Pengembangan Bahan Ajar E-Handout Berbasis Kasus Berbantuan Wizer.me pada Materi Sistem Pencernaan untuk Peserta Didik
Authors
Geraldo Marion Steven , Desak Made Citrawathi , I Made SutajayaDOI:
10.29303/goescienceed.v6i3.1262Published:
2025-08-27Issue:
Vol. 6 No. 3 (2025): AgustusKeywords:
Bahan Ajar, E-Handout, Kasus, Sistem Pencernaan, ADDIEAbstract
Pembelajaran abad 21 tidak terlepas dengan adanya teknologi digital, sehingga guru sangat dituntut agar mampu menerapkannya ke dalam proses pembelajaran. Kenyataannya, pelaksanaan pembelajaran masih bersifat monoton terutama pada penggunaan bahan ajar. Kondisi tersebut berdampak pada hasil belajar yang masih rendah dan kemampuan berpikir kritis yang belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah menyusun rancang bangun dan menganalisis kevalidan serta kepraktisan produk bahan ajar e-handout berbasis kasus berbantuan wizer.me. Jenis dan model penelitian ini yakni Research and Development (R&D) dan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen atau angket. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu rancang bangun bahan ajar e-handout berbasis kasus berbantuan wizer.me, validitas bahan ajar e-handout dari segi materi dan media sebesar 1,0 dengan kriteria sangat valid, dan kepraktisan bahan ajar e-handout sebesar 90,8% dari penilaian guru IPA dan sebesar 90,6% dari penilaian peserta didik kelas VIII yang menunjukkan kriteria sangat praktis. Berdasarkan temuan tersebut dinyatakan bahwa bahan ajar e-handout berbasis kasus berbantuan wizer.me sangat valid dan sangat praktis diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas, khususnya untuk materi sistem pencernaan di SMP.References
Andriyani, N. L, & Suniasih, N. W. (2021). Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in Ipa Subjects on 6th-Grade. Journal of Education Technology, 5(1), 37–47. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314
Anggara, B. A., Warpala, I. W. S., & Julyasih, K. S. M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Handout Untuk Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Tegaldlimo Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 9(2), 140–49. https://doi.org/10.23887/jjpb.v9i2.46467
Anggraini, F. A., Erismar, A., & Mimin, M. Z. (2022). Pengembangan E-Handout Android Bernuansa Kontekstual pada Materi Pemanasan Global Kelas VII. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13(2), 221–30. https://dx.doi.org/10.20527/quantum.v13i2.14412
Arianto, H., & Hanin, N. F. (2020). Students ’ Response to the Implementation of Case Based Learning (CBL) Based on HOTS in Junior High School. Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 45–49. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i1.2058
Fredlina, K, Q., & Putri, A. C. D. (2023). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pengembangan Bahan Ajar Pada Guru SMA Negeri Bali Mandara. Jurnal Dedikasi, 3(2), 123–29. https://doi.org/10.46368/dpkm.v3i2.1226
Gregory, R. J. (2011). Tes Psikologi Sejarah, Prinsip, dan Aplikasi Edisi Keenam Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Jamilah, N., Mulawarman, W. G., & Hudiyono, Y. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif ‘POST’ dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi untuk Siswa Kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1), 14–23. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i1.28
Landina, I. A. P. L., & Agustiana, I. G. A. T. (2022). Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa melalui Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Kasus pada Muatan IPA Kelas V SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 27(3), 443–52. https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.52555
Magdalena, I., Khofifah, A., & Auliyah, F. (2023). Bahan Ajar. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 2(5), 10-20. https://doi.org/10.9644/sindoro.v2i6.1758
Priyadewi, D. A. S. H., Arnyana, I. B. P., & Syah, M. J. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Articulate Storyline 3 pada Materi Sistem Ekskresi di SMA. Biodi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(2), 11–22. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i2.33570
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Perbaikan Kualitas Pembelajaran melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran dan Pemanfaatan Media Ajar di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(2), 125–132. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.13846
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, Dan Psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.
Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sudijono, A. (2008). Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Susila, G. K. D. D., Dewi, N. P. S. R., & Heny, A. P. (2024). Gim Edukasi ‘Imuneed Quest’ Materi Sistem Imun untuk Siswa Fase F Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 11(3), 30–45. https://doi.org/10.23887/jjpb.v11i3.91471
Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto. (2020). Analisis Kemampuan TPACK (Technolgical, Pedagogical, and Content, Knowledge) Guru Biologi SMA dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1) 44–53. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41381
Syalsabillah, A. F. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Google Sites Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Realisasi: Ilmu Pendidikan, Seni Rupa dan Desain, 1(4), 29-40. https://doi.org/10.62383/realisasi.v1i4.315
Ulfa, R., & Khusnah, L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantu Media Audio-Visual pada Materi Sistem Pencernaan Manusia dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Plus Darus Sholah. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(4), 1-8. https://doi.org/10.61132/bima.v1i4.265
Yasa, I. K. D. C. A., Agung, A. A. G., & Simamora, A. H. (2021). Meningkatkan Semangat Belajar Siswa melalui Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 104–12. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32523
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.