Pembelajaran Radec Berbantuan Mind Mapping untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XII IPS SMAN 2 Gerung
Authors
Hendra Gunawan , Hairil Wadi , Jepri Utomo , Masyhuri , Maria UlfaDOI:
10.29303/goescienceed.v6i3.1139Published:
2025-08-31Issue:
Vol. 6 No. 3 (2025): AgustusKeywords:
RADEC, Media Mind Mapping, dan Berpikir Kreatif Siswa.Abstract
Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran RADEC Berbantuan Mind Mapping untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS SMAN 2 Gerung. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tahapan dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi awal, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah adalah siswa kelas XI IPS SMAN 2 Gerung, sementara informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran sosiologi. Hasil penelitian siklus I menunjukkan penerapan model pembelajaran RADEC berbantuan Mind Mapping belum sepenuhnya terlaksana sebesar 66%, berpikir kreatif siswa terlaksana sebesar 64%. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan penerapan model pembelajaran RADEC berbantuan Mind Mapping sepenuhnya terlaksana sebesar 100%, berpikir kreatif siswa sebesar 79%.References
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292-299.
Aulia Febriyanti, Khoiri, M., & Saputra, R. (2021). Pengaruh model pembelajaran terhadap kreativitas siswa. Jurnal Pendidikan dan Inovasi, 5(2), 112-123.
Fajri, M., Taufik, M., & Rachman, M. (2016). Pentingnya model pembelajaran inovatif dalam meningkatkan minat dan perhatian siswa. Jurnal Pendidikan, 13(2), 80-90.
Harefa, D., Masturi, R., Amalia, M., Puspitaningrum, J., Judijanto, L., Dwiyanti, A., & Kamilah, A. (2024). Dasar ilmu hukum: Teori komprehensif & implementasi hukum di Indonesia. PT. Green Pustaka Indonesia.
Heriyanto, Wahyuningsih, Y., & Arifin, M. H. (2020). Berpikir kreatif dalam konteks pendidikan: Perspektif dan implementasi. Jurnal Psikologi Pendidikan, 7(2), 56-70.
Hidayat, Nugraha, M. F., & Pratiwi, A. S. (2020). Evaluasi penggunaan metode pembelajaran konvensional di sekolah. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 8(1), 34-47.
Jumanto, Hendrastomo, G., & Januarti, N. E. (2018). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif melalui model RADEC. Jurnal Riset Pendidikan, 10(2), 98-110.
Lukmanudin. (2018). Efektivitas model RADEC dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 3(4), 123-135.
Mansyur, M. (2018). Pembelajaran inovatif dalam konteks pendidikan siswa abad 21. Jurnal Pendidikan Inovasi, 14(2), 33-47.
Nugraha, W. S., Asy'ari, L., & Novianti, D. (2020). Pengaruh model pembelajaran RADEC berbantu media puzzle terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas V SDIT Bina Insan QurAni. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3).
Pratiwi, Mutmainnah, Resti, N., & Riandi, R. (2023). Mind Mapping sebagai teknik visualisasi dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kreatif, 5(3), 145-160.
Putra, H. D., Akhdiyat, A. M., Setiany, E. P., & Andiarani, M. (2018). Kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMP di Cimahi. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 47-53.
Rindiana, T., Arifin, M. H., & Wahyuningsih, Y. (2022). Model pembelajaran RADEC untuk meningkatkan higher order thinking skill dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 89-100.
Safitri, D. N., Suchaina, S., & Pradikto, S. (2024). Penggunaan model pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pembelajaran ekonomi kelas X di SMAN 1 Gondangwetan Kabupaten Pasuruan. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 6(8), 1-10.
Setiawan, D., Hartati, T., & Sopandi, W. (2019). Kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas 5 sekolah dasar melalui model Read, Answer, Disscuss, Explain, And Create: RADEC. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 1-16.
Setiawan, Fauzi, S. A., & Mustika, D. (2023). Penggunaan Mind Mapping dalam pembelajaran berbasis diskusi. Jurnal Kajian Pendidikan, 11(2), 210-225.
Sholihah, M. A. (2015). Penerapan model pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 8 Malang semester genap tahun ajaran 2013/2014. Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi dan Bisnis 2015. Sebelas Maret University.
Sopandi, W. (2017). RADEC: Model pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa. Jurnal Pendidikan dan Inovasi, 6(3), 98-112.
Sopandi, W., Anggraeni, P., & Iwanda, C. N. S. (2018). Sintaks model RADEC dan implementasinya dalam pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(1), 34-47.
Suparmini. (2021). Dampak model pembelajaran monoton terhadap kreativitas siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(2), 120-135.
Wadi, H., Taqwa, R., & Mulyanto, M. (2019). Masalah pembelajaran konvensional dalam pengajaran IPS. Jurnal Pendidikan IPS, 12(2), 80-91.
Wadi, H., Sofiana, I., & Yuanika, N. N. (2019). Evaluasi penerapan pembelajaran konvensional di sekolah. Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), 55-68.
Wadi, H., Sofiana, I., & Wadi, H. (2020). Metode ceramah dan tanya jawab dalam pembelajaran IPS. Jurnal Kajian Pendidikan, 5(1), 89-102.