Sosialisasi Lesson Study for Learning Community (LSLC) Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran IPA di SMP Kota Mataram
DOI:
https://doi.org/10.29303/jpmsi.v2i2.44Abstract
Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman bagi guru tentang Lesson Study for Learning Community (LSLC) sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pembelajaran IPA di SMP Kota Mataram. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2020 bertempat di SMP Negeri 20 Mataram. Peserta kegiatan sosialisasi LSLC ini terdiri atas seluruh guru di SMP Negeri 20 Mataram serta guru-guru IPA dari SMP Negeri 5 Mataram. Materi tentang LSLC yang diberikan oleh Tim kepada peserta terdiri dari 4 hal yaitu: (1) Tahapan Kolaboratif dalam LSLC; (2) Chapter and Lesson Design; (3) Teknik Observasi Saat Pembelajaran; (4) Teknik Refleksi. Setelah semua materi disampaikan oleh Tim, kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab tentang hal-hal yang belum dimengerti oleh peserta. Kegiatan sosialisasi ini telah memberikan pemahaman bagi guru tentang Lesson Study for Learning Community (LSLC) sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pembelajaran IPA. Kegiatan sosialisasi ini akan dilanjutkan dengan Pendampingan Praktik Lesson Study for Learning Community (LSLC) berbasis Zonasi bagi Guru-Guru IPA SMP di Kota Mataram.
References
Cerbin, W. & Kopp, B. (2006). International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, (2006), Volume 18, Number 3, 250-257. http://www.isetl.org/ijtlhe/
Jufri, A. W., Agus, A.P., Gunawan, Sarjana, I.K., 2011. Pemetaan Kompetensi Peserta Didik dan Pengem¬bangan Mutu Pendidikan SMA di Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat. Laporan Penelitian PPMP (Pemetaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan) Tahun Anggaran 2011. Mataram: Universitas Mataram.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama. 2019. Pendampingan Sekolah Bermutu Berbasis Zonasi: Materi Orientasi Program Pendampingan Sekolah Bermutu Berbasis Zonasi Melalui Lesson Study For Learning Community. Yogjakarta, 10-12 Oktober 2019.
Ono, Y., and Ferreira, J. (2010). A case study of continuing teacher professional development through lesson study in South Africa. South African Journal of Education. (2010) Volume 30, Number 1, Pages 59-74. http://www.scielo.org.za/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0256-01002010000100005&lng=en&nrm=iso
Samani, Muchlas. 2009. Panduan Penyusunan Proposal: Program Per¬luasan dan Penguatan Lesson Study di LPTK (Lesson Study Dissemination Program for Strengthening Teacher Education in Indonesia-LEDIPSTI). Jakarta: Direktorat Ketenagaan Dirjendikti Depdiknas.