Hubungan Pengelolaan Kelas Dan Media Ajar Terhadap Partisipasi Aktif Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di KKG Asakota Kota Bima

Authors

  • Tauri Maftuhah Universitas Mataram
  • Asrin Asrin Universitas Mataram
  • Lalu Wira Zain Amrullah Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.1395

Keywords:

Pengelolaan Kelas, Media Ajar, Partisipasi Aktif Siswa

Abstract

Partisipasi aktif siswa merupakan faktor penting dalam keberhasilan pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasional dan bertujuan menganalisis hubungan antara pengelolaan kelas dan media ajar dengan partisipasi aktif siswa di KKG Asakota, Kota Bima. Populasi penelitian terdiri atas 106 siswa kelas IV dan V di SDN 3 Jatiwangi, SDN 59 Rasalewi, SDN 22 Jatibaru, dan SDN 65 Jatibaru dengan teknik sampel jenuh. Instrumen penelitian berupa kuesioner skala Likert yang telah divalidasi oleh ahli, dengan hasil uji validitas seluruh butir pernyataan dinyatakan valid. Uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal, sedangkan uji linearitas mengindikasikan hubungan linear antara variabel. Hasil uji multikolinearitas menunjukkan tolerance 0,947 dan VIF 1,056, menandakan tidak terdapat gejala multikolinearitas. Analisis korelasi Pearson menunjukkan hubungan signifikan antara pengelolaan kelas (r = 0,633; Sig. 0,001) dan media ajar (r = 0,678; Sig. 0,001) dengan partisipasi aktif siswa. Hasil uji t menunjukkan pengaruh signifikan pengelolaan kelas (t = 3,002; Sig. 0,003) dan media ajar (t = 4,613; Sig. 0,001), sedangkan uji F memperoleh nilai F-hitung 52,084 (Sig. 0,001). Dengan demikian, terdapat hubungan signifikan antara pengelolaan kelas dan media ajar dengan partisipasi aktif siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di KKG Asakota Kota Bima.

References

Afriza. (2021). Manajemen kelas. Pekanbaru: UIN Suska Press.

Aftiani, R. Y. (2021). Pengembangan media pembelajaran e-book berbasis flip pdf professional untuk meningkatkan kemandirian belajar dan minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS 1 SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh (Doctoral dissertation, Magister Pendidikan Ekonomi).

Ainiyah, U. Z., Luffianti, L. N., Nadhifah, A., & Bektiarso, S. (2024). Strategi Manajemen Kelas Untuk Meningkatkan Keterlibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran Aktif. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 63-66. https://doi.org/10.59066/jip.v1i2.988

Akyuna, R. Q., Wahyuni, A. D., & Mintasih, D. (2025). Peran Media Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Partisipasi Peserta Didik. Asas Wa Tandhim: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 5(1), 121-132. https://doi.org/10.47200/awtjhpsa.v5i1.3112

Ali, A., Maniboey, L. C., Megawati, R., Djarwo, C. F., & Listiani, H. (2024). Media Pembelajaran Interaktif: Teori Komprehensif dan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Amrullah, L. W. Z., Zain, M. I., & Ramadhani, M. (2025). Efektivitas penerapan media pembelajaran komik IPA terhadap hasil pembelajaran IPA peserta didik kelas IV sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 221–232. https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27695

Andriana, E., Rokmanah, S., & Wiyudia, N. (2024). Analisis Metode Role Playing dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), Desember 2024. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/issue/view/541

Apriliani, M., Putri, S. A., & Unzzila, U. (2024). Peningkatan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui model pembelajaran kolaboratif di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 9-9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.493

Apriyanti, E., Asrin, A., & Fauzi, A. (2023). Model pembelajaran realistic mathematics education dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(4), 1978-1986. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5940

Aslamiah, H., Pratiwi, D. A., & Agusta, A. R. (2022). Pengelolaan kelas. Depok: Rajawali Pers.

