Pendidikan Agama Islam Berbasis Pengembangan Karakter Untuk Siswa SMA di Desa Mekar Sari, Kecamatan Narmada
DOI:
https://doi.org/10.29303/jpmsi.v4i(1).962Keywords:
Pendidikan Agama Islam dan Pengembangan KarakterAbstract
Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan secara formal (SMA) merupakan upaya membentuk warga negara dalam mencapai tujuan pendidikan agama terutama dalam pembentukan karakter. Tujaun utama dari Pendidikan Agama Islam adalah untuk mengembangkan karakter siswa SMA di Desa Mekar Sari Kecamatan Narmada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan karakter untuk siswa SMA di Desa Mekar Sari dilakukan secara terorganisir melalui perencanaan yang dilakukan oleh kepala sekolah hingga melibatkan semua guru dan elemen yang ada dilingkungan sekolah, harapannya supaya pengembangan karakter terhadap siswa SMA di Desa Mekar sari bisa memberikan dampak positif bagi siswa di lingkungan sekolah. Kesimpulannya, pelaksanaan penguatan pendidikan karakter berbasis pendidikan agama Islam di SMA Desa Mekar Sari, Kecamatan Narmada telah berjalan dengan baik berkat perencanaan yang matang, pelaksanaan yang terorganisir, serta dukungan dari seluruh elemen sekolah dan masyarakat. Namun, terdapat pula kendala dalam pelaksanaannya, seperti keterbatasan sumber daya dan waktu.
References
Darlis, A. (2017). Hakikat Pendidikan Islam: Telaah Terhadap Hubungan Pendidikan Informal, Non Formal dan Formal. Jurnal Tarbiyah, 24(1).
Gafur, A. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Strategi Meningkatkan Etos Kerja Guru Pendidikan Agama Islam. Nizamia Learning Center.
Hidayati, T. R. (2015). Implementasi pengembangan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran Pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMA Negeri 4 Jember. Jurnal Fenomena, 14(1), 1-20.
Huda, M. (2021). Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Pendidikan Agama Islam di SMA Islam. Turatsuna: Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 3(1), 139-160.
Kurniawan, S. (2017). Pendidikan karakter dalam Islam pemikiran Al-Ghazali tentang pendidikan karakter anak berbasis Akhlaq al-Karimah. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 197-216.
Muzianah, S. (2017). Upaya guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan agama islam bagi pembentukan akhlakul karimah di SDIT As Sunnah Kota Cirebon. OASIS: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 2(1), 66
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.