Floandday Tiktok Channel sebagai Media Pembelajaran Pronunciation Online Bahasa Inggris pada Kegiatan English Club
DOI:
https://doi.org/10.29303/jpmsi.v5i2.990Keywords:
Floandday Tiktok Channel, Pronunciation, Media pembelajaran OnlineAbstract
Berdasarkan permasalahan yang sering terjadi pada siswa, yaitu pengaruh bahasa ibu yang masih digunakan dalam bahasa Inggris, sehingga pengucapan dalam bahasa Inggris masih belum baik dan benar. Akibatnya, sering terjadi kesalah pahaman dalam berbicara. Dengan kemajuan teknologi saat ini, terdapat media sosial yang sangat populer di kalangan siswa atau remaja, yaitu TikTok. TikTok tidak hanya digunakan untuk menonton video tari, tetapi juga sebagai media pendidikan. Salah satu akun pendidikan bahasa Inggris di TikTok adalah Floandday. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang penggunaan akun TikTok Floandday dalam pembelajaran pronunciation (pengucapan) bagi siswa dalam kegiatan English club di SMPIT Yapidh.
References
Becker, F. g., cleary, m., team, r. m., holtermann, (2015). the handbook of english pronunciation. in syria studies (vol. 7, issue 1).
Chandra Kusuma, D. N. S., & Oktavianti, R. (2020). penggunaan aplikasi media sosial berbasis audio visual dalam membentuk konsep diri (studi kasus aplikasi tiktok). koneksi, 4(2), 372.
Febrianto, A. R. (2019). english : the legacy of colonialism and new form of imperialism: sejarah bahasa inggris dan pengaruhnya terhadap dunia dan indonesia. ernest.
Hewings, M. (2012). pronunciation practice activities. cambridge university press, 61(3), 44.
Kelly,G.(2012).[gerald_kelly]_how_to_teach_pronunciation_(book_wi(bookzz.org).pdf (p. 154).
Aprianoto, & Haerazi. (2019). development and assessment of an interculture-based instrument model in the teaching of speaking skills. universal journal of educational research, 7(12), 2796–2805.
Atmaja, S., & Dewi, R. (2018). komunikasi organisasi (suatu tinjauan teoritis dan praktis). inter komunika : jurnal komunikasi, 3(2), 192.
Becker, F. g., cleary, m., team, r. m., holtermann, (2015). the handbook of english pronunciation. in syria studies (vol. 7, issue 1).
Chandra Kusuma, D. N. S., & Oktavianti, R. (2020). penggunaan aplikasi media sosial berbasis audio visual dalam membentuk konsep diri (studi kasus aplikasi tiktok). koneksi, 4(2), 372.
Febrianto, A. R. (2019). english : the legacy of colonialism and new form of imperialism: sejarah bahasa inggris dan pengaruhnya terhadap dunia dan indonesia. ernest.
Hewings, M. (2012). pronunciation practice activities. cambridge university press, 61(3), 44.
Kelly,G.(2012).[gerald_kelly]_how_to_teach_pronunciation_(book_wi(bookzz.org).pdf (p. 154).
Klibthong, S., Fridani, L., Ikegami, K., & Agbenyega, J. S. (2014). the relationship between quality early childhood programs and transition services in inclusive education of young children. asian journal of Inclusive Education, 2(1), 35–55.
Kreidler, C. W. (2013). Introducing English Semantic. Routledge.
Muhlisin, M., & Widyanto, A. (2019). an analysis on teacher’s communication strategies in teaching speaking at mts nw bonjeruk. journal of languages and language teaching, 7(2), 154.
Nassaji, H. (2015). qualitative and descriptive research: data type versus data analysis. language teaching research, 19(2), 129–132.
Nunan, D. (2016). teaching english to young learners. handbook of research in second language teaching and learning, 3(1), 68–81.
Prof. Dr. H. Warul Walidin AK., M., Dr. Saifullah, S. Ag., M. A., & Tabrani. ZA, S. Pd.I., M.S.I., M. (2015). metodologi penelitian kualitatif & grounded theory (m. a. masbur (ed.)). ftk ar-raniry press (fakultas tarbiyah dan keguruan uin ar-raniry).
Prof. Dr. Sugiyono. (2016). metode penelitian, kuantitatif, kualitatif dan r&d. (23rd ed.). alfabeta.
Rao, P. S. (2019). the importance of speaking skills in english classrooms. alford council of international english & literature journal, 2(2), 6–18.
Ridho, M. R., & Tumin, T. (2022). multicultural education: effort in overcoming problems of cultural conflict in indonesia. qalamuna: jurnal pendidikan, sosial, dan agama, 14(1), 49–60.
Soenjono Dardjowidjojo. (2016). Psikolinguistik : pengantar pemahaman bahasa manusia / Soenjono Dardjowidjojo (Ed.2, cet.). Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2016.