Inovasi Pedagogi Guru Dalam Pembelajaran IPS: Sebuah Systematic Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.1185Keywords:
Inovasi Pedagogi, Pembelajaran IPS, Guru IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan inovasi pedagogi yang telah diterapkan guru dalam pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan SD, SMP, SMA. Metode yang digunakan adalah systematic literature review (SLR) dengan menganalisis 32 artikel ilmiah yang dipublikasikan antara tahun 2020 hingga 2024. Proses seleksi artikel mengikuti tahapan identifikasi, screening, eligibility, dan included berdasarkan kriteria yang ditentukan. Hasil kajian menunjukkan bahwa bentuk inovasi pedagogi dan tempat jenjang pendidikan telah diterapkan guru dalam pembelajaran IPS sangat beragam, meliputi 1) Pendekatan berbasis teknologi seperti TPACK, e-modul, AR; 2) Model pembelajaran aktif seperti PBL, Discovery Larning, Coopeartif Learning, SFAE, Circuit Learning; dan 3) Integrasi nilai lokal (etnopedagogi, tradisi budaya). Inovasi paling banyak ditemukan pada jenjang Sekolah Dasar (SD), disusul Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan paling sedikit pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Kajian ini juga menyarankan perlunya pemerataan inovasi pedagogi di seluruh jenjang serta pentingnya dukungan infrastruktur, pelatihan guru, dan pendekatan yang lebih kontekstual serta partisipatif.
References
Antika, R. R. (2014). Proses pembelajaran berbasis student centered learning (Studi deskriptif di sekolah menengah pertama Islam Baitul ‘Izzah, Nganjuk). BioKultur, 3(1), 251-263
Adiutami, N. K. E., & Sujana, I. W. (2022). Aplikasi Android berorientasi teori Ausubel pada muatan IPS. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 150-159.
Ahmad Tarmizi Hasibuan dkk., “Professionalisme Guru MI di Era Kebebasan (Merdeka Belajar),†MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies
Allen, K. R. (2023). Activating hip-hop pedagogy in the social studies classroom. Social Education, 87(3), 172-177.
Aristiani, N. K. R., & Agung, A. A. G. (2022). E-Book: Innovative digital learning media for social science lessons for fifth-grade elementary school. Journal for lesson and learning studies, 5(3), 410-419.
Dewi, N. M. R., & Widiana, I. W. (2020). Question Box Dalam Pembelajaran IPS Dengan Model Creative Problem Solving Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 164-174.
Efendi, B. M. S., & Insani, N. (2024). Implementasi E-Modul Berbantuan Google Sites dengan Model PBL dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 402-416.
Ghufron, S., Rulyansah, A., & Saputri, T. (2024). Effectiveness of Innovative Learning Media in Elementary Schools during the COVID-19 Pandemic. Pegem Journal of Education and Instruction, 14(3), 230-242.
Haryadi, D., & Islamiah, M. (2021). Evaluasi Kompetensi Guru SMA di Manggelewa Dompu. Jurnal Inovasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 111–122
Kitchenham, B., & Charters, S. (2007). Guidelines for performing systematic literature reviews in software engineering. UK
Raharjo, Y. K. (2021). Pengembangan model pembelajaran sejarah kepemimpinan berbasis pedagogi reflektif untuk meningkatkan sikap kepemimpinan siswa SMA. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 11(2), 173-187.
Laia, B. (2020). Penggunaan pendekatan pembelajaran inovatif berbasis Deep Dialogue/Critical Thinking terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu.
Landya Zhafirah, N., Muchtar, & Linguistika, Y. (2022). Implementasi pendekatan TPACK dalam pembelajaran pada muatan IPS kelas IV SDN Rampal Celaket 2.
Lestari, N. K. A. S., & Sujana, I. W. (2021). Video pembelajaran berbasis model discovery learning pada muatan IPS kelas IV sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 117-126.
Maulidah, N., Sapriya, S., & Supriatna, N. (2023). Desain Pedagogi Kreatif Berbasis Teknologi Digital dalam Pengembangan Pembelajaran IPS SD Untuk Menstimulasikan Kebiasaan Berpikir Kreatif. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 337-351.
Mangkhang, C., Kaewpanya, N., Sombun, T., & Pangchan, W. (2021). The" Mahaboworn" Model of Social Studies Learning Network Innovation to Develop of Indigenous History Learning Resources in Northern Thailand. Journal of Education and Learning, 10(5), 177-186.
Muhammad Rifa'i, R. A. (2017). Inovasi pendidikan: Melejitkan potensi teknologi dan inovasi pendidikan. Medan: CV. Widya Puspita3 , no. 1 (2023): hal. 149
Mulyadi, G. A., Rusdinal, & Firman. (2021). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Siswa Menghadapi Revolusi Industry 4.0. Syntax Idea, 3(3), 520–532.
Muryani, C., & Ni’matussyahara, D. (2024). Strengthening student empathy in GeoCapabilities: Digital learning innovations and pedagogical strategies for disaster mitigation. Contemporary Educational Technology, 16(3), ep521.
