Sosialisasi Program Pencegahan Perundungan (Roots) Bagi Siswa SMPN 1 Terara
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.29303/jpmsi.v6i2.433Abstract
Salah satu masalah serius yang terjadi dalam dunia pendidikan di Indonesia adalah meningkatnya kasus perundungan atau bullying. Data pada tahun 2023 menunjukkan bahwa sebanyak 87 kasus perundungan yang terjadi di sekolah. Angka-angka ini merupakan jumlah kasus perundungan yang terlapor dan berhasil didata oleh KPAI. Diyakini, jauh lebih banyak lagi kasus real yang terjadi di sekolah. Oleh karena itu, perlu penjadi perhatian khusus bagi pemerintah dan pihak-pihak terkait untuk menekan angka kasus perundungan yang terjadi di sekolah. Salah satu program pemerintan terkait dengan pencegahan kasus perundungan di lingkungan sekolah yang melibatkan keterlibatan siswa dalam pengimpelementasiannya yaitu program Roots. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan sosialisasi program Roots bagi siswa di SMPN 1 Terara Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Kegiatan ini dilakukan pada hari rabu, 31 Januari 2024 dan diikuti oleh 32 siswa yang merupakan pengurus osis di SMPN 1 Terara. Kegiatan sosialisasi secara umum dilakukan dalam 4 (empat) tahapan yaitu; (1) pemilihan siswa sebagai agen perubahan, (2) penyampaian materi, (3) pelatihan membuat materi kampanye, dan (4) membentuk struktur organisasi. Seluruh kegiatan berjalan dengan baik. Sebanyak 100% peserta menyatakan bahwa mereka siap melakukan pencegakan perundungan di sekolah.
References
Armitage, R., (2021). Bullying in children: impact on child health. BMJ Paediatr Open, 5, 1-8.
Ayu, I.S., & Rahayu, K.I., (2014). Hubungan antara tindakan bullying dengan prestasi belajar anak korban bulyying. Jurnal Psikologi Udayana, 1 (2), 251-260.
Chen, M., Gao, & S., Jin, Y. (2021). Does Teachers’ Involvement Affect The Extent Of School Bullying?. Proceedings of the 2021 International Conference on Education, Language and Art (ICELA 2021). Atlantis Press, 870-875.
Demaray, M. K., Summers, K. H., Jenkins, L. N., & Becker, L. D. (2016). Bullying Participant Behaviors Questionnaire (BPBQ): Establishing a reliable and valid measure. Journal of School Violence, 15(2), 158-188.
Evans, C. B. R., Smokowski, P. R., Rose, R. A., Mercado, M. C., & Marshal, K. J. (2018). Cumulative bullying experiences, adolescent behavioral and mental health, and academic achievement: an integrative model of perpetration, victimization, and bystander behavior. Journal of Child and Family Studies, 28, 2415–2428
Healy, K. L., Sanders, M. R., & Lyer, A. (2015). Parenting practices, children's peer relationships and being bullied at school. Journal of Child and Family Study, 24, 127–140.
Muhopilah, P. & Tentama, F., (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Bullying. Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan, 1 (2), 99-107.
Nurita, D. (2018). Hari Anak Nasional, KPAI Catat Kasus Bullying Paling Banyak https://nasional.tempo.co/read/1109584/hari-anak-nasional-kpai-catat-kasusbullying-paling-banyak
Octavianto, M. R. (2017). Perilaku bullying di sekolah menengah atas kota Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 3 (8), 376-386.
Reisen, A., Viana, M. C., & dos Santos Neto, E. T. (2019). Adverse childhood experiences and bullying in late adolescence in a metropolitan region of Brazil. Child Abuse & Neglect, 92, 146–156.
Sejiwa. (2018). Stop bullying, start loving, stay amazing. http://sejiwa.org/stop-bullyingstartloving-stay-amazing/
Sholichah, I.F., & Laily, N., (2022). Workshop Program Anti Perundungan Berbasis Sekolah, Room of Civil Society Development, 1 (2), 103-108.
Supriyatno, Tafiati, H, Syaifuddin, M.A., Sukesi, D. A., Sumarsono, Bachtiar, G., Widiastuti, E., Widjiningsih, R., Rahma, A.N, Arlym, R.U., (2021). Stop Perundungan/Bullying Yuk. Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Vanderbilt, D. & Augustyn, M. (2010). The effects of bullying. Paediatrics and Child Health, 20(7), 315-320.
Wilford, A., Bouton, A. J., Bank, S. S. F., Bender, K. A., Dieterich, W. A., & Jenson, J. M. (2015). The effect of bullying and victimization on cognitive empathy development during the transition to middle school. Child Youth Care Forum. 45, 525–541