Penyuluhan Pendidikan Lingkungan Hidup sebagai Upaya Peningkatan Ekoliterasi Sekolah Berbasis Creative Learning
DOI:
https://doi.org/10.29303/jpmsi.v2i2.56Abstract
Pendidikan lingkungan hidup yang diberikan sejak dini di sekolah dasar merupakan upaya penting yang dapat dilakukan untuk menanamkan perilaku peduli lingkungan terhadap anak. Para siswa diharapkan menjadi agen perubahan yang dapat mempromosikan upaya konservasi lingkungan di sekolah, keluarga dan masyarakat. Akan tetapi, banyak kendala dan hambatan yang menyebabkan pendidikan lingkungan hidup ini tidak dapat diikuti oleh semua sekolah, antara lain: belum adanya komitmen dari pemerintah daerah maupun pihak sekolah untuk mewajibkan penerapan pendidikan lingkungan ke dalam perda, maupun pada kebijakan dan kurikulum sekolah. Selain itu, pengunaan metode dan media yang kurang aplikatif dan inovatif menyebabkan siswa tidak dapat memahami materi secara utuh. Melalui metode creative learning, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku siswa dalam berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan kesadaran dalam pengelolaan lingkungan. Kegiatan yang dilakukan antara lain memberikan sosialisasi dan pelatihan PHBS dan konservasi lingkungan kepada seluruh elemen sekolah agar dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan pelestarian lingkungan. Menggunakan metode kreatif berbasis permainan  diharapkan dapat memudahkan siswa memahami materi secara komprehensif dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.References
Adisendjaja, Y.H. 2007. Penerapan Pendidikan Lingkungan Di Sekolah. Disampaikan pada Seminar Open Mind Jurusan Biologi FKIP Universitas Pasundan,
http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._BIOLOGI/195512191980021-YUSUF_HILMI_ADISENDJAJA/PENERAPAN_PENDIDIKAN_LINGKUNGAN_DI_SEKOLAH.pdf diakses pada 31 Agustus 2019
Kospa, H.S.D. 2019. Pengaruh Perilaku Masyarakat terhadap Kualitas Air Di Sungai Sekanak Kota Palembang. Jurnal Ilmu Lingkungan Universitas Diponegoro. Vol.17(2)2019 ISSN: 1829-8907.
____________.2019. Analisis Kualitas Air dan Strategi Pengendalian Pencemaran Air Sungai Sekanak Kota Palembang. Prosiding Seminar Nasional Hari Air Dunia 2019.e-ISSN:2621-7469.
Muslicha, A. 2015. Metode Pengajaran dalam Pendidikan Lingkungan Hidup pada Siswa Sekolah Dasar (Studi pada Sekolah Adiwiyata DKI Jakarta). Jurnal Pendidikan Vol. 16 (2) hal. 110-126.
Rahmah, U. 2017. Pengaruh Penerapan Green School Terhadap terhadap Minat Belajar Siswa di SMPN 26 Surabaya. Jurnal Institut Agama Islam Negeri Madura At-Turas Vol. IV (2) hal.153-171.
Steele, et al. 2015. Review Implementasi Pendidikan Lingkungan di Provinsi Jambi. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP Universitas Negeri Sebelas Maret. Diakses online pada 31 Agustus 2019
https://media.neliti.com/media/publications/171791-ID-review-implementasi-pendidikan-lingkunga.pdf.
Ulumiyah, A dan Harti. 2017. Pengaruh Pengetahuan Eco-school Terhadap Keputusan Pembelian Green Product pada Siswa SMAN 9 Surabaya. Jurnal Universitas Negeri Surabaya