Naadhiroh, F., & Amaliyah, N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Team Quiz pada Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 7(3), 344-350
Nafriadi, O., & Hastut, H. (2020). Ethno IPS: Inovasi Dart Game sebagai media pembelajaran sejarah di SMA.
Nasution, T. (2023). Inovasi pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. CV. Pusdikra Mitra Jaya
Nurhaniah, N. (2023). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Mata pelajaran IPS Melalui Metode Index Card Match di kelas 7a pada SMP Negeri 1 Anggana. social: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 3(2), 82-87.
Purnamawati, L., & Mulyana, E. (2022). Inovasi Pembelajaran IPS Melalui Adobe Animate Creative Cloud. Jurnal Pendidikan Ips, 12(1), 13-23.
Pernantah, P. S., Rizka, M., Ibrahim, B., & Syafiq, A. (2022). Nilai tradisi Bara’an Melayu Bengkalis sebagai sumber penguatan karakter dalam pembelajaran IPS.
Prasetya, S. P., Hidayati, A., Farid, J. A., Listari, T., Ardiansyah, R., & Chanthoeurn, D. (2024). Development of Augmented Reality Atlas Volcano Series Media in Social Sciences Learning. TEM Journal, 13(4).
Pratami, A. Z., Suhartono, S., & Salimi, M. (2019). Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(2), 164–174. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i2.23535
Rahmah, A., & Supriadi, A. (2024). Implementasi Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) Sebagai Upaya Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPS. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(4 Nopember), 4903-4914.
Regiani, E., Amaliyah, S., & Rustini, T. (2023). Analisis Problematika Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar Negeri Arcamanik 02 Bandung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5
Riniwanti, R., Nursalam, N., & Arifin, J. (2024). Pengembangan Media Audio Visual Interaktif Berbasis Kinemaster dalam Pembelajaran IPS pada Peserta Didik Kelas V UPTD SDN 14 Samanggi Kabupaten Maros. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 263-277.
Rizkyah, A. S., Syafitri, D., & Sujarwo. (2024). Peran Guru Dalam Pembelajaran IPS Di Era Revolusi Industri 4.0. Cendikia Pendidikan, 3(10), 19–28.
Richardson, P. W., & Watt, H. M. G. (2005). ‘I’ve decided to become a teacher’: Influences on career change. Teaching and Teacher Education, 21(5), 475– 489. https://doi.org/10.1016/j.tate.2005.03.007
Rumianda, L., Soepriyanto, Y., & Abidin, Z. (2020). Gamifikasi pembelajaran Sosiologi materi ragam gejala sosial sebagai inovasi pembelajaran Sosiologi yang aktif dan menyenangkan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 125-137.
Rusadi, B. E., Widiyanto, R., & Lubis, R. R. (2019). Analisis Learning and Inovation Skills Mahasiswa Pai Melalui Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Keterampilan Abad 21. Jurnal Conciencia, 19(2), 112–131. https://doi.org/10.19109/conciencia.v19i2.4323
Saidiharjo, (2004). Pengembangan Kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Yogyakarta: UNY
Sanjaya, Wina. 2006. “Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikanâ€. Bandung: Kencana.
Somantri, N (2021). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosda Karya
Taryunita, D. A., & Japa, I. G. N. (2020). Model Circuit Learning berbantuan media audio visual
Utami, V. D., & Asidiqi, D. F. (2023). Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Ips Sd Pada Era Disrupsi Abad 21. JURNAL PENDIDIKAN DASAR SETIA BUDHI (JPDS), 7(1), 23-30. terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD.
Tiyasrini, W. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Kegiatan Ekonomi Di Negara Asean Pada Siswa Kelas VI SDN Dawuhansengon II Tahun 2020. Educatif Journal of Education Research, 3(1), 208-217.
Ningsih, T. (2022). Inovasi Pembelajaran Ips Melalui Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack). Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1385-1395.
Widyarini, F., & Suharto, Y. (2025). Tantangan dan Inovasi dalam Pembelajaran IPS Sekolah Menengah Pertama di Era Globalisasi. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(2), 357-362.
Yongzhi, S. (2024). The Impact of Debate Lessons, Powered by Generative AI, on Student Learning. IAFOR Journal of Education, 12(3), 13-39.
Zafia, N. N. D., & Sujana, I. W. (2023). Media pembelajaran interaktif berbasis pembelajaran kontekstual muatan IPS pada materi kenampakan alam.
Zhafirah, N. L., Muchtar, & Linguistika, Y. (2022). Implementasi pendekatan TPACK dalam pembelajaran pada muatan IPS kelas IV SDN Rampal Celaket 2.
Zuniar, F. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) untuk Meningkatkan Pembelajaran IPS. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1).
Zufar At Thaariq, Z., Anggraini, R., & Hasanah, S. (2020). Ethno IPS: Inovasi materi pembelajaran IPS berbantuan unsur budaya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.