Pengaruh Pendekatan STEAM (Science, Technology, Enginering, Art and Mathematics) Berbasis Inkuiri Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 3 Jerowaru

Authors

  • Ahmad Dedi Marzuki Institut Pendidikan Nusantara Global
  • Syaipul Pahru Institut Pendidikan Nusantara Global
  • Lia Rismawati Institut Pendidikan Nusantara Global
  • Meri Yuliani Institut Pendidikan Nusantara Global
  • Muhamad Ridwan Habibi Institut Pendidikan Nusantara Global
  • Fena Prayunisa Institut Pendidikan Nusantara Global

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.1186

Keywords:

STEAM, Inkuiri, Hasil Belajar, IPA, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) berbasis inkuiri terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 3 Jerowaru. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan STEAM berbasis inkuiri dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik kelompok eksperimen maupun kontrol mengalami peningkatan hasil belajar. Namun, meskipun rata-rata gain kelompok eksperimen (22,31) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (18,65). peningkatan rata-rata yang lebih tinggi di kelas eksperimen tetap menunjukkan indikasi positif bahwa pendekatan STEAM berbasis inkuiri dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) dierima yang menyatakan adanya pengaruh pendekatan STEAM berbasis inkuiri terhadap hasil belajar siswa.

References

Arifin, U. F., Hadisaputro, S., & Susilaningsih. (2015). Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(2), 98–104. https://doi.org/10.15294/jpii.v4i2.4203

Fadhilah, P. N., Wardatussaidah, I., & Wardhani, P. A. (2024). Penerapan pendekatan STEAM dalam pembelajaran IPA di SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 9(1), 35–41. https://doi.org/10.21009/jpdn.v9i1.3502

Gymnastiar, A., Ismail, A., & Sunaengsih, C. (2024). Penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 11(2), 88–97. https://doi.org/10.24114/jipd.v11i2.39684

Kartikawati. (2023). Model pembelajaran STEAM dalam penguatan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(1), 59–68. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v12i1.53366

Marzuki, A. D., & Usman, U. (2024). Pemanfaatan media digital berbasis teknologi dalam pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi, 9(1), 75–82. https://doi.org/10.29303/jpst.v9i1.2894

Nasrah, N., Amir, R. H., & Purwanti, R. Y. (2021). Pendidikan karakter dalam penguatan kompetensi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(3), 320–330. https://doi.org/10.21831/jpk.v11i3.43162

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, R. (2019). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa SD. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1), 25–30. https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.199

Nuryadi, N., Astuti, D., Utami, S. M., & Budiantara. (2017). Statistika pendidikan: Konsep dan aplikasinya dalam penelitian pendidikan. Jurnal Statistika Pendidikan, 2(2), 145–156. https://doi.org/10.17509/jsp.v2i2.20298

Pratama, A. T., Limiansi, K., & Anazifa. (2020). Pemanfaatan teknologi 3D dan video dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(2), 134–142. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i2.18321

Qamaria, R. S., & Astuti. (2023). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 94–101. https://doi.org/10.26858/jpd.v6i2.32322

Sadiqin, I. K., Santoso, U. T., & Sholahuddin, A. (2017). Pembelajaran abad 21: Literasi dan keterampilan berfikir kritis. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(3), 10–15. https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i3.660

Saraswati, N. L., Dibia, I. K., & Sudiana. (2013). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Mimbar PGSD, 1(1), 41–50. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1270

Syamsu, F., Fetro, D., & Ratna. (2021). Model pembelajaran inkuiri dalam pendidikan sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Indonesia, 9(4), 421–428. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i4.27242

Triska-Amelia, D., & Wulandari, F. E. (2024). Implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar: Tantangan dan solusi. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8(1), 15–24. https://doi.org/10.21009/jpdi.v8i1.35678

Downloads

Published

2025-07-31

Issue

Section

Articles