Pengembangan E-Modul Ajar Etnomatematika Berbasis Kearifan Lokal Suku Sasak Pada Materi Bangun Ruang Kelas V di SDN 17 Ampenan
Authors
Nindya Dwita Haidesha Fitri , Husniati , Vivi Rachmatul HidayatiDOI:
10.29303/goescienceed.v6i3.1338Published:
2025-08-19Issue:
Vol. 6 No. 3 (2025): AgustusKeywords:
pengembangan, e-modul, etnomatematika, suku sasakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul pembelajaran etnomatematika yang valid dan praktis, berbasis kearifan lokal suku Sasak pada materi bangun ruang untuk siswa kelas V, guna memaksimalkan proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahap penelitian, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah 16 siswa kelas V beserta guru kelasnya, sedangkan objek penelitian adalah produk E-Modul pembelajaran etnomatematika berbasis kearifan lokal suku Sasak pada materi bangun ruang. Penelitian dilaksanakan di SDN 17 Ampenan dengan menggunakan lembar validasi ahli serta angket respons siswa dan guru untuk mengumpulkan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk E-Modul memenuhi standar validitas dengan persentase penilaian validasi media sebesar 94,44% dan validasi materi sebesar 95,55%. Selanjutnya, tahap validasi materi oleh dosen ahli memperoleh persentase 94,72% dan oleh guru sebesar 93,33%, sehingga termasuk dalam kategori sangat valid. Pada tahap uji kepraktisan, produk E-Modul memenuhi kriteria praktis dengan persentase penilaian uji coba kelompok kecil sebesar 96,25% dan pada uji coba kelompok besar sebesar 92,41% dari siswa serta 97,14% dari guru, sehingga termasuk dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan seluruh tahap pengembangan yang telah dilakukan, produk E-Modul etnomatematika berbasis kearifan lokal suku Sasak pada materi bangun ruang untuk kelas V telah teruji valid dan praktis.References
Abiyasa, P. K. (2020). Etnomatematika: Menggali Budaya dalam Praktik Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 45-52.
Aeni, A., Intiana, S.R.H., & Rahmatih, A.N. (2023. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Komik Edukasi pada Muatan Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas IV SDN 46 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 8(3).
Afifudin, A. (2021). Etnomatematika sebagai Jembatan antara Budaya Lokal dan Pendidikan Formal. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 55-62.
Alditia, L., M & Ika, N. 2023 Pemanfaatan Produk Budaya Lokal dalam Meningkatkan Hasil Belajar Geometri Siswa Sekolah Dasar. Edukasia Kultura, 12(1), 44–50
Almas, A.S., & Hidayat, S. 2023. Pemanfaatan Canva dalam Pengembangan E-Modul Interaktif pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(1), 73–81.)
Ampuni, S., & Bayu, S. B. 2022. "Pengembangan dan Identifikasi Properti Psikometris Kuesioner Intensi Prososial Berbasis Skenario untuk Anak dan Remaja." Jurnal Psikologi Sosial, 20(2), 149-167.
Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis permainan monopoli pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas IV SD. Jurnal Pijar MIPA, 16(02), 170-175.
Arsita, D., & et al. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Volume Bangun Ruang Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 168.
Asmayanti, A., Cahyani, I., & Idris, N. S. (2020). Model Addie Untuk Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Pengalaman. Seminar Internasional Riska Bahasa XIV, 259–267.
Asri, A. S. T., & Dwiningsih, K. (2022). Validitas E-Modul Interaktif sebagai Media Pembelajaran untuk Melatih Kecerdasan Visual Spasial pada Materi Ikatan Kovalen. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(4), 233-241.
Ayu, T. G., Pratama, G. D., & Sudiana, I. K. 2022. Model ADDIE untuk Pengembangan E-Modul Interaktif pada Materi Biologi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(2), 101–111.
Cahyadi, H., Supriyadi, A., & Rahman, M. (2020). Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika: Konsep dan Implementasi. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 123-130.
Ceda, K. A., & Purnomo, H. (2024). Kesulitan guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran (modul ajar) Kurikulum Merdeka di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa (JPDP), 10(1), 40-51.
Cholilulloh, M. (2023). E-Modul sebagai Bahan Ajar Sederhana yang Disusun Secara Sistematis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 45-52.
Elvarita, A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2020). Pengembangan E-Modul sebagai Bahan Ajar yang Sistematis untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(3), 145 152.
Fadilah, R. C., Sulistyowati, P., Yulianti, & Ghozali, S. 2024. "Pengembangan E-Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Bangun Datar Kelas 3 SDN 39 Mataram." Mindset: Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 55-64.
Fanani, A. (2022). Pengembangan E-Modul Pembelajaran yang Terstruktur dan Interaktif. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Sobri, M., Radiusman, R., & Widodo, A. 2020. Etnomatematika: Eksplorasi Budaya Sasak sebagai Sumber Belajar Matematika Sekolah Dasar. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika) , 5(1), 1–13
Fauzi, M., & Hanum, S. 2021. "Desain Rumah Bale Tani: Pemahaman Geometri dalam Arsitektur Tradisional." Jurnal Arsitektur dan Perencanaan, 9(2), 123-135.
Fikriarini, D. 2023. "Kuesioner sebagai Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian." Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 25-34.
Fitria, E., & Lestari, R. 2022. Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Geometri: Studi Kasus Kelas VI SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 9(3), 134–143.
Fitriyah, A. T., & Syafi, M. 2022. "Analisis Etnomatematika pada Bangunan Tradisional Suku Sasak: Rumah Adat dan Lumbung Padi." Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1-12.
