Sosialisasi Berbagai Jenis Kupu-Kupu Indah Sebagai Materi Pengayaan Keanekaragaman Hayati di SMPN Sekitar Kawasan Taman Wisata Alam Suranadi
DOI:
https://doi.org/10.29303/jpmsi.v2i2.79Abstract
Pembelajaran materi keanekaragaman hayati yang kontekstual di sekolah sekitar Taman Wisata Alam Suranadi belum dilakukan karena tidak ada buku dan media VCD pembelajaran kontekstual yang menyajikan keanekaragaman hayati di sekitar sekolah. Faktor ini yang menjadi permasalahan utama mitra dan tawaran penyelesaiannya adalah dengan mensosialisasikan keanekaragaman hayati khususnya kupu-kupu yang ada di sekitar sekolah. Pembelajaran yang menyenangkan berbasis lingkungan sekitar atau CTL (Contextual Teaching and Learning) karena siswa dapat melihat secara nyata, mengalami sendiri materi pelajaran yang ada di sekitar lingkungannya. selanjutnya dengan CTL dapat meningkatkan hasil belajar Siswa dibelajarkan dengan buku dan VCD yang berisi materi pelajaran yang ada di sekitar siswa. Hasil belajar siswa di SMPN sekitar taman wisata Suranadi masih di bawah standar KKM 75. Metode kegiatan ini adalah sosialisasi dengan penjelasan, penyajian isi buku dan penayangan VCD Pembelajaran, tanya jawab dan diskusi.  Tujuan dari kegiatan ini untuk mensosialisasikan berbagai jenis kupu-kupu indah sebagai materi pengayaan keanekaragaman hayati di SMPN sekitar kawasan Taman Wisata Alam Suranadi. Setelah selesainya pelaksanaan kegiatan ini juga akan dilaksanakan pendampingan pembelajaran yang dilakukan guru untuk melaksanakan pembelajaran berbasis lingkungan. Hasil pengabdian sebagai berikut 1) telah dilakukan sosialisasi berbagai jenis kupu-kupu indah sebagai materi pengayaan keanekaragaman hayati di SMPN sekitar kawasan Taman Wisata Alam Suranadi 2) peserta kegiatan pengabdian 100% mengikuti, menanggapi dan memahami materi sosialisasi. Kesimpulan sosialisasi berbagai jenis kupu-kupu indah sebagai materi pengayaan keanekaragaman hayati di SMPN sekitar TWA Suranadi dalam kegiatan pengabdian ini terlaksana dengan baik dengan antusiasme peserta kegiatan yang tinggi.
Kata Kunci : Sosialisasi, Keanekaragaman hayati, Kupu-kupu, Suranadi
References
Angela Lia, 2018, Pengembangan Modul Biologi Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X Madrasah Aliyah, Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 6 no.2 : 93-102
Duara, P., Kalita, J. 2014. Butterfly as Pollinating Insects of Flowering Plants. Global Journal of Science Frontier Research (C), Vol. 14(1): 1 – 5
Haidar, IKA., Ahsan, MF., and Kabir, MT. 2017. Species diversity and habitat preference of butterflies (Insecta: Lepidoptera) in Inani Reserve Forest of Cox’s Bazar, Bangladesh. Journal of Insect Biodiversity and Systematics, Vol.3(1): 47–67
Fathonah, Rani S., Sugiharto, dan Suryadi Budi U. 2013. Studi Komparasi Penggunaan Media Teka-Teki Silang(TTS) Dengan Kartu pada Pembelajaran Kimia melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi ZatAdiktif Dan Psikotropika Kelas VIII SMPN 2 Ngadirojo,Wonogiri Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). Vol 2(3): Hal 68-76.
Febrita, E., Yustina, Dahmania. 2014. Keanekaragaman jenis kupu-kupu (subordo rhopalocera) di kawasan wisata hapanasan rokan hulu sebagai sumber belajar pada konsep keanekaragaman hayati. Jurnal biogenesis. Vol. 10 (2)
Hadiyanta, Nur. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN. Jurnal Kependidikan. Vol 43(1): Hal. 32 – 38.
Ilhamdi, ML, 2018, Pola Penyebaran Kupu-kupu Di Kawasan Taman Wisata Alam Suranadi Lombok Barat, Jurnal Biologi Tropis 18(1) : 19-25
Ilhamdi ML., Mertha IG, 2020, Application Of Cooperative Learning Model For Group Investigation Type In General Biology Learning, Jurnal Pijar MIPA Vol. 15 no.1
Ilhamdi, ML, Al Idrus, A, Santoso D. 2019. Struktur Komunitas Kupu-Kupu di Taman Wisata Alam Suranadi, Lombok Barat, Jurnal Biotropis 19 (1) :
Inayah iin, 2016, Penerapan Model Pemebelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Konsep Keanekaragaman Makhluk Hidup Dan Upaya Pelestariannya Terhadap Prestasi Belajar, Jurnal Quangga Vol.8 no.1 : 49-51
Kurnianingsih, 2012, Efektivitas Pembelajaran CTL dalam meningkatkan kompetensi dasar sain di SMP kota Pontianak, Jurnal Guru Membangun Vo. 24 (2)
Peggie D. dan Amir M., 2011, Practical guide to Butterflies, Puslit LIPI and NNEF Shitaya, Japan
Rahmayanti, 2015, Penggunaan Media IT Dalam Pembelajaran, Jurnal Ilmiah CIRCUIT Vol.1(1) : 85-97
Rahmawati T, 2018, Penerapan model pembelajaran ctl untuk Meningkatkan hasil belajar siswa sekolah Dasar pada mata pelajaran IPA, Jurnal Ilmiah pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2 (1) : 12-20
Samriani, 2018, Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SDN No 3 Siwalempu, Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. (2) : 56-74
Suharto, 2018, Peningkatan pembelajaran IPA melalui pendekatan Contekstual Teaching and Learning (CTL) di kelas VI SDN 45 Jambak Kecamatan Bayang, Jurnal Penelitian Guru Indonesia Vol.3 (1).
Suwatno, 2012, Pengembangan media VCD konteks pertanian pada pembelajaran bahasa Indonesia aspek mendengarkan dan menulis pengumuman di SD kelas IV semester 2, Jurnal Seloka Vol 1 (1) : 64-68.
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.