Pengaruh Metode Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 32 Cakranegara Tahun Ajaran 2025
Authors
Ainun Asmawati , Muhammad Makki , HusniatiDOI:
10.29303/goescienceed.v6i3.1245Published:
2025-07-20Issue:
Vol. 6 No. 3 (2025): Agustus (In Press)Keywords:
Pemahaman Siswa. Pembelajaran kooperatif, Reciprocal Teaching.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode reciprocal teaching terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design dan dengan desain penelitian kuantitatif yang dilakukan oleh dua kelas yang masing-masing kelas terdapat 30 peserta didik di SDN 32 Cakranegara. Objek penelitian ini adalah metode Reciprocal Teaching terhadap kemampuan membaca pemahaman pelajaran bahasa Indonesia bab 8 sehatlah ragaku. Teknik yang digunakan adalah tes, dokumentasi dan observasi. Setelah mendapat dapat data yang dikumpulkan, data tersebut akan dianalisis dengan uji statistik. Analisis data akan dimulai dari uji normalitas data menggunakan rumus Kolmogorov-Smirnov dapat diketahui nilai signifikansi uji normalitas pre-test dan post-test kemampun berhitung perkalian pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masalah lebih besar dari 0,05 dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Kemudian, akan dilakukan uji homogenitas data diketahui nilai signifikansi (sig) pada pre-test kelas eksperimen sebesar 0,913 dan pre-test kelas kontrol sebesar 0,855. Kemudian nilai signifikansi (sig) pada post-test kelas eksperimen sebesar 0,855 dan post-test kelas kontrol sebesar 0,892 yang berarti semua data > 0,05 dapat dinyatakan bahwa data homogen . Setelah itu, peneliti melakukan uji hipotesis dengan uji t menggunakan uji independent sample t-test. Dari hasil pengujian hipotesis yaitu Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan siswa antara sebelum dan setelah mendapat perlakuan menggunakan permainan kereta api perkalian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode Reciprocal Teaching berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 32 Cakranegara.References
Abidin, Y. (2016). Revitalisasi Penilaian Pembelajaran,Bandung: PT Refika Aditama.
Ahuja, Pramila. 2010. Membaca Secara Efektif Dan Efisien. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.
Aini, Q., Rahmatullah, M., & Nurhalimah, S. (2023). Strategi Reciprocal Teaching dan kreativitas siswa kelas III SD Negeri Genukwatu 2. Jurnal Pendidikan Dasar Kampus, 4(3), 105–112. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4731
Akhir, M. (2017). Penerapan strategi belajar reciprocal teaching terhadap kemampuan membaca pada siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(2), 30. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i2.9313
Arikunto, Suharsimi. (2010). P rosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Budiyanto, F. A., Novita, A., & Zaini, M. (2023). Penerapan Reciprocal Teaching untuk meningkatkan berpikir kritis siswa SD Negeri 79 Jambi. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 1230–1238. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.2001
Dalem, A. A. I. A. M. (2025). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery Berbantuan PhET untuk Menigkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoscieceEd Jurnal), 6(2), 1072-1082. Doi: https://doi.org/10.29303/Geoscienceed.v6i2.1097
Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Dewi, R. M. D., Taufiq, M., Hamdi, Z., & Zohrani, Z. (2024). Pengaruh model Reciprocal Teaching terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 4 Rumbuk Kecamatan Sakra. Buletin Ilmiah Pendidikan, 3(2), 95–100. https://doi.org/10.56916/bip.v3i2.980
Eryanti, Aning. S,dkk (2025). Pengembangan Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN Gugus 2 Pekat. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.311
Gita, dkk. (2014). Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Pemahaman konsep dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. (Online).. Diakses dari https://www.neliti.com/id/Publications/index./123032/pengaruh-model-reciprocal-teaching-terhadap-pemahaman-konsep-dan-motivasi-belaja.
Hendrisman, & Yanis, R. (2021). Pengaruh Reciprocal Teaching pada keterampilan menulis teks fantasi siswa SMP. KIBASP, 6(1),35–42. https://doi.org/10.31539/kibasp.v6i1.4696
Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ifadhoh, I., Rochmah, L., & Susanti, D. (2023). Implementasi Reciprocal Teaching untuk keterampilan komunikasi siswa SD Pedurungan Lor 02. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 2215–2224. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.684
Laily, Idah Farida. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. (Online). Mathematics Education Learning And Teaching. Diakses dari https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/eduma/article/view/8. (Diakses pada tanggal 31 agustus 2022)
Lestari, D. N. (2025). Pengaruh model pembelajaran Reciprocal terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Desa Lama. Jurnal TERPADU: Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 421–429. https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/62
Maspufah. (2019). Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa dengan Menggunakan Strategi Reciprocal Teaching. J-SHMIC: Journal of English for Academic, 6(1), 26–32. https://doi.org/10.25299/jshmic.2019.vol6(1).2639
Muslich, Mansur. 2009. KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Malang: PT Bumi Aksara
Noriasih, Ni Ketut. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Pemahaman Bacaan Ditinjau dari Konsep Diri Akademik Siswa. (Online). Jurnal IKA Undiksa. Diakses dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1987.
Nurazizah Anisa,dkk. (2019). Penerapan Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Kelas IV SD. (Online). Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Diakses dari https://ejurnal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/view/22902.
Nurhadi. 2010. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca?. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Rahim, Farida. (2009). Pengajaran Membaca di SD. Jakarta: Bumi Aksara.
Rifianti, S., Mardiah, N., & Mahyuddin, R. (2018). Efektivitas strategi Reciprocal Teaching dan KWL terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa SD. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 6(1), 45–53. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/3042
Sari, A. P., Makruf, I., & Saharuddin, R. (2023). Pengaruh Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SD Inpres Borong Jambu II. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(2), 85–94. https://doi.org/10.61290/bio.v10i2.705
Sehati Kaban &Tria Lutmila, “Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pondok Labu 12 Pagi Jakarta Selatan”. (Online) . Jurnal Ilmiah PGSD. Diakses dari https://ejournal.unj.ac.id/unj/index.php/pgsd/article/view/7990.
Shoimin, Aris. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz media.
Sholeha, M., Nisa, K., & Rahmatih., N., A. “Pengaruh Model PjBL-STEM Terhada Kemampuan Berikir Kritis Pada Materi Bangun Datar SDN 37 Cakranegara. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoscieceEd Jurnal), 6(3), 1201-1207. Doi: https://doi.org/10.29303/Geoscienceed.v6i3.1181
Soedarso. 2002. Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sucihati, T. B. (2021). Keefektifan Reciprocal Teaching Strategy dalam kemampuan membaca siswa SMK PGRI Ngawi. Jurnal Bahasa dan Sastra, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.60155/jbs
Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Sudiana, I. N. 2007. Membaca. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tantri, Ade Asih Susiari. (2016). Hubungan antara Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Membaca Pemahaman. (Online). Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi. Diakses dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/AP/article/view/10096.
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trianto. (2009). mendesain model pembelajaran inovatif progresif. Surabaya:Kencana.
Tyas Fajar Afandi & Mahmudah. 2012. Penerapan Model pembelajaran Reciprcal Teaching (pengajaran Terbalik) untuk mencapai ketuntasan belajar. Surabaya: Fakultas Ekonomi UNESA.
Yefrina, J., & Miaz, Y. (2022). Pengaruh strategi Reciprocal Teaching dan pengetahuan awal terhadap berpikir kritis siswa kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 3(2), 198–207. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.5