Pembinaan Aqidah dan Akhlak melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan di SMAN 1 Narmada

Authors

  • Muh. Asroruddin Al Jumhuri STAI Al-Amin Gersik Kediri
  • Alfan Hadi STAI Al-Amin Gersik Kediri
  • Iwan Setiawan STAI Al-Amin Gersik Kediri
  • Zainal Abidin STAI Al-Amin Gersik Kediri
  • Masyhur Aziz STAI Al-Amin Gersik Kediri
  • Intoriqotul Khairiyah STAI Al-Amin Gersik Kediri
  • Hadawiyah STAI Al-Amin Gersik Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29303/jpmsi.v4i(2).951

Keywords:

pembinaan akidah, pembinaan akhlak, ekstrakurikuler

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembinaan akidah dan akhlak melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMAN 1 Narmada. Kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di sekolah ini meliputi pengajian, kajian agama, tadarus Al-Qur’an, dan shalat berjamaah, yang bertujuan untuk memperkuat akidah dan membentuk akhlak siswa sesuai dengan ajaran Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yang mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler keagamaan memiliki pengaruh positif dalam membentuk akidah dan akhlak siswa. Faktor-faktor pendukung keberhasilan kegiatan ini antara lain dukungan pihak sekolah, antusiasme siswa, pembina yang kompeten, serta fasilitas yang memadai. Namun, beberapa tantangan juga dihadapi, seperti keterbatasan waktu siswa, kurangnya pembina dengan waktu yang cukup, dan pengaruh teknologi yang mengalihkan perhatian siswa. Penelitian ini menyarankan agar pihak sekolah meningkatkan manajemen waktu, menambah jumlah pembina, serta mengembangkan program kegiatan yang lebih inovatif dan relevan dengan kebutuhan siswa saat ini.

References

Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana, 2018.

Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2020.

Creswell, John W., and Cheryl N. Poth. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. 4th ed. Thousand Oaks, CA: Sage Publications, 2017.

Guest, Greg, Emily Namey, and Marilyn L. Mitchell. Collecting Qualitative Data: A Field Manual for Applied Research. Thousand Oaks, CA: Sage Publications, 2013.

Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, and Johnny Saldaña. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. 3rd ed. Thousand Oaks, CA: Sage Publications, 2014.

Nowell, Lorelli S., Jill M. Norris, Deborah E. White, and Nancy J. Moules. "Thematic Analysis: Striving to Meet the Trustworthiness Criteria." International Journal of Qualitative Methods 16, no. 1 (2017): 1-13.

Ravitch, Sharon M., and Nicole Mittenfelner Carl. Qualitative Research: Bridging the Conceptual, Theoretical, and Methodological. Thousand Oaks, CA: Sage Publications, 2016.

Yin, Robert K. Case Study Research and Applications: Design and Methods. 6th ed. Thousand Oaks, CA: Sage Publications, 2018.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Al Jumhuri, M. A., Alfan Hadi, Iwan Setiawan, Zainal Abidin, Masyhur Aziz, Intoriqotul Khairiyah, & Hadawiyah. (2022). Pembinaan Aqidah dan Akhlak melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan di SMAN 1 Narmada. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Community Services), 4((2), 78–85. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v4i(2).951

Issue

Section

Articles