Penerapan Program Pendampingan dalam Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Menggunakan Media Kartu Angka di SDN 2 Jenggala Kabupaten Lombok Utara

Authors

  • Hijiul Miyati STKIP Hamzar
  • Musafir Musafir STKIP Hamzar
  • Lalu Habiburrahman STKIP Hamzar
  • Rauhun Jannah STKIP Hamzar
  • Muhamad Akrom STKIP Hamzar
  • Rindi Yani STKIP Hamzar
  • Endang Hariati STKIP Hamzar
  • Islahudin Islahudin STKIP Hamzar

DOI:

https://doi.org/10.29303/jpmsi.v6i2.520

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah meningkatkan kemampuan numerasi siswa menggunakan media kartu angka di kelas rendah SDN 2 Jenggala. Dimana masih ditemukan sejumlah tujuh orang siswa di kelas 2, 3, dan 4 yang belum mampu mengenal simbol angka, berhitung dan menjumlahkan bilangan. Sehingga program pendampingan numerasi menggunakan media kartu angka oleh mahasiswa KKN STKIP Hamzar berfokus pada tujuh orang siswa tersebut. Teknik pendampingan numerasi ini diadakan di dua lokasi yakni, di dalam sekolah maupun di luar sekolah khususnya dusun Montong Gedeng Desa Jenggala. Metode yang digunakan yaitu kualitatif jenis deskripsi, dan cara atau teknik dalam mengumpulkan data dengan menggunakan teknik observasi atau mengamati, dokumentasi dan tes. Setelah mahasiswa KKN STKIP Hamzar menerapkan program pendampingan numerasi selama satu bulan menggunakan media kartu angka, menunjukkan hasil bahwa kemampuan numerasi tujuh siswa yang didampingi mengalami peningkatan, dimana anak sudah mampu mengenal simbol angka, mampu berhitung, dan mampu menjumlahkan bilangan. Anak juga terlihat sangat tertarik pada saat belajar menggunakan media kartu angka.

References

Han, Susanto, & dkk, (2017) Programme for International Student Assessment (PISA).

Helfianis, Syahrul Ismet. (2020). Manfaat Kartu Angka Papan Flanel Dalam Menstimulasi Kemampuan Berhitung Di Taman Kanak-Kanak. Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Masyhud, S. (2016). Metode penelitian Pendidikan. Edisi Kelima. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan (LPMPK).

Mita Rosaliza. (2015). Wawancara, Sebuah Intraksi Komunikasi Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmu Budaya.Vol 11, No 2.

Pangesti, F. T. P (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots.

Roebyanto, G., & Harmini, S. (2017). Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X. Universitas Semarang, 605–612).

Downloads

Published

2024-12-22

How to Cite

Miyati, H., Musafir, M., Habiburrahman, L. ., Jannah, R. ., Akrom, M. ., Yani, R. ., … Islahudin, I. (2024). Penerapan Program Pendampingan dalam Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Menggunakan Media Kartu Angka di SDN 2 Jenggala Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Community Services), 6(2), 73–77. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v6i2.520

Issue

Section

Articles