Pengembangan Media Ludo untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Peserta Didik pada Sistem Pernapasan Manusia

Authors

  • Baiq Sulislia Lusmayanti Universitas Mataram
  • Ahmad Harjono
  • Nurwahidah

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.1290

Keywords:

Pengembangan, Media Ludo, IPAS.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media ludo yang valid dan praktis pada pembelajaran IPAS kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan di SDN Tandek, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada tahun ajaran 2024/2025. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V yang berjumlah 23 orang, sementara untuk objek penelitian adalah media ludo pada pembelajaran IPAS materi sistem pernapasan manusia. Instrument penelitian yang digunakan meliputi angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, angket kepraktisan oleh peserta didik dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ludo memperoleh nilai presentase sebesar 91,76% dengan kriteria sangat valid oleh ahli media dan memperoleh skor presentase sebesar 90% dengan kriteria sangat valid oleh ahli materi. Pada uji coba kepraktisan oleh peserta didik memperoleh skor presentase 89,47% dengan kriteria sangat praktis dan uji kepraktisan oleh guru memperoleh skor presentase sebesar 96,66% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa media ludo ini sangat valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran IPAS di kelas V.

References

Aminah, S., Rahmawati, N., Azura, N., Fronika, S., Hasanah, S. M., & Salsabillah, T. (2022). Pengaruh Metode Belajar Sambil Bermain Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal SICEDU, 1(2), 465-471. https://doi.org/10.31004/sicedu.v1i2.66

Azzahra, A., Marini, A., Utami, D. P., Nabila, G., Kamila, N., & Prasetyo, R. D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Rumah Ludo Nusantara Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 3(1), 75-98. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH

Deananda, A. N., Putri, I., Aniyah, P., & Adinata, H. (2025). Peningkatan Disiplin Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Praktik Pembelajaran Penjaskes Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 11(2), 317-332. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/11459

Eka, R. L., & Khairiyah, U. (2022). Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, 8(2), 143-158. https://doi.org/10.29062/seling.v8i2.1223

Fatimah, S., Faudiah, N. F., & Lubis, P. H. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Lunas (Ludo Natural Science) Pada Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 7(2), 194-203. https://doi.org/10.24853/holistika.7.2.194-203

Febrianto, R., & Puspitaningsih, F. (2020). Pengembangan Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran. Education Journal: Journal Education Research and Development, 4(1), 1-18. https://doi.org/10.31537/ej.v4i1.297

Firdaus Z., & Istianah, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Kuartet Ciri-Ciri Khusus Hewan Bagi Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 847-857.

Handayani, S. (2021). Anatomi dan Fisiologi Tubuh Manusia. Bandung: Media Sains Indonesia.

Harahap, W. P. A., & Yusnaldi, E. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Papan Ludo Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar. Jurnal EDUCATION (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(1), 511-520. http://dx.doi.org/10.29210/1202424308

Indartiwi, A., Wulandari, J., & Novela, T. (2020). Peran Media Interaktif Dalam Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. KoPeN:Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1),28-31.

Indriani, C. (2024). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Canva Dalam Media Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 330-339. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.505

Istiningsih, S., Darmiany, Astria, F. P., & Erfan, M. (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli di Era New Normal. Journal Of Elementary Education, 4(6), 911-920. https://doi.org/10.22460/collase.v4i6.9578

Jihan, A. N. f., Reffiane, F., & Arisyanto, P. (2019). Pengembangan Media Ludo Raksasa pada Tema Selalu Berhemat Energi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Undiksha, 7(2), 107-113. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17501

Julia, M, A., Fitriani, N., & Setiawan, R. (2024). Proses Pembelajaran Konstruktivisme Yang Bersifat Generate di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 1-7. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.519

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Surabaya: Bintang Sutabaya.

Kristin, F., & Setyawan, Y. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Bagi Guru SD Negeri Mangunsari 06 Salatiga. Jurnal Magistorum Et Scholarium, 1(3), 361-368. https://doi.org/10.24246/jms.v1i32021p361-368

Kurniawan, N. S., & Puspitasari, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Role Playing Game Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X MP 1 Di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(4), 113-119.

Magdalena, I., Khofifah, A., & Fitri, A. (2023). Bahan Ajar. Sindoro Cendikia Pendidikan, 2(5), 21-30.

Mar’ei, I. P., Shaleh, & Ferry, N. W. (2024). Analisis Pendidikan Humanis Berbasis Kurikulum Merdeka Di MI/SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 305-312.

