Peningkatan Kompetensi Teknologi Informasi Berbasis Produk bagi Calon Guru melalui Kegiatan Study Group Prodi Tadris Fisika FTK UIN Mataram
DOI:
https://doi.org/10.29303/jpmsi.v2i2.84Abstract
Kompetensi di bidang teknologi informasi di Era Revolusi Industri 4.0 menjadi suatu keniscayaan terutama bagi seorang calon pendidik. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengasah kompetensi teknologi informasi di bidang pendidikan bagi calon guru di Prodi Tadris Fisika FTK UIN Mataram dengan berbasis produk. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 11 September sampai 9 Oktober 2019 di Ponpes Darul Qur’an (Kampus Relokasi UIN Mataram). Peserta kegiatan terdiri atas calon guru (mahasiswa semester V dan VII Prodi Tadris Fisika FTK UIN Mataram). Materi pengabdian terdiri atas 1) penggunaan Google Classroom, 2) pembuatan video pembelajaran, 3) blog pembelajaran, 4) media poster (leaflet) dan 5) penyusunan soal berbasis komputer (CBT). Pengabdian dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu pemberian materi setiap pekan, pendampingan dalam bentuk praktik langsung, penugasan, dan penilaian terhadap produk yang telah dilakukan. Setiap peserta dibagi menjadai beberapa kelompok untuk mengurai keterbatasan peserta yang tidak memiliki laptop atau smartphone. Di akhir pengabdian peserta diberikan form isian melalui Google Form sebagai bahan evaluasi pelaksaan study group. Berdasarkan analisis respon peserta terhadap kegiatan study group, rata-rata peserta memberi tanggapan dengan kategori sangat baik. Produk yang dihasilkan dalam kegiatan pengabdian ini yaitu Blog Prodi Tadris Fisika, Channel Youtube Prodi Tadris Fisika, video pembelajaran, poster (leaflet) pebelajaran dan soal CBT fisika.References
Abidin, Z., Rumansyah, R. & Arizona, K. 2020. Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi pendidikan, 5(1), 64-70.
http://www.jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/111/99
DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111
Arizona, K. 2020. Inovasi Pembelajaran Fisika di Era Revolusi Industri 4.0. Mataram: Sanabil.
Arizona, K. 2020. Elevating Students'competence Based Ict In The Era Of Industrial Revolution 4.0. Journal of Teaching and Learning Physics, 5(2), 48-59.
https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jtlp/article/view/7987
DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v5i2.7987
Harjono, A., Jufri, A.W., & Arizona, K. 2015. Implementasi Media Tiga Dimensi Kemagnetan Berbasis Inkuiri Melalui Strategi Kooperatif Terhadap Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 15-23.
http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/23
DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v1i1.231
Sabran & Sabara, E. 2018. Keefektifan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar “Diseminasi Hasil Penelitian Melalui Optimalisasi Sinta dan Hak Kekayaan Intelektualâ€, 122-125
https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/8256
Marikar, F. M. 2016. Effectiveness of MOODLE in Education System in Sri Lankan University. International Journal of Modern Education and Computer Science, 8(2), 54.