Implikasi Kurikulum Merdeka Terhadap Guru Kelas di SDN 56 Tolobali Kota Bima

Authors

  • Magfiratun Universitas Muhammadiyah Bima
  • Fuaddudin Universitas Muhammadiyah Bima
  • Yayuk Kusumawati Universitas Muhammadiyah Bima

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.1026

Keywords:

Implikasi, Kurikulum Merdeka, Guru Kelas

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implikasi kurikulum merdeka dalam pelaksanaan pembelajaran serta proses yang dilakukan oleh guru kelas dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di sekolah dasar Negeri 56 Tolobali Kota Bima. Metode penelitian yang digunakana dalam penelitian ini mengunakan pendekatan yang bersifat kualititaif. Teknik penelitian ini menggunakan pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, penelitian ini dilakukan di SDN 56 Tolobali Kota Bima. Subyek penelitian ini adalah guru kelas/wali kelas di SDN 56 Tolobali Kota Bima. Hasil wawancara menujukan bahwa pelaksanaan kurikulum merdeka di sekolah dasar yang ada di kota bima ini sudah sesuai dengan konsep kurikulum merdeka, dimana konsep merdeka belajar ini mengutamakan pada minat bakat peserta didik, dan untuk menumbuhkan nilai-nilai nasionalisme, budaya dan patriotism dan juga untuk mencapai tujuan nasional pendidikan.

References

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 03(03), 95–101.

Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 04(02), 68–70.

Ananda, A. P. (2021). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Indonesia Dari Masa ke Masa. Sindang. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 03(01), 102–108.

Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Urnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) Undiksha, 06(03), 400–402.

Fanani, A. (2010). Ice Breaking Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan, 06(01).

Fauzi, S. A., & Mustika, D. (2022). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 04(03), 2492–2494.

Hasmiati, H., Fawzani, N., & Muhlis, W. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Untuk Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(2), 158–170. https://doi.org/10.21009/jpd.v14i2.41555

Monawati, M., & Fauzi, F. (2020). Hubungan Kreativitas Mengajar Guru dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pesona Dasar, 06(02).

Permendikbud Nomor 103. (n.d.). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014.

Rohendi, E. (2018). Mengembangkan Sikap dan Perilaku Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Berbasis Karakter. Cakrawala Dini, 03(01).

Setiawan, R., & Dkk. (2022). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMK Kota Surabaya. Jurnal Gramaswara, 02(02), 49–52.

Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. CV. Jasmine.

Tanjung, R., Hanafi, Arifudin, O., & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar Penulis Rahman Tanjung. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 04(04), 292–293.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 02(01), 23–27.

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. FONDATIA : Jurnal Pendidikan Dasar, 04(01), 42–43.

Downloads

Published

2025-04-03

How to Cite

Magfiratun, Fuaddudin, & Yayuk Kusumawati. (2025). Implikasi Kurikulum Merdeka Terhadap Guru Kelas di SDN 56 Tolobali Kota Bima. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(2), 892–897. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.1026

Issue

Section

Articles