Pelatihan Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Berbantuan KIT Bagi Guru-Guru SD Di Kota Mataram

Authors

  • Sutrio Sutrio Univerisitas Mataram
  • Hairunnisyah Sahidu Universitas Matarm
  • Ahmad Harjono Universitas Mataram
  • I Wayan Gunada Universitas Mataram
  • Hikmawati Hikmawati Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/jpmsi.v2i2.80

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan agar guru-guru SD di kota Mataram mampu merancang dan menerapkan pembelajaran IPA berbasis inkuiri berbantuan KIT yang tersedia di sekolah. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah mengadakan pelatihan penggunaaan KIT IPA dengan tahapan (1) mengenalkan nama alat dan fungsinya, (2) mensimulasikan penggunaan KIT dalam pembelajaran IPA berbasis inkuiri, (3) pendampingan praktik penggunaan KIT IPA untuk menemukan konsep-konsep IPA dan diskusi penerapannya dalam pembelajaran. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan antusiasme yang sangat tinggi untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam merancang dan menerapkan pembelajaran IPA berbasis inkuiri berbantuan KIT. Guru-guru mulanya kurang menguasai penggunaan KIT atau tidak pernah menggunakannya dalam pembelajaran menjadi lebih mengetahui dan memahami cara menggunakan KIT dalam pembelajaran IPA berbasis inkuiri. Kegiatan ini akan ditindaklanjuti dengan mengadakan kegiatan yang sama secara berkala dan pendampingan untuk memaksimalkan kemampuan guru menggunakan KIT dalam pembelajaran.

 

Keywords: Pelatihan Pembelajaran IPA, Inkuiri, KIT, Guru SD

References

Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung : PT. Refika Aditama.

Asy'ari, Muslichach. 2006. Penerapan Sains Teknologi Masyarakat Dalam Pembelajaran Sains di SD. Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan.

Hikmawati, et. al. 2018. Pelatihan Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri melalui Pola Lesson Studi Bagi Guru-Guru SMA https://prosiding-pkmcsr.org/index.php/pkmcsr/article/view/121

Kemendikbud. 2014. Permendikbud No. 103 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniasih, Imas. dan Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Poedjiati. 2005. Pengembangan Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Bandung: Alfabeta

Rahman, S. 2019. Tuntutan Sebagai Guru dalam Pembelajaran di Era milenial, Tuntutan sebagai Guru dalam Pembelajaran di Era Milenial | Blog Rumah Belajar (kemdikbud.go.id) diakses tanggal 23 Mei 2020

Downloads

Published

2020-12-26

How to Cite

Sutrio, S., Sahidu, H., Harjono, A., Gunada, I. W., & Hikmawati, H. (2020). Pelatihan Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Berbantuan KIT Bagi Guru-Guru SD Di Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Community Services), 2(2), 119–125. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v2i2.80

Issue

Section

Articles