Pendampingan Kelompok Guru IPA Di SMPN 3 Batukeliang dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran K-13 untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Ni Nyoman Sri Putu Verawati Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Mataram, Mataram, Indonesia
  • Wahyudi Wahyudi Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Mataram, Mataram, Indonesia
  • Syahrial Ayub Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Mataram, Mataram, Indonesia
  • Satutik Rahayu Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Mataram, Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29303/jpmsi.v1i1.6

Abstract

Abstrak: Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan memberikan pelatihan kepada para guru di SMP Negeri 3 Batukeliang dalam mengembangkan perangkat pembelajaran IPA sesuai kurikulum K-13 untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut, yaitu melakukan serangkaian kegiatan In Service Training (IST) dan On Service Training (OST). Kegiatan In Service Training (IST) dilakukan dengan menggunakan pendekatan andragogis yang mengedepankan metode ceramah, diskusi, dan presentasi. Hasil kegiatan IST telah meningkatkan pemahaman guru tentang konsep pengembangan perangkat pembelajaran IPA berbasis K-13. Selanjutnya, kegiatan On Service Training (OST) dilaksanakan pada saat guru menyusun Perangkat pembelajaran IPA yang bisa diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas. Waktu pelaksanaan kegiatan selama 4 (empat) bulan dengan luaran yang dihasilkan, yaitu: a) jasa, berupa meningkatnya  kompetensi guru yang terlibat dalam kegiatan pelatihan dalam menyusun perangkat pembelajaran IPA berbasis K-13,  b) produk, berupa tersusunnya perangkat pembelajaran IPA berbasis K-13 Perangkat yang dimaksud adalah silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), serta bahan ajar (buku ajar dan LKS) untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa

 

Kata kunci: Perangkat pembelajaran IPA, kemampuan berpikir kritis

References

Albrecht, W. S., & Sack, R. L. (2000). Accounting education: Charting the course through a perilous future. Accounting Education Series No. 16. Sarasota, FL: American Accounting Association.

Ariyati, E. 2010. Pembelajaran berbasis praktikum untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Matematika dan IPA. 1 (2).

Bailin, S. (2002). Critical thinking and science education. Science and Education. 11: 361–375.

PISA. (2015). PISA Results: Excellence and equity in education. Acces from http://www.oecd.org/education/pisa-2015-results-volume-i-9789264266490-en.htm

Prayogi, S., & Muhali. (2016). Developement of Active-Based-Inquiry Learning Model to Increase Critical Thinking Skills of Students Teachers Candidate of Physics. Proceeding on International Conference on Elementary and Teacher Education (ICETE). 22-23 October 2016, Lombok-Indonesia. Pp: 47-56.

Thompson, Claudette. 2011. Critical thinking across the curriculum: process over output. International Journal of Humanities and Social Science Vol. 1 No. 9.

TIMSS. (2015). TIMSS 2015 and TIMSS Advanced 2015 International Results. Acces from http://timss2015.org/#/?playlistId=0&videoId=0

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Verawati, N. N. S. P., Wahyudi, W., Ayub, S., & Rahayu, S. (2019). Pendampingan Kelompok Guru IPA Di SMPN 3 Batukeliang dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran K-13 untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Community Services), 1(1). https://doi.org/10.29303/jpmsi.v1i1.6

Issue

Section

Articles