Analisis Potensi Pembelajaran Fisika Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Kecintaan Budaya Lokal Masyarakat Bima

Authors

  • Rizky - Munandar

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v3i1.137

Keywords:

Pembelajaran, Potensi, Kecintaan Budaya Lokal, Etnosains, Masyarakat Bima

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi pembelajaran berbasis etnosains untuk maningkatkan kecintaan budaya lokal Bima. Serta mengembangkan potensi budaya lokal kedalam Pendidikan formal. Selain itu penelitian ini akan menganalisis permasalahan serta potensi budaya dalam bidang pembelajaran. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mencaritahu permasalahan atas minat belajar siswa yang melakukan kegiatan lintas budaya yaitu Pendidikan dengan norma masyarakat yang berlaku. Hal ini juga dikaitkan dengan stigma serta pemikiran masyarakat mengenai dorongan untuk mengikursertakan anaknya dalam kegiatan sekolah. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan metode ditemukan banyak siswa yang memiliki minat yang tinggi dalam kegiatan belajar berbasis etnosains. Dimana ada kebiasaan serta pengaitan bidang ilmu dengan kebudayan yang dimiliki oleh masing-masing siswa.

References

Addiin, I., Redjeki, T., & Dwi, R. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Materi Pokok Larutan Asam dan Basa di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Karanganyar. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(4), 7–16. Endarko, Muntini. S. M, Prasetio. Lea, Faisal. Heny. 2008. Fisika Jilid 1 Untuk SMK Teknologi. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional. 113-122. Agustin, Nella., Sudarmin., Sumarti. S. S., Addiani. A. K. 2018. Desain Instrumen Tes Bermuatan Etnosains Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 12 (2) : 2159 – 2169. Haryadi. Bambang. 2008. FISIKA Untuk SMA/MA. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. 69-79. Hikmawati, Suastra. I. W., Pujani. N. M. 2021. Local Wisdom In Lombok Island With the Potential of Ethnoscience For the Development of Learning Models In Junior High School. 23:55. Kosim. 2021. L.K 2.1 Analisis Buku Guru. Universitas Mataram. Narassati, N. A. 2021. Model Pembelajaran Project Based Learning. Universitas Negeri Jakarta. Nuralita, Aza. 2020. Analisis Penerapan Model Pembelajaran berbasis Etnosains dalam Pembelajaran Tematik SD. Mimbar PGSD Undiksha. 8 (1) : 1-8. Nurkhalisa and Ummayah (2015). Etse-Module “The Benefits of Acidic Bases in Life†Ethnoscience Based Demak Society in the Utilisation of Lime. International Journal of Science and Research (IJSR) 6,1396-1400. Pertiwi, D. U., Firdausina, U. Y. R., 2019. “Upaya Meningkatkan Literasi Sains Melalui Pembelajaran Berbasis Etnosainsâ€. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE). 02(01) : 120-124. Puspasari, Afrin., Susilowati, Indah., Kurniawati, Lilis. R. U, Gunawan. Indra, Sayekti. I. C. 2019. Implementation of Ethnoscience in Science Learning at Elementary School of Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta. 3:1. Rubiyanto (2013). Penelitian Pendidikan Untuk Mahapeserta didik Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta Press). Tindige. A. S, Rende. C. J, Komansilan. Alfrits. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika

Dan Dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas X SMA N 2 Tondano. 2:2. 106-113.

https://alanmalingi.wordpress.com https://ntb.idntimes.com https://republika.co.id https://rhakateza.wordpress.com

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Munandar, R. .-. (2022). Analisis Potensi Pembelajaran Fisika Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Kecintaan Budaya Lokal Masyarakat Bima. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 3(1), 6–16. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v3i1.137

Issue

Section

Articles