Implementasi Aplikasi Praktikum Virtual Gerak Parabola Berbasis Macromedia Flash dalam Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Eko Wiyanto Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung
  • Agus Suyatna Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung
  • Chandra Ertikanto Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.29303/jppfi.v4i1.152

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari implementasi praktikum virtual gerak parabola berbasis macromedia flash terhadap bertumbuhnya Keterampilan Proses Sanis (KPS) siswa. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Bandar Lampung, dengan populasi seluruh siswa kelas X MIPA, dan sampel kelas X MIPA 1 sebanyak 36 siswa dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Dengan menggunakan desain penelitian yaitu one group pretest-posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji two related sample test, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat selisih nilai rata-rata pretest dan posttest sebesar 7,00 dengan skor N-Gain yang diperoleh sebesar 0,2 dengan kriteria rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi praktikum virtual gerak parabola berbasis macromedia flash berpengaruh dalam menumbuhkan KPS pada siswa.

Keywords: Praktikum Virtual, Gerak Parabola, Macromedia Flash, Keterampilan Prose Sains.

Downloads

Published

2022-07-05

How to Cite

Wiyanto, E., Suyatna, A. ., & Ertikanto, C. (2022). Implementasi Aplikasi Praktikum Virtual Gerak Parabola Berbasis Macromedia Flash dalam Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.29303/jppfi.v4i1.152

Issue

Section

Articles