Efektivitas Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan dan Pengurangan pada Siswa Kelas I SD Gilipanda Kota Bima
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.1111Keywords:
Media gambar, Kemampuan penjumlahan dan pengurangan, Pembelajaran matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media gambar dalam meningkatkan kemampuan penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas I SD Muhammadiyah Gilipanda, Kota bima. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksaan tindakan, observasi, refleksi. Data diperoleh melalui tes kemampuan matematika serta observasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar secara signifikan meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan. Pada siklus I, rata-rata nilai siswa mencapai 68, meningkat menjadi 82 pada siklus II. Selain itu keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran juga meningkat, ditandai dengan partisipasi aktif dan minat belajar yang lebih tinggi. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa media gambar efektif sebagai alat bantu pembelajaran matematika penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas I SD. Penggunaan media gambar mampu membuat siswa menjadi lebih mudah memahami pembelajaran matematika sejak usia dini.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.