Pengembangan Komik Berbasis Cerita Rakyat Bima Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Kelas IV SDN Gugus 4 Kecamatan Kilo

Authors

  • Nuraihan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram, Kota Mataram, 83125, Indonesia.
  • Moh. Irawan Zain Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram, Kota Mataram, 83125, Indonesia.
  • Setiani Novitasari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram, Kota Mataram, 83125, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.1238

Keywords:

ADDIE, Cerita Rakyat, Komik, Literasi Membaca, Pengembangan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan komik berbasis cerita rakyat Bima dan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari penggunaan komik berbasis cerita rakyat Bima untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca peserta didik kelas IV di SDN Gugus 4 Kecamatan Kilo yaitu SDN 05 Kilo dan SDN 13 Kilo. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang mencakup analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komik yang dikembangkan memperoleh tingkat kevalidan 93,75% dari ahli media dan materi, 91,25% dari ahli bahasa, yang semuanya dalam kategori sangat valid. Selain itu, komik ini juga dinyatakan sangat praktis dengan presentase 95% dari respon siswa pada uji coba kelompok kecil (8 siswa) dan 92,5% pada uji coba kelompok besar (14 siswa). Efektivitas penggunaan komik terbukti dengan nilai hasil uji t yaitu sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan komik berbasis cerita rakyat Bima dapat meningkatkan kemampuan literasi membaca peserta didik kelas IV  SDN Gugus 4 Kecamatan kilo.

References

Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5573-5581. https://doi.org/10.32665/jurmia.v5i1.3280

Anugrah, A., Istiningsih, S., & Zain, M. I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis Game Edukasi Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VI SDN 48 Cakranegara. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(3), 208-216. https://jurnal.educ3.org/index.php/pendagogia/article/view/81

Athifah, N., Zain, M. I., & Ermiana, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Pantun. DOI: 10.29303/jcar.v4i3.2063

Bunyamin, B. (2018). Ampa fare: tradisi menyimpan padi masyarakat Wawo-Bima Nusa Tenggara Barat. http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/sites/default/files/Ampa%20Fare%20ISI-FINAL.pdf

Fatimah, N., & Ningsyih, S. (2021). Pengembangan Media Komik Interaktif Cerita Mbojo Berbasis Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4). http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/index

Hidayah, N., Intiana, S. R. H., Erfan, M., & Zain, M. I. (2024). Pengembangan Komik Cerita Rakyat Berbasis Kearifan Lokal Suku Mbojo Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (Geoscienceed Journal), 5(4), 779-789. DOI: 10.29303/goescienceed.v5i4.465

Manga, D., & Rusliana, F. (2024). Penerapan Media Gambar Flashcard untuk Mengenalkan Nilai-Nilai Agama dan Moral bagi Anak Usia Dini. ECEJ: Early Childhood Education Journal, 2(1), 7-13. https://doi.org/10.62330/ecej.v2i1.184

Prayogi, A., Mulyati, Y., Sastromiharjo, A., & Damaianti, V. S. (2023). Peran Pengajaran Membaca dan Menulis dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Esai Argumentasi. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(1), 141-154. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i1.567

Rijal, A. (2021). Pengembangan komik sebagai media pembelajaran matematika untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 79-90. https://doi.org/10.33603/caruban.v4i2.5322

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. https://digilib.unigres.ac.id/?p=show_detail&id=43

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. In CV. Alfabeta. ALFABETA.

Hafis, C., Ashari, A., & Ngazizah, N. (2022). Multimedia interaktif berbasis literasi sains dan karakter bagi siswa sekolah dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(4), 246-252. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i4.196

Hati, I. A. P. D. P. (2021). Progam Peduli Literasi: Progam Inovatif Peduli Literasi di Kalangan Siswa Demi Mewujudkan Generasi Emas. Pemupukan Budaya Literasi, Toleransi, dan Budi Pekerti: untuk Membangun Sakura yang Berprestasi, 39. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=3OZaEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA39&dq=related:GKhGhbodtQsJ:scholar.google.com/&ots=yACaQlinuw&sig=Kb5-aSiDjuapQ7w2_wX5EnTzf_E&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Suparmi, S., Rahmawati, P., Widakdo, R., Gusparenady, R. C., & Fathina, R. A. (2024). PERAN BUKU KOMIK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(01), 58-70. https://doi.org/10.53977/ps.v4i01.1684

Dahlan, M. M., Ratmanto, A., Novianti, A., Rochman, A., Winda, D. A., Prasetya, H. E., ... & Priyono, Y. (2009). Gelaran Almanak Seni Rupa Jogja 1999-2009. I: BOEKOE & Gelaran Budaya.

Rahmani, D. A., Risnawati, R., & Hamdani, M. F. (2025). Uji T-Student Dua Sampel Saling Berpasangan/Dependend (Paired Sample t–Test). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(2), 568-576. https://doi.org/10.31004/jpion.v4i2.420

Amir, N. A., Irfan, M., & Raihan, S. (2024). Analysis of Elementary School Students' Reading Literacy Ability in" Kurikulum Merdeka" Learning in Bulukumba Regency. Pinisi Journal of Education, 4(2), 224-235. https://journal.unm.ac.id/index.php/PJE/article/view/1642/1029

Rosiana, W., Angga, P. D., & Tahir, M. (2023). Pengembangan Media Literasi Fisik (Melifis) bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2), 964-975. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4707

Astutik, A. F., & Suprijono, A. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Dalam Pembelajaran IPS Sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik Kelas V SDN Geluran 1 Taman. Jurnal Education And Development, 9(3), 542-554. https://doi.org/10.37081/ed.v9i3.2894

Hasanah, U., Junaidi, E., Ahmad, A., & Supriadi, S. (2025). Implementasi Model Pembelajaran Teaching at The Right Level (TaRL) dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(3), 1141-1148. https://doi.org/10.29303/geoscienceed.v6i3.659Article

Downloads

Published

2025-07-20

Issue

Section

Articles