Pengaruh Pendekatan STEAM (Science, Technology, Enginering, Art and Mathematics) Berbasis Inkuiri Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 3 Jerowaru
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.1186Keywords:
STEAM, Inkuiri, Hasil Belajar, IPA, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) berbasis inkuiri terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 3 Jerowaru. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan STEAM berbasis inkuiri dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik kelompok eksperimen maupun kontrol mengalami peningkatan hasil belajar. Namun, meskipun rata-rata gain kelompok eksperimen (22,31) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (18,65). peningkatan rata-rata yang lebih tinggi di kelas eksperimen tetap menunjukkan indikasi positif bahwa pendekatan STEAM berbasis inkuiri dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) dierima yang menyatakan adanya pengaruh pendekatan STEAM berbasis inkuiri terhadap hasil belajar siswa.
References
Arifin, U. F., Hadisaputro, S., & Susilaningsih. (2015). Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(2), 98–104. https://doi.org/10.15294/jpii.v4i2.4203
Fadhilah, P. N., Wardatussaidah, I., & Wardhani, P. A. (2024). Penerapan pendekatan STEAM dalam pembelajaran IPA di SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 9(1), 35–41. https://doi.org/10.21009/jpdn.v9i1.3502
Gymnastiar, A., Ismail, A., & Sunaengsih, C. (2024). Penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 11(2), 88–97. https://doi.org/10.24114/jipd.v11i2.39684
Kartikawati. (2023). Model pembelajaran STEAM dalam penguatan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(1), 59–68. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v12i1.53366
Marzuki, A. D., & Usman, U. (2024). Pemanfaatan media digital berbasis teknologi dalam pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi, 9(1), 75–82. https://doi.org/10.29303/jpst.v9i1.2894
Nasrah, N., Amir, R. H., & Purwanti, R. Y. (2021). Pendidikan karakter dalam penguatan kompetensi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(3), 320–330. https://doi.org/10.21831/jpk.v11i3.43162
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, R. (2019). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa SD. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1), 25–30. https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.199
Nuryadi, N., Astuti, D., Utami, S. M., & Budiantara. (2017). Statistika pendidikan: Konsep dan aplikasinya dalam penelitian pendidikan. Jurnal Statistika Pendidikan, 2(2), 145–156. https://doi.org/10.17509/jsp.v2i2.20298
Pratama, A. T., Limiansi, K., & Anazifa. (2020). Pemanfaatan teknologi 3D dan video dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(2), 134–142. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i2.18321
Qamaria, R. S., & Astuti. (2023). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 94–101. https://doi.org/10.26858/jpd.v6i2.32322
Sadiqin, I. K., Santoso, U. T., & Sholahuddin, A. (2017). Pembelajaran abad 21: Literasi dan keterampilan berfikir kritis. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(3), 10–15. https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i3.660
Saraswati, N. L., Dibia, I. K., & Sudiana. (2013). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Mimbar PGSD, 1(1), 41–50. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1270
Syamsu, F., Fetro, D., & Ratna. (2021). Model pembelajaran inkuiri dalam pendidikan sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Indonesia, 9(4), 421–428. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i4.27242
Triska-Amelia, D., & Wulandari, F. E. (2024). Implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar: Tantangan dan solusi. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8(1), 15–24. https://doi.org/10.21009/jpdi.v8i1.35678