Penyuluhan Tentang Keterampilan Proses Sains di SMA Negeri 1 Kediri

Authors

  • Hikmawati Hikmawati Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Mataram, Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29303/jpmsi.v1i1.5

Abstract

Abstrak: Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pemahaman kepada peserta didik di SMA Negeri 1 Kediri tentang keterampilan proses sains. Keterampilan proses sains merupakan keseluruhan keterampilan ilmiah yang terarah yang dapat digunakan untuk menemukan suatu konsep, prinsip, atau teori untuk mengembangkan konsep yang telah ada sebelumnya, ataupun untuk melakukan penyangkalan terhadap suatu penemuan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 22 Agustus 2019 di SMA Negeri 1 Kediri dengan peserta berjumlah 35 orang siswa. Kegiatan penyuluhan diawali dengan ceramah materi, dilanjutkan tanya jawab, dan terakhir latihan dengan pemberian contoh. Materi yang diberikan kepada peserta penyuluhan yaitu tentang pengertian keterampilan proses sains, klasifikasi keterampilan proses sains, dan tujuan melatihkan keterampilan proses sains. Contoh keterampilan proses sains diberikan melalui fenomena percobaan ayunan bandul. Keterampilan proses sains yang dijelaskan kepada peserta terdiri atas: 1. Merumuskan Masalah; 2. Merumuskan Hipotesis; 3. Melakukan Identifikasi Variabel Manipulasi; 4. Membuat Definisi Operasional Variabel Manipulasi; 5. Melakukan Identifikasi Variabel Respon; 6. Membuat Definisi Operasional Variabel Respon; 7. Melakukan Identifikasi Variabel Kontrol; 8. Membuat Definisi Operasional Variabel Kontrol; 9. Menafsirkan Informasi; 10. Berkomunikasi. Kegiatan penyuluhan ini telah memberikan pemahaman tentang keterampilan proses sains bagi siswa di SMA Negeri 1 Kediri.

 

Kata kunci: keterampilan proses sains

References

Abdullah, M. 2016. Fisika Dasar I. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Indrawati. 2000. Keterampilan Proses Sains/IPA. Bandung: PPPGIPA.

Jufri, A.W. 2010. Belajar dan Pembelajaran Sains. Lombok Barat: Arga Puji Press.

Puspendik. 2018. https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasilun/ diakses tanggal 5 Februari 2019.

Semiawan, C. 1986. Pendekatan Keterampilan Proses: Bagaimaana Mengaktifkan Siswa. Jakarta: Gramedia.

Suprihatiningrum, J. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori & Apikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka.

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Hikmawati, H. (2019). Penyuluhan Tentang Keterampilan Proses Sains di SMA Negeri 1 Kediri. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Community Services), 1(1). https://doi.org/10.29303/jpmsi.v1i1.5

Issue

Section

Articles