Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Melalui Manajemen Kelas

Authors

  • M. Jaki Amin UIN Mataram
  • Abdul Malik UIN Mataram
  • M. Liwairrubai UIN Mataram
  • Ribahan Ribahan UIN Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.1094

Keywords:

manajemen kelas; efektivitas pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran manajemen kelas dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di lingkungan pendidikan. Manajemen kelas yang baik menjadi faktor penting dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif, teratur, dan memotivasi peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka (library research), yaitu dengan menganalisis berbagai literatur, jurnal ilmiah, dan buku-buku yang relevan mengenai konsep, strategi, serta praktik manajemen kelas. Hasil kajian menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam mengelola kelas, baik dari segi pengaturan fisik ruang belajar, pengelolaan perilaku peserta didik, hingga strategi komunikasi dan interaksi yang digunakan. Manajemen kelas yang terstruktur dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa, mengurangi gangguan belajar, dan memperkuat pencapaian hasil belajar. Oleh karena itu, penguasaan keterampilan manajemen kelas menjadi kompetensi dasar yang harus dimiliki setiap pendidik untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran.

References

Ahmad Rohani dan Abu Ahmadi, Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta, 1995.

Carolyn M. Evertson dan Edmund T. Emmer, Classroom Mangement for Primary School Teacher, terj. Arif Rahman, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.

E. C. Wragg, Pengelolaan Kelas, terj. Anwar Jasin, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 1996.

Linda Darling-Hammond dan John Baratz-Snowden, A Good Teacher in Every Classroom: Preparing the Highly Qualified Teachers Our Children Deserve, terj. Ida Kusuma dan Bayu Budiharjo, Jakarta: PT Indeks, 2009.

Munif Chatib, Gurunya Manusia, Bandung: PT Mizan Pustaka, 2011.

Mulyadi, Classroom Management, Malang: UIN Malang Press, 2009.

Suharsimi Arikunto, Penglolaan Kelas dan Siswa: Sebuah Pendekatan Evaluatif, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 1996.

Soedomo Hadi, Pengelolaan Kelas, Surakarta: UNS Press, 2005.

Tanti Yuniar, Kamus Terlengkap 10 Milliard, Surabaya: Agung Media Mulia, 2007.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2011.

Downloads

Published

2025-05-30

How to Cite

Amin, M. J., Malik, A. ., Liwairrubai, M. ., & Ribahan, R. (2025). Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Melalui Manajemen Kelas. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(2), 1098–1104. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.1094

Issue

Section

Articles