Mardiah, A., Harjono, A., & Tahir, M. (2024). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Augmented Reality (AR) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Kelas V. Journal of Classroom Action Research, 6(4), 852-858. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i4.9647

Mustofa, Z., ‘Ulya, I. L., Muqorrobin, Z., Rochim, R. L., & Prayitno, M. A. (2023). Strategi Peningkatan Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Memahami Materi Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Damhil Education Journal, 3(2), 19-35. http://dx.doi.org/10.37905/dej.v3i1.1755

Nalhadi, A., Subentar, B., & Supriadi. (2022). Perancangan Kemasan Produk Kue Gipang Pangrih Menggunakan Metode Quality Function Deployment. Jurnal Ilmiah Teknologi Harapan, 10(2), 52-59. https://doi.org/10.35447/jitekh.v10i2.560

Ningsih, S. A., & Pritandhari, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Ludo Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas IX SMA Purnama Trimurjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(1), 50-59, https://dx.doi.org/10.24127/pro.v7i1.2039

Novanda, C., Kartono, & Salimi, A. (2023). Pengembangan Media Lupas (Ludo IPAS) Di Kelas IV SD Negeri 28 Pontianak Selatan. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 317-330. https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i2.3402

Nuraliah, H., Mulyadiprana, A., & Setiadi, P., M. (2023). Pengembangan Media Ludo Berbantuan Canva Pada Pembelajaran IPS SD Kelas IV. Journal Of Elementary Education, 6(4), 794-800. https://doi.org/10.22460/collase.v6i4.18322

Nursy, A., Wintarti, A., & Prihartiwi, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Visual Novel “Plus and Minus†Berbasis Smartphone Untuk Materi Bilangan Bulat SMP. MATHEdunesa, 12(3), 698-719. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v12n3.p698-719

Nurvitasari, M. W., & Mintohari. (2024). Pengembangan Media Game Ludo Berbasis QR Code “Lucode†Untuk Meningkatkan Hasil Belaajar Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(3), 370-383.

Oktaria, N., Nopriyanti, T. D., Ayurachmawati, P. (2024). Pengembangan Media Lupirpa (Ludo Pintar Ipa) Pada Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Kelas IV SD Negeri 13 Palembang. Jurnal EduTech, 10(2), 399-407. https://doi.org/10.30596/edutech.v10i2.20421

Rahman, A. B., Asri, S. M., Fitriani, A., Karlina Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Jurnal Al Urwatul Wustqa, 2(1), 1-8. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul

Ramadani, S., Harjono, A., & Astria, F. P. (2025). Pengembangan Meia Komik Edukatif IPAS Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas V. Jornal Of Classroom Action Research, 7(3), 902-909. https://doi.org/10.29303/jcar.v7i3.11694

Ramadani, S., Harjono, A., & Astria, F., P. (2025). Pengembangan Media Komik Edukatif IPAS Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas V. Journal Of Classroom Action Research, 7(3), 902-909. https://doi.org/10.29303/jcar.v7i3.11694

Rohim, A., & Wardhani, I. S. (2024). Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 3(4), 91-101. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i4.2721

Safitra, A., Dewi, N. K., & Nurwahidah. (2023). Media Pembelajaran Kotak Ekosistem Pada Pembelajaran IPAS Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 9(4), 2078-2085. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio

Safitri, A., Nur, M. R., Fauziyyah, H., & Prihantini. (2022). Pentingnya Memahami Karakterisrik Peserta Didik Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9333-9339.

Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 122-130. https://doi.org/10.2388/jp2.v4i1.33356

Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 48-56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347

Supriatna, H., & Hadi, M. S. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Permainan LUDO Untuk Pembelajaran IPS Di SDIT Anak Kreatif Bandung Barat. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2337-2345. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25817

Susanti, S., Aminah, F., Assa’idah, I. M., Aulia, M. W. Angelika, T. (2024). Dampak Negatif Metode Pengajaran Monoton Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Dan Riset, 2(2), 86-93. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/pedagogik/article/view/529

Tarigan, S. T. B., & Siregar, H. T. (2024). Pengaruh Penerapan Media Permainan Ludo Terhadap Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas V SD 105308 Pancur Batu T.P 2023/2024. In Prosiding Seminar Nasional PSSH (Pendidikan, Saintek, Sosial Dan Hukum), 3(1), 1281-1288. https://jurnal.semnaspssh.com/index.php/pssh

Tasmayanti, L., Susanti, L. R., & Safitri, E. R. (2025). Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbantuan Canva Pada Materi Jaring-Jaring Makanan Di Sekolah Dasar. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 5(2), 648-657. https://doi.org/10.51878/science.v5i2.5223

Ulfa, M., Tembang, Y., & Palitin, I. D. (2022). Layakkah Media Papan Ludo Digunakan Pada Muatan IPA Untuk Siswa Sekolah Dasar? Jurnal Mimbar Ilmu, 27(3), 383-390. https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.51275

Veronica, R., Gunawan, Harjono, A., & ‘Arduha, J. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Konflik Kognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Momentum Dan Impuls Peserta Didik. Indonesian Journal of Applied Science and Technology, 1(4), 167-173. https://www.journal.publicationcenter.com/index.php/ijast/article/view/587

Viora, D., Wahyuningsih, E., Surya, Y. F., & Marta, R. Penerapan Pendekatan Whole Language Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9379-9386.

Wibawanto, W. (2024). Board Game Edukasi. Makasar: Idebuku.

Downloads

Published

2025-08-19

Issue

Section

Articles