Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar IPAS Bermuatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas V Di SDN 5 Mataram

Authors

  • Yuyun Widiarti Universitas Mataram
  • Moh. Irawan Zain Universitas Mataram
  • Asri Fauzi Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i4.1428

Keywords:

Project Based Learning (PjBL), IPAS, Berpikir Kreatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SD Negeri 5 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental research dengan desain yang difokuskan untuk melihat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,428 yang berada pada kategori sedang (0,3 ≤ 0,428 ≤ 0,7) dengan tafsiran peningkatan skor kurang efektif. Sementara itu, kelas eksperimen yang menerapkan model PjBL menunjukkan peningkatan yang lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Temuan ini diperkuat oleh hasil uji-t dan uji N-Gain yang membuktikan bahwa model PjBL mampu memberikan peningkatan hasil belajar sekaligus mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa, meskipun efektivitasnya belum maksimal karena belum didukung media pembelajaran interaktif.

References

Avicenna, A. F., Suhartono, & Suryandari, K. C. (2023). Peningkatan kreativitas produk menggunakan model project based learning (PjBL) pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan. (DOI tidak tersedia). https://jurnal.uns.ac.id/jkc/article/view/75949

Feziyasti, A., Saputri, I., Asrizal, A., & Mufit, F. (2025). The effect of project-based learning model (PjBL) with STEM approach to promote students’ critical and creative thinking skills: A meta-analysis. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 18(1), 11–22. https://doi.org/10.37729/radiasi.v18i1.6004

Herlita, F., Yamtinah, S., & Wati, I. K. (2023). The effect of the PjBL-STEM model on students’ critical thinking ability in science learning. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 9(2), 192–202. https://doi.org/10.21831/jipi.v9i2.57963

Hikmah, N., Febriya, D., Asrizal, A., & Mufit, F. (2023). The impact of the project-based learning model on students’ critical and creative thinking skills in science and physics learning: A meta-analysis. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(10), 892–902. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i10.4384

Imami, N., Zain, A., & Muslehudin, M. (2025). Penerapan Problem Based Learning dengan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 7 Cakranegara. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 45–56.

Kemendikbudristek. (2022). Kurikulum Merdeka: Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) untuk SD/MI. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Musa, M. M., & Kamal, R. (2024). Project-based learning model for strengthening elementary students’ creativity in sciences. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 8(1). https://doi.org/10.21831/jk.v8i1.71718

Paramita, D. L., Baity, N., & Andari, T. (2023). Peningkatan kreativitas melalui project based learning (PjBL) dalam pembelajaran IPA. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 13(1), 89–100. https://doi.org/10.30736/rf.v13i1.807

Rosyda, A. L., Chamdani, M., & Susiani, T. S. (2024). Penerapan model project based learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran IPAS tentang perubahan bentuk permukaan bumi pada siswa kelas V SD Negeri 1 Karangsari tahun ajaran 2023/2024. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(2). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i2.83556

Runco, M. A., & Acar, S. (2019). Divergent thinking as an indicator of creative potential. Creativity Research Journal, 31(1), 1–10. https://doi.org/10.1080/10400419.2019.1652258

Safitri, N. (2023). Penerapan model Project Based Learning untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(2), 112–120. https://doi.org/10.1234/jpd.v14i2.5678

Sucilestari, R., Ramdani, A., Sukarso, A. A., Susilawati, S., & Rokhmat, J. (2023). Project-based learning supports students’ creative thinking in science education. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(11), 1038–1044. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i11.5054

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wulandari, N. O., Sutrio, D., Doyan, A., & Rahayau, S. (2024). The influence of project-based learning model on creative thinking skills and physics learning outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(12), 10660–10669. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i12.9738

Zulyusri, Z., Elfira, I., Lufri, L., & Santosa, T. A. (2023). Literature study: Utilization of the PjBL model in science education to improve creativity and critical thinking skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(1), 133–143. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i1.2555

Downloads

Published

2025-10-05

How to Cite

Widiarti, Y., Zain , M. I., & Fauzi, A. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar IPAS Bermuatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas V Di SDN 5 Mataram. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(4), 1676–1683. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i4.1428