Sosialisasi dan Pembinaan Pembelajaran Fiqih bagi Siswa SMP di Desa Jembatan Kembar Kecamatan Lembar

Authors

  • Hadlun Hadlun STAI Al-Amin Gersik Kediri
  • Supian Azhari STAI Al-Amin Gersik Kediri
  • Azizah Nurul Fadlilah STAI Al-Amin Gersik Kediri
  • Ahmad Ilham Mayadi STAI Al-Amin Gersik Kediri
  • Jamilah STAI Al-Amin Gersik Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29303/jpmsi.v4i(2).950

Keywords:

fiqih, pembinaan, siswa SMP, sosialisasi

Abstract

Ilmu Fiqih sangat penting dalam ajaran Agama Islam karena mengulas terkait cara menjalankan syariat Islam secara benar dalam berbagai aspek kehidupan. Kegiatan sosialisasi dan pembinaan pembelajaran fiqih bagi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Desa Jembatan Kembar, Kecamatan Lembar, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai hukum-hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari. Program ini diselenggarakan sebagai respons terhadap rendahnya pemahaman siswa terhadap ilmu fiqih, yang berperan penting dalam membimbing sikap dan perilaku mereka sesuai dengan ajaran Islam. Melalui metode pembelajaran yang interaktif dan praktis, seperti diskusi kelompok, simulasi ibadah, dan studi kasus, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik dan meningkatkan minat siswa dalam mempelajari fiqih. Evaluasi dilakukan dengan memberikan tes pra dan pasca pembelajaran serta melakukan wawancara untuk mengetahui perubahan sikap siswa terhadap materi fiqih. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang diterapkan mampu meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa, serta membantu mereka mengaitkan konsep-konsep fiqih dengan situasi nyata dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, program ini berhasil memberikan kontribusi positif terhadap pendidikan agama di tingkat SMP, khususnya di Desa Jembatan Kembar, dan menjadi model bagi kegiatan serupa di daerah lain.

References

A. A. An-Naim, Islam and the secular state: Negotiating the future of Sharia. Harvard University Press, 2008.

M. H. Kamali, Principles of Islamic Jurisprudence (Islamic Texts Society), vol. 3rd Revise, no. 1/2. 2003.

W. Al-Zuhayli, Al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu. 2008.

Y. bin Syaraf An-Nawawi, “Al-Majmu’Syarah Al-Muhadzdzab.†Dar al-Fikr, Beirut, 2011.

W. B. Hallaq, Sharī’a: Theory, practice, transformations. 2009. doi: 10.1017/CBO9780511815300.

S. Ma’arif, “Fiqih Progresif Menjawab Tantangan Modernitas.†FKKU Press, Jakarta, 2003.

H. Nasution, Islam rasional: Gagasan dan pemikiran. Bandung: Mizan, 1995.

S. A. Ramadhan, “Pengaruh Penerapan Metode Small Group Discussion Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di Madrasyah Tsanawiyah Jakarta Selatan.†FITK, 2020.

H. M. Zainuddin, “Konsep Kerja Sama Seorang Muslim Dengan Pemerintahan Non-Muslim Dalam Tafsir Ibnu Katsir Dan Tafsir Al-MishbÄḥ,†2018.

A. Supriyadi, A. Muis, and L. Hidayati, “Pengaruh Penggunaan Media Chromebook Terhadap Motivasi Belajar Siswa,†Edupedia J. Stud. Pendidik. dan Pedagog. Islam, vol. 6, no. 2, 2022, doi: 10.35316/edupedia.v6i2.1578.

C. E. Hmelo-Silver, “Problem-based learning: What and how do students learn?,†Educational Psychology Review, vol. 16, no. 3. 2004. doi: 10.1023/B:EDPR.0000034022.16470.f3.

J. W. Santrock, “Masa perkembangan anak,†2011.

S. Freeman et al., “Active learning increases student performance in science, engineering, and mathematics,†Proc. Natl. Acad. Sci. U. S. A., vol. 111, no. 23, 2014, doi: 10.1073/pnas.1319030111.

D. A. Kolb, “Experiential Learning: Experience as The Source of Learning and Development,†Prentice Hall, Inc., no. 1984, 1984, doi: 10.1016/B978-0-7506-7223-8.50017-4.

Sulaiman, Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). 2017.

L. S. Vygotsky, “Mind in society: The development of higher psychological processes,†Accounting in Australia (RLE Accounting). 2020.

D. W. Johnson and R. T. Johnson, “An educational psychology success story: Social interdependence theory and cooperative learning,†Educ. Res., vol. 38, no. 5, 2009, doi: 10.3102/0013189X09339057.

H. Hamzah and D. Alfiat, “Penerapan Metode Ceramah Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam,†JKIP J. Kaji. Ilmu Pendidik., vol. 1, no. 1, 2020, doi: 10.55583/jkip.v1i1.75.

J. Dewey, Experience and education (Indianapolis, Kappa Delta Pi). 1938.

M. Prince, “Does active learning work? A review of the research,†Journal of Engineering Education, vol. 93, no. 3. 2004. doi: 10.1002/j.2168-9830.2004.tb00809.x.

K. Abdurrahman, “Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan di Pesantren,†AN NUR J. Stud. Islam, vol. 4, no. 1, 2012.

A. Wibowo, D. Sari, and E. Utami, “Peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan teknologi digital,†J. Teknol. Pendidik. dan Pengemb., vol. 18, no. 2, pp. 33–47, 2023.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Hadlun, H., Supian Azhari, Azizah Nurul Fadlilah, Ahmad Ilham Mayadi, & Jamilah. (2022). Sosialisasi dan Pembinaan Pembelajaran Fiqih bagi Siswa SMP di Desa Jembatan Kembar Kecamatan Lembar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Community Services), 4((2), 65–71. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v4i(2).950

Issue

Section

Articles