Penerapan dan Pemanfaatan Aplikasi Vokoscreen dalam Proses Pembelajaran Online di SMP Yapidh

Authors

  • Chusnul Chotimah Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Islam As Syafiiyah
  • Nurul Hasanah Fajaria Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Islam As Syafiiyah

DOI:

https://doi.org/10.29303/jpmsi.v4i(2).987

Keywords:

Aplikasi Vokoscreen, Pembelajaran online

Abstract

Selama masa pandemic covid 19, sebagian besar kegiatan diberbagai sector kehidupan dialihkan secara online termasuk kegiatan bidang Pendidikan. Pembelajaran yang biasanya dilaksanakan disekolah beralih menjadi PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) dari rumah masing- masing. Hal ini ditujukan menghindari resiko tertularnya virus covid. Di SMPIT Yapidh, proses KBM pun dilaksanakan secara daring dengan menggunakan beberapa flatform online, antara lain zoom meeting, Gmeet, Google classroom, dan beberapa aplikasi lainnya. Tim pengabdian ingin mengajarkan penggunaan sebuah aplikasi yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran dan ini merupakan aplikasi tidak berbayar yang dinamakan Vokoscreen. Dengan aplikasi ini guru dan siswa tidak harus bertatap muka langsung disuatu waktu tapi dapat melaksanakan pembelajaran kapan saja. Guru dapat merekam penjelasannya tentang suatu materi pembelajaran dengan tetap menampilkan wajahnya tanpa bertatap muka langsung. Tujuan dari pengabdian ini adalah membantu siswa dan guru agar dapat melaksanakan pembelajaran jarak jauh yang lebih bervariasi dan tetap efektif

References

Lorenzo Mondada. (2009). Video Recording Practices and the Reflexive Constitution of the Interactional Order: Some Systematic Uses of the Split Screen Technique. France: Springer.

Mayer,R.E, Pilegard, C. (2014). Principles for managing essential processing in multimedia learning: Signaling, preâ€training, and modality.

R.E. Mayer (Ed.), The Cambridge handbook of multimedia learning (2nd ed.), Cambridge University Press (2014), pp. 316-344

Mehrpour, M. Aghamirsalim, S.M.K. Motamedi, F. Ardeshir Larijani, R. Sorbi. (2013). A supplemental video teaching tool enhances splinting skills. Clin Orthop Relat Res, 471 (2) (2013), pp. 649-654.

Ralhan (2016). India can learn from Finland phenomenon based learning system. Retrieved from:https://www.hindustantimes.com/education/india-can-learn-from-finland-s-phenomenon-based-learning-system/story-PMu4sT7KrUyYE6c7yI3RZO.html (2016)

Salina L.,Ruffinengo C, Garrino,L. Massariello,P. Charrier,L. Martin, B.(2012). Effectiveness of an educational video as an instrument to refresh and reinforce the learning of a nursing technique: a randomized controlled trial Perspect. Med Educ, 1 (2) (2012), pp. 67-75

Wheeler,S. (2012). E-learning and digital learning. Springer US: pp. 1109-1111.

https://vitux.com/how-to-use-vokoscreen

https://www.linuxlinks.com/vokoscreen/

https://connectwww.com/how-to-install-vokoscreen

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Chotimah, C. ., & Hasanah Fajaria, N. . (2022). Penerapan dan Pemanfaatan Aplikasi Vokoscreen dalam Proses Pembelajaran Online di SMP Yapidh. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Community Services), 4((2), 86–89. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v4i(2).987

Issue

Section

Articles