Pendampingan Pembelajaran IPA Bagi Peserta Didik SDN 38 Ampenan Untuk Materi Bunyi, Cahaya, Listrik dan Magnet

Authors

  • Jannatin 'Ardhuha FKIP Universitas Mataram
  • Lalu Rudyat Telly Savalas FKIP Universitas Mataram
  • Nurwahidah Nurwahidah FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/jpmsi.v2i2.43

Abstract

Abstrak:Telah dilakukan kegiatan pendampingan bagi peserta didik kelas VI di SD Negeri 38 Ampenan pada pelajaran IPA, meliputi pemantapan konsep dengan mengulas kembali konsep dasar materi bunyi,cahaya, listrik dan magnet; latihan soal; percobaan mengenai  sifat-sifat  cahaya, rangkaian listrik dan demonstrasi cara membuat magnet. Tujuan dari kegiatan  ini adalah untuk menambah wawasan dan membantu peserta didik untuk mengkonfirmasi jawaban mereka dalam latihan soal, apakah sesuai dengan hasil percobaan, sehingga pelajaran IPA tidak lagi terfokus pada segala sesuatu yang harus dihapal. Berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada peserta didik di akhir kegiatan ini, dapat teridentifikasi rasa ingin tahu, rasa ingin mencoba dan rasa senang peserta didik untuk belajar IPA telah tumbuh dan berkembang selama kegiatan ini berlangsung, sehingga besar harapan peserta didik agar kegiatan seperti ini dapat dilanjutkan.

 

Keywords:IPA, bunyi, cahaya,listrik, magnet, percobaan, demonstrasi.

References

Abdul Khoir HS. 2008. Kesulitan Belajar Sains: Studi Pada Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Sains Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 10 Jatimulya Kabupaten Bekasi. Turats. 4.

Depdiknas. 2006. Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan, Departemen Pendidikan Nasional.

Elmi Hastuti. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Medai Tiga Dimensi Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Imiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Vol.12 No.1, 2019.

Imanuel Sairo Awang. 2015. Kesulitan Belajar IPA Peserta Didik Sekolah Dasar. Vox Edukasi Vol. 6 No.2, November 2015.

Irani Ramadhani S. 2012. Keefektifan Penggunaan Teknik Mind Map Pada Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Imogiri Bantul. S1 Thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

Jannatin dkk.2013. Pengembangan Panduan Praktikum Fundamental Of Physics Untuk Meningkatkan Kualitas Pelaksanaan Praktikum Pada Program Khusus PGMIPABI di FKIP Unram. Prosiding Seminar Nasional “Arahan Pendidikan MIPA Masa Depan; Antara Harapan dan Kenyataanâ€.FKIP Univeristas Mataram.

Maskoeri Jasin. 2010. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sarjono dkk, 2018.Development of Physics Lab Assesment Instrument for Senior High School Level.International Journal of Instruction, Vol.11.No.4.

Siti Fatonah dan Zuhdan K. Prasetya. 2014. Pembelajaran Sains. Yogyakarta: Ombak.

Sri Sulistyorini. 2007. Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Suryosubroto B. 2002. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Syahrial A., dkk. 2020. Bimbingan Penggunaan Kit Fluida Alternatif yang Berasal dari Sampah Anorganik Bagi Siswa SD Negeri 6 Mataram.Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, Vol. 2 No.1, Juni 2020.

Usman Samatowa. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta Barat: PT Indeks Permata Puri Media.

Yunita dkk. 2018. Demonstrasi Menggunakan Bahan Sederhana Untuk Mengenalkan Reaksi Kimia Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat.Vol.1 No.2, Agustus 2018.

Downloads

Published

2020-06-26

How to Cite

’Ardhuha, J., Savalas, L. R. T., & Nurwahidah, N. (2020). Pendampingan Pembelajaran IPA Bagi Peserta Didik SDN 38 Ampenan Untuk Materi Bunyi, Cahaya, Listrik dan Magnet. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Community Services), 2(2), 74–79. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v2i2.43

Issue

Section

Articles