Husna, A. 2023. "Penerapan Teori Belajar Bruner dalam Pembelajaran Modern." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 45-58.
Irawan, A. & Hakim, M.A.R., (2021). Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Matematika pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTS. phytagoras : Jurnal program Studi Pendidikan Matematika. 10(1). 91-100.
Izzaturahma, E., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis ADDIE pada Pembelajaran Tema 5 Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 216.
Jonnalagadda, R., Singh, P., & Tiwari, S. 2022. "Application of ADDIE Model in Instructional Design." AJESS (Asian Journal of Education and Social Studies), 28(1), 1-10.
Kartini, S., & Oktaviani, I. (2023). Efektifitas Pembelajaran Kelas terhadap Retensi Materi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 15(1), 22–30.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2024). Modul Pembelajaran untuk Guru: Panduan Penyampaian Materi Secara Sistematis. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Komalasari, F. D., Sabrina, R., & Wir’aeni, R. 2020. "Rumah Adat Limbungan: Ciri Khas dan Makna Budaya Suku Sasak." Jurnal Penelitian Budaya, 5(2), 101-115.
Kurinia, A. 2023. "Analisis Data dalam Penelitian: Proses dan Tujuan." Jurnal Metodologi Penelitian, 9(1), 30-40.
Kurniawati, E. (2022). E-Modul sebagai Bahan Ajar Digital yang Dirancang untuk Membantu Siswa Memahami Konsep Pelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 55-62.
Kusuma, A. B., & Utami, A. (2017). Penggunaan Program GeoGebra dan Casyopee dalam Pembelajaran Geometri Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Mercumatika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika.
Magdalena, I., Shodiqoh, A.F., & Pebrianti, A.R., (2021). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar SIswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. Jurnal Edukasi dan Sains. 3(2). 312-325.
Mariyanti, E., Astuti, R., & Wahyudi, I. 2022. "E-Modul Geometri Berbasis Budaya Sasak sebagai Sumber Belajar Daring Peserta Didik SD." Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pendidikan, 13(2), 123-135.
Novitasari, D., Sridana, N., & Tyaningsih, R. Y. 2022. "Eksplorasi Etnomatematika dalam Alat Musik Gendang Beleq Suku Sasak." Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(1), 16-27.
Nursalam, H., & Adang, M. 2023. "Kuesioner sebagai Alat Pengumpulan Data dalam Penelitian." Jurnal Metodologi Penelitian, 8(1), 45-55.
Putri, A., Yuliana, R., & Rahman, F. (2024). Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan, 21(2), 63–72.
Putri, D.A., & Suharto, S. 2022. Etnomatematika dalam Media Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal. EduMa: Jurnal Edukasi Matematika, 7(3), 120–128.
Rahmi, A., Nurhayati, N., & Prabowo, H. (2021). Komponen Modul Pembelajaran: Tujuan, Materi, Latihan, dan Umpan Balik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 51-58.
Ramadhani, D., & Prasetyo, H. 2024. Upaya Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Matematika melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Edukasi Matematika Indonesia, 14(1), 36–45.
Ratriana, D., Purwoko, R. Y., & Yuzianah, D. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika yang Mengeksplorasi Nilai dan Budaya Islam untuk Siswa SMP.
Rosidin, O., Riansi, E. S., & Muhyidin, A. (2021). Leksikon Kuliner Tradisional Masyarakat Kabupaten Pandeglang. Litera, 20(1), 49-75.
Rusmayana, N. 2021. "Model Pembelajaran ADDIE dalam Pengembangan Produk Pembelajaran." Skripsi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Saifuddin, A.F., & Tika, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN Sendangmulyo 02. Jurnal Ilmah PGSD FKIP Universitas Mandiri. 10(1). 1686- 1694.
Salim, A., & Pramita, H. 2024. Pengaruh E-Modul Interaktif terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Modern, 10(2), 101–110.
Santosa, A., & Fitria, L. 2024. Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 12(1), 51–60
Sari, F.A., & Zulkarnain, H. 2023. Efektivitas E-Modul Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Digital, 5(2), 110–120.)
Spatiotio, E., Rachmawati, T., & Pramudito, A. 2022. "Implementasi Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 15-25.
Sumardi, L., & Wahyudiati, D. 2022. Kearifan Lokal Sasak: Berbagai Aspek Kehidupan, Agama, Adat, Budaya, dan Sistem Nilai. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 123-135.
Sumayani, Zaenuri, & Junaedi, I. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Budaya Suku Sasak Kajian Makanan Tradisional. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 521-526.
Sutarto, dkk. (2021). Teacher Strategies in Online Learning to Increase Students' Interest in Learning during Covid-19 Pandemic. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 8(3), 129–137.
Syafriati, & Nelmira, W. (2023). Pengembangan media video pembuatan belahan mata pelajaran teknologi menjahit. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 142.
Wijaya, A., Rahmad, E., & Tanuwijaya, H. (2020). Keefektifan pembelajaran matematika realistik ditinjau dari kemampuan pemodelan matematika dan prestasi belajar. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 100-110.
Winaya, A., Sari, R., & Prabowo, H. (2020). Definisi dan Karakteristik E-Modul dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 123-130.
Wulandari, E., & Fitrianawati, M. 2021. "Eksplorasi Etnomatematika dalam Alat Musik Gendang Beleq Suku Sasak." Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(1), 16-27.
Zulfa, O. N., Wicaksono, A. G., & Prihastari, E. B. 2023. "Penerapan Etnomatematika dalam Pendidikan untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(4), 11894-11908.