Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka ditijau dari Hasil Belajar IPA Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.1182Keywords:
TPACK, pendekatan saintifik, Kurikulum Merdeka, hasil belajar, IPA, pembelajaran inovatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) terhadap implementasi Kurikulum Merdeka ditinjau dari hasil belajar IPA siswa SMP. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya penerapan strategi pembelajaran yang mengintegrasikan konten, pedagogi, dan teknologi secara seimbang dalam menghadapi tantangan pembelajaran abad 21. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel terdiri dari 60 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jerowaru yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran TPACK berbasis saintifik dan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada kedua kelompok, namun kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan berdasarkan uji-t dengan nilai signifikansi 0.00000145 (p < 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan saintifik berbasis TPACK efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa IPA dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Dengan demikian, pendekatan ini dapat menjadi alternatif strategis dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di tingkat SMP.
References
Adullah, K., DKK. Metode Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zain, 2021
Ahmad DN, Sanjayanti A, Setyowati L. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Sains. EDUSAINTEK : Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi. 2024 Jun 13; 11(4) : 1677-93. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i4.1322.
Dr P. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung. 2018;25.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: Kunci sukses implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia. ISBN 978 979 450 683 7
Juniati N, Jamaluddin J. Penerapan ICT terhadap keterampilan saintifik peserta didik pada pembelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 2020 Nov 29;5(2):124-8. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.126.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2017). Ragam pengembangan model pembelajaran untuk peningkatan profesionalitas guru (Cetakan ke-5). Yogyakarta: Kata Pena. ISBN 978 602 1296 15 8.
Majid A, Rochman C. Pendekatan ilmiah dalam implementasi kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2014;67(2).
Mariana IM, Praginda W. Hakikat IPA dan pendidikan IPA. Bandung: PPPPTK IPA. 2009.
Muhammad M, Nurdyansyah N. Pendekatan pembelajaran saintifik. Siduarjo: Nizamia Learning Center. 2015
Pawartani T, Suciptaningsih OA. Pengembangan kompetensi guru untuk mendukung implementasi kurikulum merdeka. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 2024 Mar 6;7(3):2182-91. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3478.
Prayunisa F, Muhsinun M. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Dilengkapi Dengan Media Android Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Ipa Sma Muhammadiyah Masbagik. Jurnal Ilmiah Global Education. 2021 Jun 30;2(1):123-8. https://doi.org/10.55681/jige.v2i1.98.
Rahmadi IF. Technological pedagogical content knowledge (tpack): kerangka pengetahuan guru abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. 2019;6(1). http://dx.doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p65-74.
Restiana N, Pujiastuti H. Pengukuran Technological Pedagogical Content Knowledge untuk Guru Matematika SMA di Daerah Tertinggal. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 2019 Jan 31;8(1):83-94. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.537
Sari FI, Sunendar D, Anshori D. Analisis perbedaan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK). 2023 Jan 2;5(1):146-51. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10843.
Simanjuntak SD. Statistik penelitian pendidikan dengan aplikasi ms. excel dan SPSS. Jakad Media Publishing; 2020
Wijaya TT, Purnama A, Tanuwijaya H. Pengembangan media pembelajaran berdasarkan konsep Tpack pada materi garis dan sudut menggunakan hawgent dynamic mathematics software. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif). 2020 May 27;3(3):205-14. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i3.p%25p.
Yuliana. (2021). Pengembangan modul IPA berbasis Project Based Learning untuk menumbuhkan kreativitas peserta didik kelas VIII SMP [Research & Development]. Jurnal TPACK IPA, 1(1), 1–12. Online ISSN: 3032 7164. https://doi.org/10.31540/jpp.v17i2.2624