Penyuluhan Penggunaan Alat Peraga Rangkaian Listrik Sederhana bagi Guru-Guru SD Negeri 6 Mataram

Authors

  • Wahyudi Wahyudi Universitas Mataram
  • Muh. Makhrus Universitas Mataram
  • I Wayan Gunada Universitas Mataram
  • Syahrial Ayub Universitas Mataram
  • Muhammad Zuhdi Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/jpmsi.v2i2.81

Abstract

Salah satu masalah di dunia pendidikan adalah rendahnya kemampuan guru-guru dalam menggunakan peralatan laboratorium IPA SD, yang secara tidak langsung berakibat rendahnya penguasaan materi IPA bagi siswa-siswa SD. Salah satu upaya untuk mengatasinya adalah, dalam proses belajar mengajar, guru perlu menggunakan media pembelajaran sebagai alat bantu belajar, yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu media pembelajaran adalah alat peraga praktek (APP) IPA, yang mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembelajaran,  yaitu untuk menjelaskan konsep, sehingga siswa memperoleh kemudahan dalam memahami hal-hal yang dikemukakan guru, memantapkan penguasaan materi yang ada hubungannya dengan bahan yang dipelajari, dan mengembangkan keterampilan. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah melatih guru-guru SD 6 Negeri Mataram dalam penggunakan APP IPA sederhana.  Metode yang digunakan adalah metode ceramah dan tutorial cara menggunakan APP IPA sederhana tentang rangkaan listrik. Setelah mengikuti kegiatan ini, guru-guru SD Negeri 6 Mataram memperolah tambahan wawasan pengetahuan dan keterampilan penggunaan APP IPA sederhana untuk rangkaian listrik, sehingga bisa dipraktekkan dalam pembelajaran IPA SD. 

 

 

Kata kunci: Media pembelajaran, Alat Peraga Praktek (APP) IPA

References

Anonim. 2011. Pedoman Pembuatan Alat Peraga Fisika Sederhana untuk SMA. Direktorat pembinaan SMA. Direktorat Jenderal Pendidkan Menengah Kemendikbud.

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran, Jakarta: Rajawai Pers.

Bramasti, R. 2012. Kamus Fisika. Surakarta: Aksarra Sinergi Media

Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar dan MI. Jakarta: Depdiknas.

Djojosoediro, W. (2012). Pengembangan Pembelajaran IPA SD. [electronic version] Surabaya: PGSD Unesa.

Ningsih, Rachma Suprapti. 2011. Problematika Pembelajaran IPA Kelas V Materi Peredaran Darah Manusia di Sekolah Dasar Gugus III Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang, Skripsi. Program Studi PGSD FIP, Universitas Negeri Malang : Malang (Tidak Dipublikasikan).

Roestiyah, 2001, Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta : Jakarta.

Downloads

Published

2020-12-26

How to Cite

Wahyudi, W., Makhrus, M., Gunada, I. W., Ayub, S., & Zuhdi, M. (2020). Penyuluhan Penggunaan Alat Peraga Rangkaian Listrik Sederhana bagi Guru-Guru SD Negeri 6 Mataram. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Community Services), 2(2), 126–129. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v2i2.81

Issue

Section

Articles