Pemikiran Mahmud Yunus Tentang Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Sahrul Ramadhan Universitas Islam Negeri Mataram
  • M. Ihsan

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.1039

Keywords:

Mahmud Yunus, Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pemikiran Mahmud Yunus tentang pendidikan Islam, dimana Mahmud Yunus merupakan seorang cendikiawan asal Minangkabau dan tokoh pembaharu dalam dunia pendidikan Islam di Indonesia. Adapun Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh melalui literatur yang terkait yaitu jurnal, buku, dokumen dan literatur online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mahmud Yunus adalah tokoh pembaharu dalam dunia Pendidikan Islam di Indonesia. Hal ini dapat dilihat atas pendidikan serta gagasan yang dikemukakan oleh Mahmud Yunus dalam melakukan pembaharuan sistem pendidikan Islam yang pada mulanya masih bersifat klasikal dan dikenal dengan istilah sorogan. Perhatian serta ketekunan Mahmud Yunus dalam membangun dan mengembangkan pendidikan Islam tersebut dapat dilihat pada berbagai aspek pendidikan yang telah dicetuskannya, seperti dari segi tujuan pendidikan Islam, Kurikulum Pendidikan, Metode pengajaran serta  pendidikan ( guru ). Sebagai tokoh yang ahli di bidang pendidikan Islam, Mahmud Yunus mampu membangun konsep pembaharuan dalam pendidikan yang sangat komprehensif. Di samping sebagai ahli serta praktisi pendidikan, Mahmud Yunus juga merupakan seorang pejabat Negara yang selalu memikirkan perkembangan dan kemajuan pendidikan Islam di Indonesia. Dengan demikian konsep-konsep pendidikan yang dirumuskan oleh Mahmud Yunus selalu berlandaskan idealitas empiris.

References

Ahmad Ghozali Harahap, Konsep Pendidikan Islam Perspektif Mahmud Yunus,Rekognisi: Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan, Vol.1, No.1, Desember 2016.

Ferdian, Mahmud Yunus Dan Pemikirannya Dalam Ranah Pendidikan Islam, Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 11, No. 1, 2024.

Juwariyah, Perbandingan Pendidikan Islam Perspektif Mahmud Yunus dan Muhammad ‘Athiyah Al-Abrasyi, Jurnal Pendidikan Islam, Volume IV, Nomor 1, 2015.

Miswar, Pemikiran Pendidikan Islam Mahmud Yunus: Analisis Kritis Metode Pengajaran, Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, Vol. 1, No. 2 Januari 2024.

Moh Asror, Modernisme Pendidikan Islam dalam Pemikiran Mahmud Yunus: Analisis dan Relevansinya dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Indonesia Era Society 5.0, DOI: 10.25299/al-thariqah. 2023.

Muhammad Irfandi Rahman, “Relevansi Pemikiran Pendidikan Ibnu Sina Pada Pendidikan Masa Kiniâ€, TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, Vol. 6 No. 2 November 2019, hlm. 144 https://ejournal.upi.edu/index.php/tarbawy/index

Muhammad Irfandi Rahman, “Relevansi Pemikiran Pendidikan Ibnu Sina Pada Pendidikan Masa Kiniâ€, TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, Vol. 6 No. 2 November 2019. https://ejournal.upi.edu/index.php/tarbawy/index

Nur Eko Ikhsanto. Konsep Pendidikan Islam (Studi Perbandingan Pemikiran Syed Naquib Al Attas Dan Mahmud Yunus).

Rama Armedi. Analisis Komparatif Konsep Pendidikan Islam Mahmud Yunus Dan Pendidikan Modern: Studi Relevansi. Jurnal: Tadris, Volume 18/No 01/Tahun 2024.

Rahmat, Abdul. “Urgensi Integrasi Ilmu dalam Kurikulum Pendidikan Islam.†Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3, No. 2, 2018.

Saidek, Abdul Rahman. “Konsep Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam.†Tadrib, Vol. 5, No. 1, 2019.

Sumiati. Konsep Pemikiran Pendidikan Mahmud Yunus. Ejm: Jurnal Pendidikan Madrasah, Vol. 1, No. 2, Desember 2022.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zuhairini dkk. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Ramadhan, S., & M. Ihsan. (2025). Pemikiran Mahmud Yunus Tentang Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(2), 959–964. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.1039

Issue

Section

Articles