PengembanganTes Miskonsepsi Ranah Kognitif Pada Materi Suhu dan Kalor
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.1247Keywords:
Miskonsepsi, four-tier, suhu, kalor, Quizizz.Abstract
Pembelajaran fisika sering menghadapi masalah miskonsepsi. Kesalahpahaman ini dapat mengakibatkan siswa mengalami kesulitan saat mempelajari materi selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menguji alat tes diagnostik four-tier berbasis aplikasi Quizizz yang digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa terkait materi suhu dan kalor di tingkat MAN. Metode yang diadopsi adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D, yaitu Define, Design, Develop, dan tanpa tahap Disseminate. Proses pengembangan instrumen dilakukan melalui validasi dari enam validator ahli dan diuji cobakan kepada 63 siswa kelas XI IPA di salah satu MAN di Kabupaten Garut. Hasil dari validasi menunjukkan semua item soal valid baik dari segi ahli maupun statistik, dengan tingkat reliabilitas yang tinggi (koefisien Cronbach's Alpha yang tergolong tinggi). Soal yang ada umumnya memiliki tingkat kesukaran sedang (60%), sementara daya pembeda soal menunjukkan mayoritas memiliki kualitas baik (indeks 0,31–0,50). Dari uji coba, terungkap bahwa tingkat miskonsepsi siswa mencapai 31,82%, yang tidak memahami konsep sebesar 50%, dan yang memahami konsep hanya 18,18%. Alat ini efektif sebagai sarana evaluasi diagnostik guna mendeteksi dan menyelesaikan miskonsepsi siswa, serta dapat digunakan sebagai pedoman untuk pengembangan tes serupa pada materi lainnya. Penggunaan Quizizz terbukti berhasil meningkatkan motivasi dan efektivitas dalam penilaian. Instrumen four-tier ini mendukung peningkatan kualitas pembelajaran fisika melalui identifikasi miskonsepsi yang lebih tepat dan terarah.
References
Agus Rustamana, Khansa Hasna Sahl, Delia Ardianti, & Ahmad Hisyam Syauqi Solihin. (2024). Penelitian dan Pengembangan (Research & Development) dalam Pendidikan. Jurnal Bima : Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(3), 60–69. https://doi.org/10.61132/bima.v2i3.1014
Assadi, & Ubabuddin. (2023). PENGEMBANGAN EVALUASI DAN ALAT TES DALAM PEMBELAJARAN PAI BERBASIS IT DI MI ASY-SYAFI’IYYAH KOTA SINGKAWANG. ILJ. Islamic Learning Journal (Jurnal Pendidikan Islam).
Boro, A. M., Okyranida. Indica Yona, & Astuti, I. A. D. (2020). PENGEMBANGAN_INSTRUMEN_FOUR_TIER_TEST_PADA KONSEP USAHA DAN ENERGI. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fisika.
Fakhri Ramadhan, M., Siroj, R. A., Win Afgani, M., Raden Fatah Palembang, U., H Zainal Abidin Fikri, J. K., Kemuning, K., Palembang, K., & Selatan, S. (2024). Validitas and Reliabilitas. Journal on Education, 06(02), 10967–10975.
Habellia, R. C., Maria, H. T., & Hidayatullah, M. M. S. (2021). Pengembangan two tier diagnostik test untuk mendeteksi miskonsepsi siswa sma pada materi gerak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 10(2), 195–201. https://doi.org/10.31571/saintek.v10i2.3222
Islamiyah, A. U., & Yuliani. (2024). VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN TES MISKONSEPSI PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST PADA KONSEP RESPIRASI. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu
Israwati, S., Sirih, M., Arfa Yanti, N., Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Kendari, D., Pendidikan Biologi dan, J. S., IPA Pascasarjana UHO, P., & Biologi dan, J. S. (2022). PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK FOUR TIER TEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK DI SMP. In Penelitian dan Pembelajaran IPA (Vol. 4, Issue 2).