Asrin, A., & Sudirman. (2022). Manajemen Pendidikan Berbasis Nilai dan Keunggulan. Lombok Barat: Elhikam Press. https://repository.uinmataram.ac.id/2116/

Gunawan, I. (2019). Manajemen kelas: Teori dan aplikasinya. Depok: Rajawali Pers.

Handina, W. P., Kasmawati, & Parisu, C. Z. L. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Digital Berbasis Quizizz terhadap Peningkatan Keterlibatan Siswa Sekolah Dasar. Arus Jurnal Pendidikan, 5(1), 23–30. DOI: https://doi.org/10.57250/ajup.v5i1.1138

Harahap, O. F. M., Napitupulu, M., & Batubara, N. S. (2022). Media pembelajaran: Teori dan perspektif penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Inggris. CV. Azka Pustaka.

Iskandar, S., Rosmana, P. S., Husna, M., Herlina, P., & Sukmawati, V. A. (2024). Startegi Pengelolaan Kelas untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(2), 156-165. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i2.3080

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran: Konsep dan aplikasi pengembangan media pembelajaran bagi pendidik di sekolah dan masyarakat. Prenada Media.

Marmoah, S. (2022). Manajemen kelas: Teori dan praktik. Eureka Media Aksara.

Mecriyani, W. D., Yusnan, M., Marsanda, M., Cahyani, S., & Melisa, M. (2025). Praktik media interaktif dalam meningkatkan kondisi kelas pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Journal of Humanities, Social Sciences, and Education (JHUSE), 1(6), Article 277. https://doi.org/10.64690/jhuse.v1i6.277

Mega, M. D. C., Reffiane, F., & Wakhyudin, H. (2023). Analisis Penggunaan Media Canva Interaktif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas Iv Di Sdn Sendangmulyo 02 Semarang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 2030-2042. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1772

Nadia, N. (2023). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa Di SMP Negeri 2 Satap Sabbang (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Palopo).

Paling, S. (2022). Manajemen kelas bagi tenaga pendidik di sekolah dasar. Eureka Media Aksara

Prasetyo, M. A., & Susanto, R. (2024). Hubungan antara Pengelolaan Kelas dengan Keaktifan Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Education and Social Sciences Review, 5(2), 62-69. https://doi.org/10.29210/07essr475900

Sana, N. N., Rasmitadilla, & Hamamy, F. (2025). Peran media Wordwall dalam meningkatkan partisipasi dan keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas VI SDN Lawang Gintung 4. Karimah Tauhid, 4(5), 2504–2513. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19858

Santia, V., Misdalina, M., & Noviati, N. (2022). Pengaruh penataan tempat duduk terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDN 10 Palembang. Indonesian Research Journal on Education, 3(1), 89–95. https://doi.org/10.31004/irje.v3i1.63

Sari, Y., Ansya, Y. A. U., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). Studi literatur: Upaya dan Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(1), 9-26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931

Sudharsono, M., Rahayu, S., Damayanti, S., & Rahmah, L. (2023). Strategi Efektif dalam Manajemen Kelas untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 5(3). https://doi.org/10.55681/nusra.v5i3.3179

Sulastri, S., Sudirman, H., & Jaelani, A. K. (2022). Hubungan Pengelolaan Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa SDN di Gugus I Kediri Lombok Barat Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1). http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i1.2881

Suryana, N., & Fadhli, R. (2022). Manajemen pengelolaan kelas. Indonesia Emas Group

Wahyuni, N., & Sari, W. M. (2023). Strategi pengelolaan kelas untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di sekolah dasar. REKOGNISI: Jurnal Pendidikan dan Kependidikan (E-ISSN 2599-2260), 8(1), 49-57.

Yasin, M., Al Husna, A. A., & Kamaria, K. (2024). Karakteristik Hubungan Guru dan Siswa Sekolah Dasar Terhadap Motivasi, Partisipasi, dan Pencapaian Akademis. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(1), 70-81. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.32

Downloads

Published

2025-07-30

Issue

Section

Articles