Floandday Tiktok Channel sebagai Media Pembelajaran Pronunciation Online Bahasa Inggris pada Kegiatan English Club

Authors

  • Chusnul Chotimah Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Islam As Syafiiyah
  • Tauricha Astiyandha Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Islam As Syafiiyah
  • Disa Pertami Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Islam As Syafiiyah

DOI:

https://doi.org/10.29303/jpmsi.v5i2.990

Keywords:

Floandday Tiktok Channel, Pronunciation, Media pembelajaran Online

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang sering terjadi pada siswa, yaitu pengaruh bahasa ibu yang masih digunakan dalam bahasa Inggris, sehingga pengucapan dalam bahasa Inggris masih belum baik dan benar. Akibatnya, sering terjadi kesalah pahaman dalam berbicara. Dengan kemajuan teknologi saat ini, terdapat media sosial yang sangat populer di kalangan siswa atau remaja, yaitu TikTok. TikTok tidak hanya digunakan untuk menonton video tari, tetapi juga sebagai media pendidikan. Salah satu akun pendidikan bahasa Inggris di TikTok adalah Floandday. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang penggunaan akun TikTok Floandday dalam pembelajaran pronunciation (pengucapan) bagi siswa dalam kegiatan English club di SMPIT Yapidh.

References

Becker, F. g., cleary, m., team, r. m., holtermann, (2015). the handbook of english pronunciation. in syria studies (vol. 7, issue 1).

Chandra Kusuma, D. N. S., & Oktavianti, R. (2020). penggunaan aplikasi media sosial berbasis audio visual dalam membentuk konsep diri (studi kasus aplikasi tiktok). koneksi, 4(2), 372.

Febrianto, A. R. (2019). english : the legacy of colonialism and new form of imperialism: sejarah bahasa inggris dan pengaruhnya terhadap dunia dan indonesia. ernest.

Hewings, M. (2012). pronunciation practice activities. cambridge university press, 61(3), 44.

Kelly,G.(2012).[gerald_kelly]_how_to_teach_pronunciation_(book_wi(bookzz.org).pdf (p. 154).

Aprianoto, & Haerazi. (2019). development and assessment of an interculture-based instrument model in the teaching of speaking skills. universal journal of educational research, 7(12), 2796–2805.

Atmaja, S., & Dewi, R. (2018). komunikasi organisasi (suatu tinjauan teoritis dan praktis). inter komunika : jurnal komunikasi, 3(2), 192.

Becker, F. g., cleary, m., team, r. m., holtermann, (2015). the handbook of english pronunciation. in syria studies (vol. 7, issue 1).

Chandra Kusuma, D. N. S., & Oktavianti, R. (2020). penggunaan aplikasi media sosial berbasis audio visual dalam membentuk konsep diri (studi kasus aplikasi tiktok). koneksi, 4(2), 372.

Febrianto, A. R. (2019). english : the legacy of colonialism and new form of imperialism: sejarah bahasa inggris dan pengaruhnya terhadap dunia dan indonesia. ernest.

Hewings, M. (2012). pronunciation practice activities. cambridge university press, 61(3), 44.

Kelly,G.(2012).[gerald_kelly]_how_to_teach_pronunciation_(book_wi(bookzz.org).pdf (p. 154).

Klibthong, S., Fridani, L., Ikegami, K., & Agbenyega, J. S. (2014). the relationship between quality early childhood programs and transition services in inclusive education of young children. asian journal of Inclusive Education, 2(1), 35–55.

Kreidler, C. W. (2013). Introducing English Semantic. Routledge.

Muhlisin, M., & Widyanto, A. (2019). an analysis on teacher’s communication strategies in teaching speaking at mts nw bonjeruk. journal of languages and language teaching, 7(2), 154.

Nassaji, H. (2015). qualitative and descriptive research: data type versus data analysis. language teaching research, 19(2), 129–132.

Nunan, D. (2016). teaching english to young learners. handbook of research in second language teaching and learning, 3(1), 68–81.

Prof. Dr. H. Warul Walidin AK., M., Dr. Saifullah, S. Ag., M. A., & Tabrani. ZA, S. Pd.I., M.S.I., M. (2015). metodologi penelitian kualitatif & grounded theory (m. a. masbur (ed.)). ftk ar-raniry press (fakultas tarbiyah dan keguruan uin ar-raniry).

Prof. Dr. Sugiyono. (2016). metode penelitian, kuantitatif, kualitatif dan r&d. (23rd ed.). alfabeta.

Rao, P. S. (2019). the importance of speaking skills in english classrooms. alford council of international english & literature journal, 2(2), 6–18.

Ridho, M. R., & Tumin, T. (2022). multicultural education: effort in overcoming problems of cultural conflict in indonesia. qalamuna: jurnal pendidikan, sosial, dan agama, 14(1), 49–60.

Soenjono Dardjowidjojo. (2016). Psikolinguistik : pengantar pemahaman bahasa manusia / Soenjono Dardjowidjojo (Ed.2, cet.). Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2016.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Chotimah, C. ., Astiyandha, T. ., & Pertami, D. . (2023). Floandday Tiktok Channel sebagai Media Pembelajaran Pronunciation Online Bahasa Inggris pada Kegiatan English Club. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Community Services), 5(2), 109–112. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v5i2.990

Issue

Section

Articles