Peningkatan Pemahaman Tauhid melalui Kegiatan Diskusi Kelompok bagi Remaja di Desa Setiling, Kec. Batukliang Utara, Kab. Lombok Tengah
DOI:
https://doi.org/10.29303/jpmsi.v3i1.961Keywords:
Pemahaman Tauhid, Diskusi Kelompok, Remaja, Desa Setiling, Pendidikan KeagamaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan pemahaman tauhid melalui kegiatan diskusi kelompok bagi remaja di Desa Setiling, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan diskusi kelompok efektif dalam meningkatkan pemahaman tauhid remaja, yang terlihat dari pemahaman konsep tauhid yang lebih komprehensif, partisipasi aktif dalam diskusi, serta perubahan sikap dan perilaku yang lebih sesuai dengan nilai-nilai keislaman. Faktor pendukung keberhasilan kegiatan ini meliputi metode pembelajaran yang interaktif, materi yang relevan dengan konteks peserta, peran fasilitator yang efektif, dan lingkungan yang mendukung. Penelitian ini menyimpulkan bahwa diskusi kelompok dapat menjadi metode alternatif yang efektif untuk meningkatkan pemahaman tauhid dan membentuk generasi muda yang berakidah kuat. Implikasi penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi lembaga pendidikan keagamaan, masyarakat, dan stakeholder terkait dalam mengembangkan program-program serupa.
References
Al-Ghazali, M. 2017, Tauhid: Konsep dan Implementasi dalam Kehidupan Modern, Al-Mizan: Bandung.
Asy’ari, H. 2018, Pendidikan Tauhid untuk Remaja: Teori dan Praktik, Rosda: Jakarta.
Azra, A, 2016, Islam dan Pembangunan Karakter Remaja, Kompas: Jakarta.
Creswell, J. W., 2018, Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.), SAGE Publications: Thousand Oaks.
Fauzi, A., 2019, Metode Diskusi Kelompok dalam Pembelajaran Agama, Prenadamedia: Jakarta.
Hasan, M., 2020, Pendidikan Akidah dan Tauhid untuk Generasi Muda, Erlangga: Jakarta.
Hidayat, R., 2017, Metodologi Penelitian Kualitatif: Pendekatan Praktis dan Aplikatif, Refika Aditama: Bandung.
Ismail, S., 2018, Tauhid dan Pembentukan Karakter Remaja, Al-Mawardi: Surabaya.
Moleong, L. J., 2019, Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi), PT Remaja Rosdakarya: Bandung.
Muhaimin, 2017, Strategi Pembelajaran Agama Islam, Rajawali Press: Jakarta.
Qardhawi, Y., 2018, Tauhid: Esensi dan Relevansinya dalam Kehidupan Modern, Mizan: Bandung.
Sugiyono, 2019, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi Ke-2), Alfabeta: Bandung.
Suparta, M., 2020, Pendidikan Tauhid: Teori dan Aplikasi, Kencana: Jakarta.
Sutrisno, 2017, Metode Penelitian Sosial: Teori dan Aplikasi, Andi Offset: Yogyakarta.
Tafsir, A., 2018, Ilmu Tauhid untuk Perguruan Tinggi, PT Remaja Rosdakarya: Bandung.
Usman, H., 2019, Metodologi Penelitian Sosial, Bumi Aksara: Jakarta.
Wahid, A., 2016, Pendidikan Tauhid dalam Konteks Modern, Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Yin, R. K., 2018, Qualitative Research from Start to Finish (2nd ed.), Guilford Press: New York.
Zarkasyi, H. F., 2020, Tauhid dan Pembentukan Karakter Remaja Muslim, Gema Insani: Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.