Pendampingan Kelompok Belajar Siswa SMA/ SMK di Yayasan Al Kahfi Bekasi dengan Metode Cooperative Learning

Authors

  • Nurul Hasanah Fajaria Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Islam As-syafi’iyah
  • Chusnul Chotimah Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Islam As-syafi’yah
  • Heni Rochimah Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Islam As-syafi’yah
  • Qurrota A’yun Biologi, Universitas Islam As-syafi’iyah

DOI:

https://doi.org/10.29303/jpmsi.v5i2.989

Keywords:

Pendampingan; Kelompok Belajar; Cooperative Learning

Abstract

Selama satu tahun pembelajaran jarak jauh akibat COVID-19, sejumlah kendala muncul, seperti keterbatasan SDM, sarana, akses internet, dan kuota. Meskipun pemerintah memberikan subsidi kuota dan aplikasi gratis, efektivitas pembelajaran tetap terhambat, mengakibatkan siswa kurang memahami materi. Untuk mengatasi hal ini, tim akan melaksanakan pendampingan intensif pada siswa SMA/SMK Yayasan Al Kahfi Bekasi selama 6 bulan, fokus pada persiapan Ujian Sekolah dan seleksi Perguruan Tinggi. Pendampingan akan dilakukan tatap muka dua kali seminggu dengan metode cooperative learning, yang mengedepankan kerja sama siswa untuk meningkatkan pemahaman materi dan keterampilan sosial.

References

Fatmawati, R. (2016). The Effect of Using Flashcards on Student Vocabulary Mastery. Reforma, Vol 2 No 1.

Gull, F., & Shehzad, S. (2015). Effect of Cooperative Learning on Students' Academic Achievement. Journal of Education and Learning (EduLearn), Vol 9 No 3.

Mukhlison. (2021, January 20). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh dan Solusinya. Riau, Kepulauan Riau.

Syafnidawaty. (2020). Model Pembelajaran Cooperative Learning. Universitas Raharja

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Hasanah Fajaria, N. ., Chotimah, C. ., Rochimah, H. ., & A’yun, Q. . (2023). Pendampingan Kelompok Belajar Siswa SMA/ SMK di Yayasan Al Kahfi Bekasi dengan Metode Cooperative Learning. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Community Services), 5(2), 103–108. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v5i2.989

Issue

Section

Articles