Pengaruh Penggunaan Media Gambar Bercerita Terhadap Peningkatan Kosakata Dasar Anak Usia Dini Kelompok B Di TK Kartini Ubung Kecamatan Jonggat

Authors

  • Sherina Gita Universitas Mataram
  • Muhammad Tahir
  • I Made Suwasa Astawa
  • Fahruddin

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.1225

Keywords:

Media Gambar Bercerita, Peningkatan Kosakata Dasar, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penggunaan media gambar bercerita terhadap peningkatan kosakata dasar pada anak usia dini kelompok B di TK Kartini Ubung Kecamatan Jonggat. Penelitian ini dilakukan di TK Kartini Ubung Kecamatan Jonggat. Subjek pada penelitian ini adalah 34 peserta didik pada kelompok B. jenis penelitian yang diguakan adalah quasi eksperimen dengan desain Control Group Pre-test Post-test. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan diataranya yaitu uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh penggunaan media gambar bercerita terhadap peningkatan kosakata dasar anak usia dini kelompok B. Hal tersebut didukung dengan hasil uji Independent Sample Test. Yang di proleh yaitu Sig (2-tailed) sebesar 0,000 (< 0,05). Sehingga dapat di simpulkan bahwa penggunaan media gambar bercerita berpengaruh terhadap peningkatan kosakata dasar anak usia dini kelompok B di TK Kartini Ubung Kecamatan Jonggat Tahun ajaran 2024-2025.

References

Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2),119–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702

Azizah, S., Soraya, N., & Atika, N. (2022). Pengaruh Aktivitas Belajar Menggunakan Media Buku Gambar Bercerita terhadap Peningkatan Kosa Kata Dasar Anak di RA Dharma Wanita Oku Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1551–1558

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam,1(2),1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Andriyani, R., Masrul, M., & Fauziddin, M. (2018). Pengaruh Metode Becerita terhadap Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 1(1), 18–27. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.3

Cristiana Normalita de Lima, Dharma Gyta Sari Harahap, & Damaris Marlissa. (2023). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Bahasa Pada Anak Kelompok B di TK Yapis Merauke. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 202–210.

https://doi.org/10.47861/khirani.v1i2.324

Darmila, L., Hasibuan, H. B., & Nunzairina. (2018). Perkembangan Kokakata Anak Usia. Jurnal Raudhah,06(01),1–8. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/download/276/271

Darmawan, didit, Ramdhani, yulia rizki, & Harto, P. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif.

Fitriani, D., Fauzy, T., & Jaya, M. (2020). Pengaruh Media Pop Up Book Berbasis Cerita Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Kelompok B (Usia 5-6 Tahun) Di Paud Al-Huda Palembang Tahun 2019. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,2(1),15–26. https://doi.org/10.31851/pernik.v2i2.4177

Hati, F. S. (2023). Evaluasi Skor Pre-Test dan Post-Test Peserta Pelatihan Pelayanan Kontrasepsi bagi Dokter dan Bidan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan di BKKBN Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 7(1), 67–78. https://doi.org/10.37730/edutrained.v7i1.220

Haniah, N. (2020). Uji Normalitas Dengan Metode Liliefors. Statistika Pendidikan, 1, 1–17. http://statistikapendidikan.com

Lestariningsih, M. D., & Parmiti, D. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 71.

Nurjamiaty. (2011). Pemerolehan Bahasa Anak Usia Tiga Tahun Berdasarkan Tontonan Kesukaannya Ditinjau Dari Kontruksi Semantik. Edukasi Kultura, 2(2), 42–62.

Rahmawati, N., & Komalasari, D. (2014). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Penguasaan Kosa Kata Anak Usia 5-6 Tahun di TK Putera Harapan. Prodi PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Uiversitas Negeri Surabaya, 3(1), 5–6.

Rizki Amalia, E., Rahmawati, A., & Farida, S. (n.d.). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode Bercerita.

Sukmadinata, S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Ulya, Z. (2022). Analisis perilaku perencanaan investasi serta kontrol diri sebagai variabel moderasi. Jurnal InvestasiIslam,7(2),142–160. https://doi.org/10.32505/jii.v7i2.4971

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2

Zaman, B., Pd, M., & Eliyawati, H. C. (2010). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Media Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 34

Downloads

Published

2025-08-19

Issue

Section

Articles