Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar IPAS Bermuatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas V Di SDN 5 Mataram
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i4.1428Keywords:
Project Based Learning (PjBL), IPAS, Berpikir KreatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SD Negeri 5 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental research dengan desain yang difokuskan untuk melihat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,428 yang berada pada kategori sedang (0,3 ≤ 0,428 ≤ 0,7) dengan tafsiran peningkatan skor kurang efektif. Sementara itu, kelas eksperimen yang menerapkan model PjBL menunjukkan peningkatan yang lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Temuan ini diperkuat oleh hasil uji-t dan uji N-Gain yang membuktikan bahwa model PjBL mampu memberikan peningkatan hasil belajar sekaligus mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa, meskipun efektivitasnya belum maksimal karena belum didukung media pembelajaran interaktif.
References
Avicenna, A. F., Suhartono, & Suryandari, K. C. (2023). Peningkatan kreativitas produk menggunakan model project based learning (PjBL) pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan. (DOI tidak tersedia). https://jurnal.uns.ac.id/jkc/article/view/75949
Feziyasti, A., Saputri, I., Asrizal, A., & Mufit, F. (2025). The effect of project-based learning model (PjBL) with STEM approach to promote students’ critical and creative thinking skills: A meta-analysis. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 18(1), 11–22. https://doi.org/10.37729/radiasi.v18i1.6004
Herlita, F., Yamtinah, S., & Wati, I. K. (2023). The effect of the PjBL-STEM model on students’ critical thinking ability in science learning. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 9(2), 192–202. https://doi.org/10.21831/jipi.v9i2.57963
Hikmah, N., Febriya, D., Asrizal, A., & Mufit, F. (2023). The impact of the project-based learning model on students’ critical and creative thinking skills in science and physics learning: A meta-analysis. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(10), 892–902. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i10.4384
Imami, N., Zain, A., & Muslehudin, M. (2025). Penerapan Problem Based Learning dengan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 7 Cakranegara. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 45–56.
Kemendikbudristek. (2022). Kurikulum Merdeka: Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) untuk SD/MI. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Musa, M. M., & Kamal, R. (2024). Project-based learning model for strengthening elementary students’ creativity in sciences. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 8(1). https://doi.org/10.21831/jk.v8i1.71718
Paramita, D. L., Baity, N., & Andari, T. (2023). Peningkatan kreativitas melalui project based learning (PjBL) dalam pembelajaran IPA. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 13(1), 89–100. https://doi.org/10.30736/rf.v13i1.807
Rosyda, A. L., Chamdani, M., & Susiani, T. S. (2024). Penerapan model project based learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran IPAS tentang perubahan bentuk permukaan bumi pada siswa kelas V SD Negeri 1 Karangsari tahun ajaran 2023/2024. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(2). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i2.83556
Runco, M. A., & Acar, S. (2019). Divergent thinking as an indicator of creative potential. Creativity Research Journal, 31(1), 1–10. https://doi.org/10.1080/10400419.2019.1652258
Safitri, N. (2023). Penerapan model Project Based Learning untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(2), 112–120. https://doi.org/10.1234/jpd.v14i2.5678
Sucilestari, R., Ramdani, A., Sukarso, A. A., Susilawati, S., & Rokhmat, J. (2023). Project-based learning supports students’ creative thinking in science education. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(11), 1038–1044. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i11.5054
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wulandari, N. O., Sutrio, D., Doyan, A., & Rahayau, S. (2024). The influence of project-based learning model on creative thinking skills and physics learning outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(12), 10660–10669. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i12.9738
Zulyusri, Z., Elfira, I., Lufri, L., & Santosa, T. A. (2023). Literature study: Utilization of the PjBL model in science education to improve creativity and critical thinking skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(1), 133–143. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i1.2555
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.