Efektivitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Authors

  • Winda Astarini Aripin Universitas Mataram
  • Hairunisyah Sahidu Universitas Mataram
  • Muhammad Makhrus Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/jppfi.v3i1.120

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of physics learning tools based on problem based learning models to improve effective and efficient problem solving and critical thinking skills of students. The type of research used is research and development (Research and Development) with the research model being developed is 4D Models. The effectiveness is obtained from a limited trial to get the N-gain test value and the efficiency is determined from the student's response. The results of the study based on the results of the average N-gain test obtained a value of 0.41 with a medium category. Student responses showed that they were not satisfied with online learning. So it can be concluded that the effectiveness of the physics learning device model of problem based learning on harmonic vibration material is effective and efficient for improving problem solving abilities and critical thinking skills of students.

References

Damayanti, D. S. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(1), 58-62.

Handriani, L.S., Harjono, A., & Doyan A. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Fisika Peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(3): 2407-6902.

Hartati, B. 2010. Pengembangan Alat Peraga Gaya Gesek untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia Vol 6,128-132.

Herayanti, L., Gummah, S., Sukroyanti, A., Gunawan, G., Makhrus,M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Media Moodle Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis MahaPeserta didik Pada Materi Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(2), 158-167.

Jiniarti, B., Sahidu, H & Verawati, N. 2015. Implementasi Model Problem based Learning Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 22 Mataram. Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA 3(1), 27-33.

Niami, K., Kosim, K., & Gunawan, G. 2018. Model Problem Based Learning Berbantuan Simulasi Komputer Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Pada Materi Alat-Alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Tejnologi.5(2), 220-225.

Makhrus, M., & Hadiprayitno, G. 2012. Penerapan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Connected. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 19(2), 237-242.

Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A., Bahri, S & Muntari. 2019. Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Terhadap Kesiapan Guru Sebagai Role Model Keterampilan Abad 21 pada Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 5(1), 66-72.

Maryani, S., Sahidu, H & Sutrio,S. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif dengan Metode PQ4R Melalui Scaffolding Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 6(1), 82-89.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sundayana, R.2014. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suyono & Harianto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-07-05

How to Cite

Aripin, W. A., Sahidu, H., & Makhrus, M. (2021). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.29303/jppfi.v3i1.120

Issue

Section

Articles