Kaniawati, I., Fratiwi, N. J., Danawan, A., Suyana, I., Samsudin, A., & Suhendi, E. (2019). Analyzing students’ misconceptions about Newton’s Laws through Four-Tier Newtonian Test (FTNT). Journal of Turkish Science Education, 16(1), 110–122. https://doi.org/10.12973/tused.10269a
Laila, I., Laila STAI Sangatta, I., Pariati, E., Widyati, E., Soekarno Hatta, J., Lingga, T., Sangatta Utara, K., Kutai Timur, K., & Timur, K. (2024). Pengembangan Tes-tes Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.47861/jdan.v2i1.1139
Mubarak, S., Artikel, I., & Artikel, G. (2024). PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK FOUR-TIER UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI KONSEP MOL DAN STOIKIOMETRI. 4, 34–49. https://doi.org/10.18592/ak.v4i1.13838
Nikat*, R. F., Algiranto, A., Loupatty, M., & Henukh, A. (2022). Pemahaman Konsep Dinamika dan Kinematika Berdasarkan Conceptual Knowledge Melalui Aplikasi Game Quizizz. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(2), 218–230. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i2.23418
Octavia Sandra, R., & Agus Kurniawan, D. (2022). PENGEMBANGAN INSTRUMENT MISKONSEPSI MENGGUNAKAN DREAMWEAVER BERBASIS WEB PADA MATERI TEKANAN BERFORMAT FIVE-TIER (Vol. 7, Issue 1).
Okpatrioka. (2023). Okpatrioka STKIP Arrahmaniyah. Junal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1.
Pradita, E., Megawanti, P., & Indraprasta PGRI, U. (2023). Analisis Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, dan Fungsi Distraktor PTS Matematika SMPN Jakarta. In Original Research.
Riani Johan, J., Iriani, T., & Maulana, A. (2023). Penerapan Model Four-D dalam Pengembangan Media Video Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan. In Jurnal Pendidikan West Science (Vol. 01, Issue 06). Juni.
Rosita, I., Liliawati, W., & Samsudin, A. (2020). Pengembangan Instrumen Five-Tier Newton’s Laws Test (5TNLT) Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi dan Penyebab Miskonsepsi Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(2), 297–306. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i2.2018
Saputra, L. Z., Halim, M. A., & Busyairi, A. (2024). Studi Kajian Literatur: Analisis Miskonsepsi Materi Usaha dan Energi pada Siswa SMA. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 6(2). https://doi.org/10.29303/jppfi.v6i2.646
Silaban, B., Surbakti, M. B., Silaban, I. J. A., & Purba, J. (2024). Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik SMA Melalui Tes Diagnostik Four-Tier pada Hukum Newton. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 12(2), 260. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v12i2.13688
Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). ANALISIS KESUKARAN SOAL, DAYA PEMBEDA DAN FUNGSI DISTRAKTOR.
Veronicca, R., Gunawan, Harjono, A., & Ardhuha, J. (2020). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MOMENTUM DAN IMPULS PESERTA DIDIK. Indonesian Jurnal of Applied Science Anf Tecnology.
Zamsiswaya, Sawaluddin, & Sihombing, B. (2024). Model Pengembangan 4D (Define, Develop, dan Disseminate) dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Journal of Islam Education El Madani.
Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz Dalam Penilaian Pembelajaran Pada Materi Ruamh Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.6 SMA & Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati.
Hidayati, I. D., & Aslam (2021). Efektifitas Media Pembelajaran Aplikasi Quizizz Secara Daring Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran.
Putri, N. A., & Jauhariyah, M. N. R., (2021). Penilaian Higher Order Thinking (HOTS) Menggunakan Quizizz Pada Materi Usaha Dan Energi. Kappa Journal
Astuti, I. A., Bhakti, Y. B., & Prasetya, R., (2021). Four-Tier Magnetic Diagnostic Test (4T-MDT): Instrumen Evaluasi Medan Magnet Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah)
Leoni, L., Maison, & Muslimah., (2020). PENGEMBANGAN INSTRUMEN FOUR-TIER UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI OPRASI BENTUK AKAR. Jurnal Pendidikan Matematika.
Jannah, R,. & Rahmi, I. (2020). PENGEMBANGAN E-DIAGNOSTIC FOUR-TIER TEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK. Natural Science: Jurnal Peneliian Bidang IPA dan Pendidikan IPA
Wahyudi, F., Didik, L. A., & Bahtiar., (2021). PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER TEST DIAGNOSTIK UNTUK MENGANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN DAN MISKONSEPSI SISWA MATERI ELASTISITAS. RELATIVE: Journal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika