Validitas dan Reliabilitas Instrumen Pemahaman Nature Of Science Mahasiswa Calon Guru

Authors

  • I Wayan Gunada Universitas Mataram
  • Wahab Jufri Program Studi Doktor Pendidikan IPA, Pasca Sarjana, Universitas Mataram
  • Yahdi Program Studi Doktor Pendidikan IPA, Pasca Sarjana, Universitas Mataram
  • Sri Idawati Program Studi Doktor Pendidikan IPA, Pasca Sarjana, Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.1041

Keywords:

Nature Of Science; Validitas; Reliabilitas.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen pemahaman NoS yang dirancang untuk mahasiswa calon guru. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Instrumen yang dikembangkan terdiri dari 85 butir soal, yang diuji kepada 60 mahasiswa calon guru sebagai sampel penelitian. Data hasil pengujian dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS versi 23. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari 85 butir soal, sebanyak 70 butir dinyatakan valid, sementara 15 butir dinyatakan tidak valid berdasarkan uji validitas. Secara keseluruhan, instrumen ini memiliki reliabilitas yang sangat baik dengan nilai Cronbach's Alpha sebesar 0,910. Temuan ini menunjukkan bahwa instrumen tersebut layak digunakan untuk mengukur pemahaman NoS mahasiswa calon guru secara valid dan reliabel.

References

Arikunto, S. (2020). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian. Mitra Wacana Media

Chen, S. (2006). Development of an instrument to assess views on nature of science and attitudes toward teaching science. Science Education, 90(5), 803-819.

Djollong, A. F. (2014). Tehnik pelaksanaan penelitian kuantitatif. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(1). http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/224

Erlinawati, E., & Muslimah, M. (2021). Test validity and reliability in learning evaluation. Bulletin of Community Engagement, 1(1), 26-31. https://attractivejournal.com/index.php/bce/article/view/96

Febriana, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Husaeni, W. R. F., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2022). Validitas dan Reliabilitas Angket Penyesuaian Diri Siswa SMA. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 5(1) http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/fokus/article/view/7408

Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/57

Lederman, N. G. (2007). Nature of science : past, present, and future. In Handbook of research on science education (pp. 831–879). Routledge.

Lederman, N. G., Lederman, J. S., & Antink, A. (2013). Nature of science and scientific inquiry as contexts for the learning of science and achievement of scientific literacy. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 1(3), 138–147.

Munaroh, N. L. (2024). Asesmen dalam Pendidikan: Memahami Konsep, Fungsi dan Penerapannya. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(3)

https://jurnaluniv45sby.ac.id/index.php/Dewantara/article/view/2915.

Nugroho, Y. (2011). Olah Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Skripsi Media.

Ramadhan, M. F., Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Validitas and Reliabilitas. Journal on Education, 6(2), 10967-10975. Diambil Dari http://jonedu.org/index.php/joe

Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian (T. Koryati (ed.)). KBM INDONESIA

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Subhaktiyasa, P. G. (2024). Evaluasi Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif: Sebuah Studi Pustaka. Journal of Education Research, 5(4), 5599-5609.

https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/1747

Tursinawati, T., & Widodo, A. (2019). Pemahaman Nature of Science (NOS) di era digital: perspektif dari mahasiswa PGSD. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), 3(1), 1-9. https://jurnal.usk.ac.id/JIPI/article/view/13294

Wahyuni, V. (2022). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Tes Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Relasi Dan Fungsi. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1). https://www.lp2msasbabel.ac.id/jurnal/index.php/sus/article/view/2232.

Downloads

Published

2025-05-08

How to Cite

Gunada, I. W., Wahab Jufri, Yahdi, & Sri Idawati. (2025). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Pemahaman Nature Of Science Mahasiswa Calon Guru . Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(2), 1026–1032. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.1041

Issue

Section

Articles