Potensi Guru-guru Kabupaten Lombok Barat dalam Mengembangkan Profesinya melalui Penyusunan Karya Ilmiah

Authors

  • Joni Rokhmat Program Studi Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia
  • Edy Herianto Program Studi Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia
  • Wildan Wildan Program Studi Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29303/jpmsi.v1i1.7

Abstract

Abstrak: Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan menelusuri potensi para guru dalam mengembangkan profesinya melalui penyusunan karya ilmiah dan memberi arahan dalam menyusun karya ilmiah. Pengabdian ini dilakukan dengan metode ceramah dan tanya jawab, serta latihan kerja (workshop) dan melibatkan 30 orang guru Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Lombok Barat. Hasil diskusi menunjukkan bahwa guru-guru tersebut sangat antusias mengikuti kegiatan tetapi sekalipun kegiatan ini bukan hal baru mayoritas masih belum memahami bagaimana penyusunan proposal, instrumen, hingga melaksanakan penelitian tindakan kelas, serta bagaimana menulis artikel ilmiah, khususnya artikel hasil penelitian. Sementara, hasil analisis angket menunjukkan bahwa semua peserta kegiatan pengabdian ini belum memiliki publikasi ilmiah sekalipun beberapa di antaranya sudah memerlukannya. Jadi pada dasarnya guru-guru tersebut berpotensi mengembangkan profesinya melalui penyusunan karya ilmiah. Sebagai kendala adalah belum mengetahui bagaimana menyusun karya ilmiah, serta tidak ada waktu karena beban kerja cukup masif. Terhadap kegiatan ini, mereka menyarankan agar kegiatan ini dilaksanakan secara rutin, sekali hingga dua kali dalam setahun pada tingkat sekolah hingga tingkat Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), termasuk perlunya menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi.

 

Kata kunci: pengabdian masyarakat, proposal penelitian, penelitian tindakan kelas,  artikel ilmiah

References

Bordens, K., S., and Abbott, B., B., 2014. Research Design and Methods, A Process Approach, ninth edition. New York: McGraw-Hill Education

Creswell, J. W., 2008. Educational Research, planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. USA: Pearson Prentice Hall

Nasir, Muhamad. 2015. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta: Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kemenhum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Nuh, M., 2010. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, Permendiknas no 35. Diknas RI, Kabiro Hukum dan Organisasi

Riduwan, 2013. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Rokhmat, J., Herianto, E., & Wildan, W. (2019). Potensi Guru-guru Kabupaten Lombok Barat dalam Mengembangkan Profesinya melalui Penyusunan Karya Ilmiah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Community Services), 1(1). https://doi.org/10.29303/jpmsi.v1i1.7

Issue

Section

Articles