Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Momentum dan Impuls

Indonesia

Authors

  • Nindi Claudia Universitas Mataram
  • Muhammad Zuhdi Universitas Mataram
  • I Wayan Gunada Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/jppfi.v4i2.184

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk perangkat pembelajaran model group investigation untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik yang valid, efektif dan efisien. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model 4D yang terdiri dari Define, Design, Develop dan Disseminate. Produk yang dikembangkan yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), instrumen tes kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, uji coba terbatas, dan respon peserta didik terhadap model mengajar guru, LKPD dan instrumen tes. Hasil penelitian berdasarkan validasi ahli dan praktisi menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam kategori sangat. Selanjutnya, hasil rata-rata N-gain untuk kemampuan berpikir kritis sebesar 0.70 dengan kategori sedang, rata-rata N-gain untuk hasil belajar sebesar 0.32 dengan kategori sedang dan respon peserta didik menunjukkan hasil yang positif. Berdasarkan hal ini, disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model group investigation valid, efektif dan efisien digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika peserta didik.

Keywords: Pengembangan perangkat pembelajaran; model group investigation; kemampuan berpikir kritis.

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Claudia, N., Zuhdi, M., & Gunada, I. W. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Momentum dan Impuls: Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.29303/jppfi.v4i2.184

Issue

Section

Articles