Analisis Kelayakan Modul Fisika Berbasis Learning Cycle 7E Terintegrasi TPACK sebagai Sarana Pendukung Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis

Authors

  • Alpi Zaidah Institut Pendidikan Nusantara Global
  • Alpiana Hidayatulloh Universitas Pendidikan Mandalika
  • Usman Usman Institut Pendidikan Nusantara Global

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.1258

Keywords:

Modul Fisika, Learning Cycle 7E, TPACK, Kelayakan, Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menganalisis kelayakan modul pembelajaran fisika berbasis model Learning Cycle 7E yang terintegrasi dengan kerangka Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK) sebagai sarana pendukung pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah Four-D (4D) yang terdiri atas tahapan Define, Design, dan Develop (tanpa tahap Disseminate). Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dua guru fisika, dan dua teman sejawat. Selain itu, dilakukan uji coba terbatas kepada 10 peserta didik untuk mengukur keterbacaan dan respons terhadap modul. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul memperoleh skor rata-rata antara 4,2 hingga 4,4 dari skor maksimal 5, dengan persentase kelayakan antara 84% hingga 88%, dan seluruhnya berada dalam kategori Sangat Layak. Uji keterbacaan oleh peserta didik menunjukkan nilai rata-rata 4,28 (85,6%) yang juga tergolong Sangat Layak. Revisi minor dilakukan berdasarkan masukan dari validator dan siswa, terutama pada aspek kebahasaan dan penyajian. Dengan demikian, modul fisika berbasis Learning Cycle 7E terintegrasi TPACK dinyatakan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dan berpotensi mendukung pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran fisika

References

Al Husnul, E. Y., Sesunan, F., & Rosidin, U. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Hukum Newton. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Gravity/article/view/50-57/0

Astuti, S. M., Jannah, R., & Asrar, A. (2021). Students’ Critical Thinking Skills Using the Local Wisdom-Based 7E Learning Cycle Model. IBICIE Conference Proceedings. https://ibicie.uinib.ac.id/index.php/ibicie/article/view/74

Efendi, N., & Mufidah, D. N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(3), 214–222. https://sej.umsida.ac.id/index.php/sej/article/view/1596

Ennis, R. H. (2015). Critical Thinking: A Streamlined Conception. In Davies & Barnett (Eds.), The Palgrave Handbook of Critical Thinking in Higher Education. Palgrave Macmillan. https://doi.org/10.1057/9781137378057_2

Facione, P. A. (2011). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Insight Assessment.

Fembriani, F., Khumedi, & Anni, C. T. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA model Learning Cycle 7E untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Journal of Primary Education, 4(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/6917

Geba Mawar Saron, Windrawanto, Y., & Agustin, A. K. M. (2018). Pengembangan modul budaya literasi: Strategi meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam penggunaan media sosial. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2). https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/23380

Hamid, A., Elisa, E., & Irmayuandari, A. (2023). Guided Inquiry Model Assisted with TPACK Strategy Influence Students Learning Outcomes. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 16(2), 105–111. https://doi.org/10.37729/radiasi.v16i2.3263

Kamalia, N., & Kustijono, R. (2018). Keefektifan penerapan model siklus belajar (Learning Cycle) 7E untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 2(2018), n.p. (Januari 2019). https://fisika.fmipa.unesa.ac.id/proceedings/index.php/snf/article/view/68

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054. 10.1111/j.1467-9620.2006.00684.x

Nur Efendi, D. N. M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMPN 1 Krembung. Science Education Journal, 2(2). https://sej.umsida.ac.id/index.php/sej/article/view/1596

Walsh, C., Quinn, K. N., Holmes, N. G., & Wieman, C. (2019). Quantifying Critical Thinking: Development and Validation of the Physics Lab Inventory of Critical Thinking (PLIC). arXiv. https://doi.org/10.1103/PhysRevPhysEducRes.15.010135

Wardani, C. A., & Jatmiko, B. (2021). The Effectiveness of TPACK-Based Physics Learning with the PBL Model to Improve Students’ Critical Thinking Skills. International Journal of Active Learning. journal.unnes.ac.id+1journal.unj.ac.id+1

Downloads

Published

2025-08-02

Issue

Section

Articles