Pendampingan Kelompok Belajar Siswa SMA/ SMK di Yayasan Al Kahfi Bekasi dengan Metode Cooperative Learning
DOI:
https://doi.org/10.29303/jpmsi.v5i2.989Keywords:
Pendampingan; Kelompok Belajar; Cooperative LearningAbstract
Selama satu tahun pembelajaran jarak jauh akibat COVID-19, sejumlah kendala muncul, seperti keterbatasan SDM, sarana, akses internet, dan kuota. Meskipun pemerintah memberikan subsidi kuota dan aplikasi gratis, efektivitas pembelajaran tetap terhambat, mengakibatkan siswa kurang memahami materi. Untuk mengatasi hal ini, tim akan melaksanakan pendampingan intensif pada siswa SMA/SMK Yayasan Al Kahfi Bekasi selama 6 bulan, fokus pada persiapan Ujian Sekolah dan seleksi Perguruan Tinggi. Pendampingan akan dilakukan tatap muka dua kali seminggu dengan metode cooperative learning, yang mengedepankan kerja sama siswa untuk meningkatkan pemahaman materi dan keterampilan sosial.
References
Fatmawati, R. (2016). The Effect of Using Flashcards on Student Vocabulary Mastery. Reforma, Vol 2 No 1.
Gull, F., & Shehzad, S. (2015). Effect of Cooperative Learning on Students' Academic Achievement. Journal of Education and Learning (EduLearn), Vol 9 No 3.
Mukhlison. (2021, January 20). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh dan Solusinya. Riau, Kepulauan Riau.
Syafnidawaty. (2020). Model Pembelajaran Cooperative Learning. Universitas Raharja