperoleh dari perhitungan nilai N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai rata-rata validitas ahli 3,50 dan validitas praktisi 3,47 dengan kategori sangat valid. Kemudian nilai reliabilitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan rata-rata untuk validator ahli dan validator praktisi yaitu 96,2% dan 97,2% yang berarti perangkat yang dikembangkan sangat valid. Selanjutnya, untuk perolehan nilai N-Gain dalam uji coba terbatas diperoleh rata-rata nilai tes penguasaan konsep 0,64 dan tes kreativitas 0,61 yang berada pada kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kreativitas fisika peserta didik yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran.References
Annafi, N., Ashadi, A., Mulyani, S. 2015. Pengembngan Lembar Kehiatan Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA.Jurnal Inkuiri.Vol 4 No.3 (21-28).
Ekasari, R, R., Gunawan, G., & Sahidu, H. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Laboraturium Terhadap Kreativitas Fisika SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi.2(3), (106-109).
Fitriani, N., Gunawan, G., & Sutrio, S. 2017. Berpikir Kreatif Dalam Fisika Dengan Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan LKPD. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol 3 No. 1 (24-33).
Gunawan. 2015. Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. Mataram: FKIP Universitas Mataram.
Hake, R. R. 1998. Interactive-engagement versus traditional methods: A sixthousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66 (1), (64- 74).
Hikmawati. 2014. Strategi Pembelajaran Fisika. Mataram: FKIP PRESS Universitas Mataram.
Kunandar. 2013. Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo.
Kusumaningrum, D. E., Arifin, I., & Gunawan, I. 2017. Pendampingan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Kurikulum 2013. ABDIMAS PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), (16-21).
Makhrus, M. 2018. Validitas Model Pembelajaran Conceptual Change Model With Cognitive Conflict Approach. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol 3 No.1 (62-66).
Makhrus, M., Wahyudi, W., Taufik, M., & Zuhdi, M. 2020. Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis CCM-CCA pada Materi Dinamika Partikel. Jurnal Pijar MIPA, 15(1), (54-58).
Munandar, U. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Nisrina, N., Gunawan, G., Harjono, A. 2016. Pembelajran Kooperatif dengan Meedia Virtual untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fluida Statis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol 2 No.2 (66-72).
Paradipta, D. D., & Kustijono, R. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis inkuiri terbimbing untuk melaihkan keterampilan proses sesuai kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. Vol 6 No.3 (231-236).
Rahmi, R., Hartini, S., & Wati, M. 2014.Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing dan Multimedia Pembelajaran IPA SMP.Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika.Vol 2 No.2 (173-183).
Sahidu, H. 2018. Evaluasi Pembelajaran Fisika. Mataram: Penerbit Arga Puji Press.
Sanjaya, W.H. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Setyosari, P. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Solikha, N., Suchainah, S., dan Rasyida, I. 2020. Efektivitas Pembelajaran ELearning Berbasis Schoology Terhadap Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa X Ips Man Kota Pasuruan. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, Vol 11, No.1 (31-42).
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suraji, S., Maemunah, M., & Saragih, S. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education. Vol. 4, No.1 (9- 16).
Wahyuni, S., Kosim, K., & Gunawan, G. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Eksperimen Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol 4 No.2 (240-241).