Pelatihan Teknik-Teknik Analisis Instrumen Penilaian Ranah Kognitif Guru SMPN 21 Mataram

Authors

  • Nur Lestari Universitas Mataram
  • Gito Hadiprayitno Universitas Mataram
  • Muhlis Muhlis Universitas Mataram
  • M. Yamin Universitas Mataram
  • M. Liwa Ilhamdi Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/jpmsi.v2i1.8

Abstract

Berdasarkan UU Guru dan Dosen Tahun 2005 dinyatakan bahwa salah satu tanggung jawab guru secara profesional dalam kegiatan pembelajaran ialah merancang perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dimaksud terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pengembangan media, LKPD, bahan ajar dan instrument penilaian pembelajaran. Namun demikian integritas kesesuaian antara perangkat pembelajaran dan ketercapaian tujuan pembelajaran akan terlihat pada pelaksanaan assessment autentiknya. Ditemukan bahwa guru-guru SMPN di Kota Mataram hanya memilki arsip soal yang tidak dilakukan analisis kualitas. Padahal analisis kualitas butir soal merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh guru dalam mengarsipkan soal-soal tes menjadi bank soal. Oleh karena itu perlu dilakukan pelatihan tentang teknik-teknik analisis butir soal menggunakan software bebasis komputer, ynag bertujuan untuk (1) melatih guru-guru di SMPN 21 Mataram untuk membuat soal objektif dan subjektif yang sesuai dengan kaidah-kaidah pembuatan soal yang valid dan reliabel, (2) melatih guru-guru yang ada di SMPN 21 Mataram untuk melakukan analisis butir soal dengan menggunakan software komputer, dan (3) melakukan kegiatan pendampingan pada guru-guru yang ada di SMPN 21 Mataram untuk melakukan analisis butir soal pada alat evaluasi yang digunakan di sekolah.  Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini berjalan dengan lancar ditandai dengan adanya respon positif dari peserta pengabdian yaitu guru-guru SMPN 21 Mataram. Tim pengabdian menguraikan banyak hal mengenai kajian teori teknik-teknik analisis soal objektif dan subjektif kemudian guru mencoba melakukan analisis butir soal menggunakan software komputer bersama-sama. Program pengabdian ini dapat ditindaklanjuti dengan kegiatan penyusunan soal sesuai topic per mata pelajaran dan berdasarkan taksonomi pendidikan sehingga bemanfaat bagi guru yang akan menganalisis mutu instrument soal.

References

Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fox, J., Freeman, S., Hughes, N., and Murphy, V. (2017). Keeping It Real; A Review of the Benefits, Challenges and Steps Towards Implementing Authentic Assessment. Journal of Teaching and Learning in Higher Education 9(3): 2801-2813.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama. 2016. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Sarana Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.

Lestari, N., & Hadiprayitno, G. (2015). Buku Ajar Evaluasi Pembelejaran Biologi. Gunugsari: Arga PujiPress.

Lestari N., Merta, I.W., &Kusmiyati. (2015). Jurnal Penelitian Pendidikan IPA Profil Asessmen Autentik pada Guru-Guru di SMP Negeri seKota Mataram. ([email protected], website :http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/index

Lubis, N.S., & Prastowo, P. (2016). Analisis Kualitas Soal Ujian Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri 3 Medan TahunPembelajaran 2016/2017. Jurnal Pelita Pendidikan 5(1): 149-157.

Mendikbud. (2016). Permendikbud No. 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta : Kemendikbud.

Mendikbud. (2016). Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Kemendikbud.

Nurinda, S., Rudyatmi, E., & Ridho, S., (2014), Analisis Butir Soal Olimpiade SMA Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2013.Unnes Journal of Biology Education 3(1):77-84.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud. (2017). Panduan Penulisan Soal 2017 SMP/MTs. Jakarta : Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud.

Rahmadhani, E.K., Budiono, J.D., & Suparno, G., (2014). Analisis Kualitas Butir Soal Pada Bank Soal Biologi Kelas X SMA. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi 3(1): 422-438.

Septiana, N. (2016). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester (UAS) Biologi Tahun Pelajaran 2015/2016 Kelas X dan XI pada MAN Sampit. EduSains 4(2): 115-121.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil dan Proses Blajar dan Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Taufiq, A.U. (2015). Pengembangan Tes Kognitif Berbasis Revisi Taksonomi Bloom pada Materi Sistem Reproduksi untuk Siswa SMA. Jurnal Biotek 3(2): 1-17.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Lestari, N., Hadiprayitno, G., Muhlis, M., Yamin, M., & Ilhamdi, M. L. (2023). Pelatihan Teknik-Teknik Analisis Instrumen Penilaian Ranah Kognitif Guru SMPN 21 Mataram. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Community Services), 2(1), 7–10. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v2i1.8

Issue

Section

Articles