Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Website Menggunakan Google Sites Untuk Peserta Didik Kelas XI SMAN 12 Padang

Authors

  • Becky Meriska Hardani Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Aidhia Rahmi
  • Silvi Trisna

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.1142

Keywords:

Berbasis Website, Media Pembelajaran, Google Sites

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran fisika berbasis website menggunakan google sites yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development,  implementation, evaluation ). Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validitas dan pratikalitas. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa media pembelajaran fisika berbasis website menggunakan google sites pada mata pelajaran fisika kelas XI terkategori sangat valid persentase 84,09%. Selanjutnya media yang dikembangkan terkategori sangat praktis dengan persentase 87,84% dilihat pada aspek kemudahan penggunaan, waktu yang diperlukan, mudah diinterpresentasikan dan memiliki ekivalensi yang sama.

References

Fifit Firmadani. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660

Fransisca, M. (2017). Pengujian Validitas, Praktikalitas, dan Efektivitas Media E-Learning di Sekolah Menengah Kejuruan. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 17. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1091

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Ismawati, I., Mutia, N., Fitriani, N., & Masturoh, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google Sites Pada Materi Gelombang Bunyi. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(2), 140–146. https://doi.org/10.30998/sch.v2i2.4348

Kusuma, L. A. S., Tahir, M., & Sobri, M. (2024).

Pengembangan Media Pembelajaran Engklek

Monopoli Berbasis Etnopedagogi Sasak Dalam

Pembelajaran IPAS Kelas IV Di Sekolah Dasar

Negeri 5 Banyumulek. Jurnal Pendidikan, Sains,Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 5(3), 534-542.

29303 / goesvienceed.v5i3.428

Ma’ruf, A., Widiartin, T., & Prasetya, N. I. (2017). Sistem Pembelajaran Berbasis Web (E-Learning) Ma Darussalam Jombang. Melek IT, 3(2), 49–58. http://melekit.if.uwks.ac.id/index.php/printmelekit/article/view/281/pdf_32

Meiyuri, Yola. 2021. Pengembangan LKPD Berbantuan PhET Simulation Pada Materi Keseimbangan Kelarutan Di SMA Inshafuddin Banda Aceh. Skripsi

Milinia, G., Trisna, S., & Yanti, I. R. (2022). Ppengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Gelombang Bunyi Dan Cahaya. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 271. https://doi.org/10.24127/jpf.v10i2.5031

Muqdamien, B., Umayah, U., Juhri, J., & Raraswaty, D. P. (2021). Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Intersections, vol 6(1), 23-33

Nurmayani, L., Doyan, A., & Sedijani, P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(2), 2–7. https://doi.org/10.29303/jppipa.v4i2.113

Putri, N. K., Yuberti, & Hasanah, U. (2021). Physics and Science Education Journal ( PSEJ ). 1, 133–143.

Rayanto, Y. H., & Sugianti, S (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori &bPraktek. lembaga academic & research institute

Riduwan.(2013). Dasar-dasar statistika. bandung:alfabeta

Risal,Z., et al.(2020). Metode Penelitian Dan Pengembangan Research And Development (R&D) (Z. R. Bahar (ed); 1). Mlang: CV.Literasi Nusantara Abadi .2, 55-65.

Rosiyana, R. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Google Sites Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Jarak Jauh Siswa Kelas Vii Smp Islam Asy-Syuhada Kota Bogor. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(2), 217–226. https://doi.org/10.33369/jik.v5i2.13903

Sarnia, S., Japa, L., & Artayasa, I. P. (2024). Pengaruh

media pembelajaran kartu bergambar (flash

card) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas

X IPA MA dakwah islamiyah putri kediri

Lombok Barat. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi,

dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 5(1), 86-90.

29303/goescienceed.v5i1.296

Sevtia, A. F., Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1167–1173. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.743

Sidik. (n.d.). No Merancang Website Dalam Perspektif Desain Teori,Strategi dan Evaluasi.

Sulasmianti, N. (2021). Pembelajaran Berbasis Web dengan Google Sites. In Jurnal Wawasan Pendidikan dan Pembelajaran (Vol. 9, Issue 2). https://www.researchgate.net/publication/358657409_Pembelajaran_Berbasis_Web_dengan_Google_Sites

Sutopo, P., Cahyadi, D., & Arifin, Z. (2016). Sistem Informasi Eksekutif Sebaran Penjualan Kendaraan Bermotor Roda 2 di Kalimantan Timur Berbasis Web. Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 11(1), 23. https://doi.org/10.30872/jim.v11i1.199

Zainal, M., & Kasmawati, S. T. (2021). Optimalisasi Google Site sebagai Media Pembelajaran Berbasis Website pada Pembelajaran Jarak Jauh. Prosiding Nasional Pendidikan LPPM IKP PGRI Bojonegoro, 2(1), 42–51. https://doi.org/10.5281/zenodo.6508178

Downloads

Published

2025-08-30

Issue

Section

Articles