Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kreativitas Mahasiswa PGSD Pada Mata Kuliah Desain Pembuatan Alat Peraga IPA
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.1042Keywords:
Model PjBL, Kreativitas, Desain Pembuatan Alat Peraga IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dan menghasilkan karya atau sebuah proyek pada mahasiswa PGSD mata kuliah Desain Pembuatan Alat Peraga IPA . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif, desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah One-shot Case Study. Adapun Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar observasi produk. Data penelitian diperoleh dari analisis lembar observasi produk dengan skala berpikir kreatif (Creatif Thinking Scale/CTS). Analisis data penelitian dilakukan dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong pada mata kuliah Desain Pembuatan Alat Peraga IPA katagori tinggi dengan nilai rata-rata 66.9.
References
Asih Widi Wisudawati, Metodeologi Pembelajaran IPA, Jakarta: Bumi Aksara,2014.
Putri, Hanif Rafika. 2022. Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. BIO CONS : Jurnal Biologi Dan https://doi.org/10.31537/biocons.v3i2.622. Konservasi 3 (2): 37–44.
Rahayu. (2011). Pembelajaran Sains dengan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol 7 (1) : 106-110.
Rati, N. W. 2017. Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol 6 (1): 60 – 71
Sari, D.P. 2017 “Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas VB SD Negeri 34/I Terataiâ€. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi.
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548.
Sari, R. T., & Jusar, I. R. (2018). Analysis of Science Learning Process by Using Learning Module of Character Education Oriented through Quantum Learning Approach. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 4(1), 14-24.
Sunarsih, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Singkawang. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 65 – 67. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i2.92.
The George Lucas Educational Foundation. 2005. Instructional Module ProjectBased Learning. (Online). Tersedia :http://www.edutopia.org/modules/ PBL/whatpbl. php), diakses tanggal 15 September 2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.