Nilai-Nilai Pedagogis dalam Al-Qur’an: Analisis Tematik atas Ayat-Ayat tentang Metode Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.1205Keywords:
Al-Qur’an, metode pembelajaran, pendidikan Islam, karakter, literasiAbstract
Tulisan ini mengkaji relevansi metode-metode pembelajaran dalam Al-Qur’an dan penerapannya dalam dunia pendidikan Islam. Dengan merujuk pada beberapa ayat seperti Q.S. Al-‘Alaq: 1, Q.S. Hud: 120, Q.S. Al-Baqarah: 189, Q.S. Al-Kahfi: 77, dan Q.S. An-Nahl: 125, ditemukan bahwa Al-Qur’an tidak hanya berfungsi sebagai petunjuk spiritual, tetapi juga sebagai sumber inspirasi pedagogis. Ayat-ayat tersebut mengandung prinsip-prinsip pendidikan seperti metode membaca, bercerita, tanya jawab, demonstrasi, keteladanan, hikmah, ceramah, dan diskusi. Metode-metode ini mencerminkan pendekatan pendidikan yang menyeluruh, mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis metode pembelajaran yang terdapat dalam Al-Qur’an serta mengevaluasi relevansinya terhadap praktik pendidikan Islam kontemporer. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi (content analysis) terhadap ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan metode pembelajaran. Data dianalisis dengan menafsirkan makna ayat dan mengaitkannya dengan teori-teori pendidikan kontemporer. Dalam konteks pendidikan modern, nilai-nilai tersebut sangat relevan untuk membentuk peserta didik yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga tangguh secara karakter dan spiritual. Kajian ini menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai Qur’ani dalam metode pembelajaran dapat memperkaya sistem pendidikan Islam, sekaligus menjawab tantangan krisis karakter dan rendahnya budaya literasi di kalangan peserta didik.
References
Ahmad Syaifulloh, “Metode Pendidikan dalam Al-Qur’An (Kajian Tafsir Tematik),†Dinamika: Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman, no. 1 Vol. 2 (Juni, 2017), 120-121, diakses 22 Oktober 2022 https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/dinamika
Al Quran dan Terjemahan, Jakarta: Dharma Art, 2015.
Al Quran dan Tafsirnya: Edisi yang Disempurnakan, Jakarta: Widya Cahaya, 2011.
Asep Muhyidin, Odin Rosidin, Erwin Salpariansi, “Metode Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Kelas Awal,†Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPsd), no. 1 Vol. 4 (Maret, 2018), 31, diakses 21 Oktober 2022, https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/article/view/2464
Dede Salim Nahdi, Devi Afriyuni Yonanda, Nurul Fauziah Agustin, “Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA,†Jurnal Cakrawala Pendas, no. 2 Vol. 4 (Juli, 2018), 11, diakses 20 Oktober
https://core.ac.uk/download/pdf/228882831.pdf
Dwiyani Anggraeni, Sofia Hartati, Yuliani Nurani, “Implementasi Metode Bercerita dan Harga Diri dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini,†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, no. 2 (Juli 2019), 405, diakses 10 Oktober 2022, https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view
Hikmat Basyir, Hazim Haidar, Musthafa Muslim, Abdul Aziz Isma’il, terj. At-Tafsir al-Muyassar, Jakarta: Darul Haq, 2016.
https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan
https://www.google.com/search?q=metode+hikmah+adalah diakses 20 Oktober 2022.
https://www.google.com/search?q=metode+ceramah&rlz diakses 20 Oktober 2022.
https://www.google.com/search?q=metode+diskusi&rlz diakses 20 Oktober 2022.
Ismail bin Umar Al-Quraisyi bin Katsir Al-Bashri Ad-Dimasyqi, terj. Tafsir Ibnu Katsir, Depok: Gema Insani, 2019.
Jalaluddin Al-Mahalli dan Jalaluddin As-Suyuti, terj., Tafsir Jalalain, Jakarta: Ummul Quro, 2018.
Liarti Bt Rusli, “Metode Pembelajaran dalam Al Quran (Analisis terhadap Ayat-ayat Tarbawi),†Jurnal Inspiratif Pendidikan (JIP), no. 2, Vol. 8 (Desember, 2019), 61.
Justi Sitohang, “Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Sekolah Dasar,†Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH), no. 4 Vol. 3 (Desember, 2017), 682, diakses 21 Oktober 2022, file:///C:/Users/user/Downloads/4851-11739-1-SM.pdf
Kadar M. Yusuf, Studi Al Quran, Jakarta: Amzah, 2009.
Muhammad Afandi dkk, Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah, Semarang: Unisula Press, 2013.
Muhammad Quraish Shihab, Tafsir Al Mishbah, Jakarta: Lentera Hati, 2017.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.