Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery Berbantuan PhET untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA
Authors
Anak Agung Istri Adi Maheswary Dalem , Sutrio , Jannatin 'Ardhuha , WahyudiDOI:
10.29303/goescienceed.v6i2.1097Published:
2025-05-19Issue:
Vol. 6 No. 2 (2025): MayKeywords:
Kemampuan berpikir kritis, model discovery, pemahaman konsep, pengembangan perangkat pembelajaran, PhET.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengasilkan perangkat pebelajaran dengan model discovery berbantuan PhET yang layak, praktis serta efektif dalam meningkatkan pemahaman konssep serta kemampuan berpikir kritis peserta didik. Gelombang cahaya adalah materi fisika diterapkan pada modul ajar. Produk yang dikembangkan berupa modul ajar sesuai kurikulum merdeka belajar. Peserta didik XI MIPA 2 di SMAN 1 Mataram menjadi subjek dalam penelitian. Penelitian digunakan dengan metode research and development (R&D) serta model 4D oleh Thiagarajan. Data dikumpulkan dengan lembar validasi, angket respon dan lembar keterlaksanaan serta pre-test dan post-test. Validasi dilakukan oleh validator ahli serta praktisi. Kepraktisan didapatkan melalui angket respon dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Keefektifan didapatkan melalui nilai pre-test dan post-test dengan pengujian N-Gain. Hasil validitas produk sebesar 95,5% dengan kategori sangat valid, hasil reliabilitas sebesar 96,38% dengan kategori reliabel. Hasil kepraktisan produk dari lembar keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon secara berurutan sebesar 87,83% dan 92,29% termasuk kategori sangat praktis. Nilai N-gain untuk pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis secara berturut-turut sebesar 58% dan 59% termasuk kategori peningkatan sedang dan kriteria cukup efektif. Hasil tes memperlihatkan bahwa perangkat pembelajaran dalam penelitian ini layak, sangat praktis dan cukup efektif bagi peserta didik untuk meningkatkan pemahaman konsep serta kemampuan berpikir kritis mereka.References
Alfriani, N., Natsir., R. Y., & Yustina. Y. (2022). Model Pembelajaran Discovery Learning Dapat Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Seni Budaya Pada Siswa Kelas VII.II UPTD SMPN 19 Barru. Jurnal Guru Pencerah Semesta. 1(1):21-29. DOI: https://doi.org/10.56983/gps.v1i1.445
Amalia, R., Kosim, K., & Gunada, I. W. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi PhET Terhadap Sikap Ilmiah dan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 7(2b),747-756. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.702
Aminah, S., Doyan, A., & Hikmawati, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Berbantuan Simulasi PHET Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 1(1). DOI: https://doi.org/10.29303/jppfi.v1i1.15
Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Asessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.
Arifuddin, A., Sutrio, S., & Taufik, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kontekstual Berbasis Hands On Activity dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 894–900. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.631
Arpiawan, N., A, Syahrial., & Sutrio, S. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 7(2c), 974–979. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.361
Azizah, B. M. N., Rokhmat, J., Sutrio, S., & Susilawati, S. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Kausalitik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1219–1228.
DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.707
Budiman, B. (2021). Analisis Validitas dan Reliabilitas Perangkat Pembelajaran Model Penemuan Terbimbing Berbasis Home Visit. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 4(6): 450-454.
DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v4i6.304
Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Illinois:University of Illinois.
Farisa Nurillah, Sunardi, S., Suwito, A., & Yudianto, E. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Lingkaran Ditinjau Dari Kepribadian DISC. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 316-328. DOI: https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2853
Gunada, I. W., Ismi, R., Verawati, N. N. S. P., & Sutrio, S. (2023). Analisisis Tes Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Pada Materi Gelombang Bunyi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 8(1), 489–495.
DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1368
Gusnawati, Y., & Anwar, S. (2020). Analisis Level Soal Ulangan Akhir Semester (UAS) Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 Mata Pelajaran Geografi SMA/MA di Kota Padang. Jurnal Buana. 4 (1): 92.
DOI: https://doi.org/10.24036/buana.v4i1.732
Hasanah, Siti I., Susilawati S. & Rokhmat, J. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal). 3(1):26-31.
DOI: https://doi.org/10.29303/geoscienceed.v3i1.98
Isnaini, R., Gunawan, G., & Taufik, M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Materi Usaha dan Energi Berbasis Project Based Learning. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal). 2. 26-29.
DOI: https://doi.org/10.29303/geoscienceed.v2i2.128
Lestari, SAP., Gunawan., & Kosim (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendakatan Konflik Kognitif Berorientasi pada Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 5(1): 118.
DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v5i1.1161
Lubis, S. M. A., & Permatasari, D. (2023). Level of critical thinking ability in solving numeration problems in the minimum competency assessment. Desimal: Jurnal Matematika, 6(1), 63–72.
DOI:http://dx.doi.org/10.24042/djm.v6i1.14611
Maipita, I., Dalimunthe, M. B., & Sagala, G. H. (2021). The Development Structure of the Merdeka Belajar Curriculum in the Industrial Revolution Era. Proceedings of the International Conference on Strategic Issues of Economics, Business and, Education (ICoSIEBE 2020), 163. Atlantis Press.
DOI: https://doi.org/10.2991/aebmr.k.210220.026
Makhrus, M., Wahyudi, W., Taufik, M., & Zuhdi, M. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis CCM-CCA pada Materi Dinamika Partikel. Jurnal Pijar MIPA. 15(1): 54-58.
DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v15i1.1441
Miasari, N. P., Sumantri, M., & Renda, N. T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Sekitar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jounal for Lesson and Learning Studies. 3(2), 319-328.
DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27452
Nurjannah, E., Syahrial A., Doyan, A. & Sahidu, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media PhET untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keterampilan Generik Sains Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika, 2(1), 21-25.
DOI: https://doi.org/10.29303/goescienceedu.v2i1.127
Pratiwi, Medina S., Hikmawati, H., Makhrus, M., & Wahyudi, W. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning dengan Teknik Probing Prompting Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal). 3(1).
DOI: https://doi.org/10.29303/goescienceed.v3i1.171
Rahmawati, A. D., & Malik, A. (2024). Analisis Faktor yang Menyebabkan Penyimpangan Galvanometer dan Kondisi Lampu dengan Hukum Faraday Menggunakan Laboratorium Virtual PhET. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika Indonesia. 6(1).
DOI: https://doi.org/10.29303/jppfi.v6i1.261
Saputro, Budiyono. (2021). Best Practice Penelitian Pengembangan (Research And Development). Lamongan : Academia publication.
Solikha, N., Suchainah, & Rasyida, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology Terhadap Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa X Ips Man Kota Pasuruan. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial. 11(1): 31-42.
Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.I. (1974). Instructional development for training teacher of exceptional children. Bloomington Indiana: Indiana University.
Trilling, Bernie & Fadel, Charles. (2009). 21st Century Skills: Learning For Life In Our Times. USA: Jossey bass.
Verdian, F., Jadid, M. A., & Rahmani, M. N. (2021). Studi Penggunaan Media Simulasi PhET dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika. 1(2), 39.
DOI: https://doi.org/10.52434/jpif.v1i2.1448
Yuliana, Y., Zuhdi, M., & Gunada, I. W. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share) Berbantuan E-LKPD Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik : The Effect of SSCS Learning Model (Search, Solve, Create, and Share) Assisted by E-LKPD on Students’ Mastery of Physics Concepts. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika Indonesia. 6(1).
DOI: https://doi.org/10.29303/jppfi.v6i1.238
Yusuf, M., ‘Ardhuha, J., & Hikmawati, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 250–258.
DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.457